Grab Indonesia Tindak Tegas Driver GrabCar yang Culik Penumpang
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Kamis, 28 Maret 2024 - 16:10 WIB
Gadgetdiva.id — Grab Indonesia menindak tegas pengemudi GrabCar yang mencoba melakukan tindakan penculikan terhadap penumpang. Perusahaan telah mendampingi korban menemui pihak kepolisian.
“Sesuai prosedur perusahaan, investigasi internal langsung dimulai sejak laporan masuk di tanggal 25 Maret 2024 pukul 22.05 WIB, termasuk pengawasan dan pelacakan pihak terlapor oleh satuan tugas Grab,” ungkap Director of Operations Jabodetabek Grab Indonesia Tyas Widyastuti dalam pernyatan resminya pada Kamis (28/3).
Di samping itu, Grab akan turut mengambil langkah-langkah perubahan dalam sistem layanan konsumen (Grab Support). Di antaranya sebagai berikut.
1. Membebastugaskan personil agen Grab Support yang tidak menanggapi insiden ini sesuai dengan standar operating procedure (SOP) yang ditetapkan.
2. Melakukan evaluasi atas SOP layannan konsumen dalam penanganan insiden keselamatan dalam 3 hari ke depan.
3. Mengimplementasikan perbaikan desain SOP layanan konsumen dalam kurun waktu 7 hari setelah evaluasi selesai.
4. Melakukan pelatihan ulang kepada agen-agen layanan konsumen yang menangani kasus keselamatan dalam 30 hari ke depan.
5. Menerapkan otomatisasi yang dapat mendeteksi kesalahan prosedur yang dilakukan oleh agen layanan konsumen dalam 90 hari ke depan.
“Penangangan kasus ini oleh tim layanan konsumen kami (Grab Support) tidak berjalan secepat dan selayak yang seharusnya, dan untuk itu Grab Indonesia memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada penumpang terkait dan semua konsumen kami,” lanjut dia.
Lebih lanjut, tim pendamping khusus Grab juga turut menyediakan beberapa layanan yang dapat digunakan oleh penumpang. Di antaranya sebagai berikut.
1. Tim konseling psikologis.
2. Pengamanan pribadi 24 jam untuk penumpang.
3. Penyediaan transportasi dengan Mitra Pengemudi perempuan selama situasi ini berlangsung.
4. Akses langsung bagi penumpang untuk menghubungi manajemen senior Grab.
“Grab tidak akan pernah menoleransi tindak kekerasan apapun pada siapapun, dan akan mengambil langkah sesuai hukum yang berlaku dengan tetap menjunjung asas keadilan dan praduga tak bersalah,” katanya.
Pada Rabu (28/3) malam, warganet Indonesia dihebohkan oleh kasus percobaan penculikan yang dilakukan oleh salah satu pengemudi GrabCar. Menurut keterangan korban, pengemudi memaksanya untuk mengirim uang sebesar Rp 100 juta.
Korban tak tinggal diam, dia mencoba melarikan diri di tengah jalan tol. Pada percobaan pertama, dia diancam akan dibuang apabila tidak mengirimkan uang sesuai keinginan pelaku.
Selanjutnya, saat percobaan kedua, korban berhasil melarikan diri dan meminta bantuan ke salah satu pengemudi yang sedang membongkar barang.
Akibat kejadian tersebut, korban mengalami luka memar di beberapa bagian tubuhnya. Dia juga kehilangan smartphone yang diambil oleh pelaku.
Artikel Terkait
Dukungan Total Telkom Indibiz untuk Pertumbuhan UMKM Selama Ramadan 2024
Telkom Indibiz memanjakan UMKM dengan paket promo khusus Ramadan 2024, menawarkan solusi digital ..
- by Siti Sarifah Aliah
- 8 bulan lalu
- 3,250
Apple Diprediksi Bakal Luncurkan AI App Store Baru di WWDC 2024
Gadgetdiva.id — Sebuah rumor menyatakan bahwa Apple akan meluncurkan AI App Store pada gela..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 8 bulan lalu
- 3,250
Pembaruan Google Play Store Mudahkan Akses Pengguna Cari Aplikasi
Gadgetdiva.id — Google baru saja memperbarui tampilan antarmuka pada platform Google Play S..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 8 bulan lalu
- 3,250
Spanyol Larang Layanan Telegram Sementara, Kenapa?
Gagdetdiva.id — Pengadilan Tinggi Spanyol menghentikan layanan Telegram untuk sementara wak..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 8 bulan lalu
- 3,250