Aplikasi

Circle to Search Mungkinkan Pengguna Cari Audio dan Musik

post-img

Source : Samsung

GadgetDivaCircle to Search pertama kali dikenalkan pada perangakat Samsung Galaxy S24 melalui Galaxy AI. Kini, fitur tersebut segera membawa kemampuan untuk mengidentifikasi lagu dan klip audio.

Informasi tersebut disampaikan oleh @AssembleDebug. Mereka menemukan kemampuan tersebut saat melakukan pembongkaran APK.

Menurut laporan tersebut, versi terbaru dari aplikasi Google ini dapat memfasilitasi Circle to Search pada perangkat Android. Fitur tersebut memiliki string kode yang merujuk pada tombol pencarian Audio baru.

AssembleDebug berhasil mengaktifkan UI untuk tombol baru ini yang terlihat seperti not musik. Tombol tersebut muncul di sebelah tombol yang sudah ada untuk menerjemahkan teks pada layar.

Kendati demikian, tombol tersebut tidak berfungsi sesuai dengan laporan tersebut. Google sendiri belum memberi penjelasan resmi terkait tujuannya.

Berdasarkan ikon catatan audio, ada spekulasi yang menyatakan bahwa dengan mengklik tombol tersebut, Circle to Search dapat menggunakan mikforon ponsel untuk menganalisis suara di sekitarnya.

Lebih lanjut, jika mendeteksi sebuah lagu atau klip audio yang terkenal, fitur ini akan memberi infomrasi yang relevan. Mungkin juga Circle to Search memungkinkan pengguna menyenandungkan sebuah lagu untuk identifikasi. Perhatikan bahwa sudah ada ikon mikrofon di bilah pencarian yang memungkinkan fitur pencarian lagu serupa.

Menurut Gizmochina, jika fitur ini bekerja seperti yang diharapkan, ini akan menyederhanakan identifikasi lagu dan pencarian informasi untuk perangkat Android. Semoga saja, versi beta yang akan datang dari aplikasi Google akan memperjelas fungsi tombol tersebut dengan mengaktifkannya.

Fitur Circle to Search sendiri memungkinkan pengguna mendapat informasi terkait apapun pada layar mereka hanya dengan menggambar lingkaran di sekelikingnya. Fitur tersebut kini telah tersedia pada perangkat Pixel.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

AstraPay Capai 13 Juta Pengguna dalam 4 Tahun, Target 2024?

author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Aplikasi Fita Kini Hadir di IndiHome TV, Akses Gaya Hidup Sehat Lebih Mudah
Aplikasi

Aplikasi Fita Kini Hadir di IndiHome TV, Akses Gaya Hidup Sehat Lebih Mudah

Aplikasi Fita kini hadir di IndiHome TV, menyediakan program kesehatan dan kebugaran eksklusif untuk..

AstraPay Capai 13 Juta Pengguna dalam 4 Tahun, Target 2024?
Aplikasi

AstraPay Capai 13 Juta Pengguna dalam 4 Tahun, Target 2024?

AstraPay capai 15 juta pengguna dalam 4 tahun dengan target GTV Rp52,59 triliun tahun 2024. Transfor..

ByteDance Bikin Platform Media Sosial Pesaing Instagram
Aplikasi

ByteDance Bikin Platform Media Sosial Pesaing Instagram

Perusahaan Induk TikTok, ByteDance, melakukan uji coba untuk platform media sosialnya pesaing Instag..

Bank Saqu Tambah 1 Juta Nasabah, Kepincut Bunga Deposito 7%
Aplikasi

Bank Saqu Tambah 1 Juta Nasabah, Kepincut Bunga Deposito 7%

Bank Saqu mengklaim telah mampu menggaet sekira 1 juta nasabah baru selama enam bulan sejak kemuncul..


;