Bisa Terjemahkan Percakapan di WhatsApp Pakai Google Translate, Tapi Nanti!

Bisa Terjemahkan Percakapan di WhatsApp Pakai Google Translate, Tapi Nanti!
Aplikasi

Bisa Terjemahkan Percakapan di WhatsApp Pakai Google Translate, Tapi Nanti!

WhatsApp

WhatsApp # Sumber : WhatsApp

GadgetDivaWhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan fitur terjemahan langsung, yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi global. Fitur ini akan melakukan terjemahan percakapan langsung di perangkat pengguna, sehingga privasi tetap terjaga. Teknologi yang digunakan adalah Live Translation dari Google. Pengguna perlu mengunduh paket bahasa untuk melakukan terjemahan, dan hingga kini belum diketahui berapa banyak bahasa yang akan didukung. Demikian dilansir dari Android Police, Senin, 15 Juli 2024.

Mengapa WhatsApp Menjadi Pilihan Terbaik?

Ada beberapa alasan mengapa WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan terbaik yang bisa Anda gunakan. Tidak hanya memberikan cara aman dan terjamin untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, tetapi juga menawarkan sejumlah fitur yang mempermudah komunikasi dengan orang di seluruh dunia. Kini, WhatsApp tampaknya membuat langkah penting untuk memperkuat jenis komunikasi ini. Ada rumor bahwa WhatsApp akan menggunakan fitur Live Translate bertenaga AI dari Samsung Galaxy untuk panggilan audio.

Namun, jika itu belum cukup, sepertinya fitur terjemahan baru sedang dalam proses pengembangan. Fitur ini akan memberikan cara baru bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan rekan internasional dan kolega. Saat ini, cukup mudah untuk menerjemahkan pesan yang diterima menggunakan aplikasi eksternal, tetapi tidak ada cara asli untuk melakukannya langsung di WhatsApp. Hal ini bisa segera berubah, karena tim di WABetaInfo telah menemukan fitur terjemahan langsung baru yang dapat mempermudah komunikasi internasional.

Keunggulan Terjemahan di Perangkat

Fitur ini spesial karena terjemahan dilakukan di perangkat pengguna, yang berarti percakapan Anda tidak akan dikirim ke cloud untuk diproses. Selain itu, fitur terjemahan ini diprediksi akan cukup bagus karena WhatsApp akan memanfaatkan teknologi Live Translation dari Google.

Karena terjemahan akan diproses secara lokal, pengguna perlu mengunduh paket bahasa agar terjemahan dapat dilakukan. Dan yang terbaik dari semuanya, terjemahan akan dilakukan langsung di chat, yang berarti percakapan akan mengalir lebih lancar. Secara keseluruhan, fitur ini merupakan kemenangan besar, mengingat proses menyalin dan menempel pesan ke aplikasi terjemahan terpisah cukup merepotkan.

Dukungan Bahasa dan Waktu Peluncuran

Saat ini, belum jelas berapa banyak bahasa yang akan didukung. Namun, mengingat Google Translate mendukung lebih dari 100 bahasa saat artikel ini ditulis, kita dapat membayangkan akan ada banyak bahasa yang tersedia. Apa yang juga belum jelas adalah kapan fitur ini akan diluncurkan.

Untuk saat ini, fitur tersebut ditemukan dalam versi beta terbaru tetapi belum bisa diaktifkan. Namun, tidak diragukan lagi Anda akan mendengar lebih banyak tentang ini dalam waktu dekat, karena fitur seperti ini bisa menjadi pengubah permainan bagi mereka yang berkomunikasi dengan orang di seluruh dunia. Tidak hanya bisa berdampak besar pada percakapan santai, tetapi juga bisa mempengaruhi komunikasi bisnis.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

WhatsApp Hadirkan Fitur Baru: Terjemahkan Pesan dengan Google Translate Langsung di Aplikasi
Aplikasi

WhatsApp Hadirkan Fitur Baru: Terjemahkan Pesan dengan Google Translate Langsung di Aplikasi

WhatsApp akan meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menerjemahkan pesan langsung di apli..

Youtube Short Hadirkan Fitur Narasi Suara Buatan ala TikTok
Aplikasi

Youtube Short Hadirkan Fitur Narasi Suara Buatan ala TikTok

Youtube Shorts menghadirkan sejumlah fitur baru untuk penggunanya. Salah satunya ialah fitur narasi ..

Fitur Galaxy AI: Terjemahan Percakapan WhatsApp Akan Segera Diluncurkan
Aplikasi

Fitur Galaxy AI: Terjemahan Percakapan WhatsApp Akan Segera Diluncurkan

Samsung Galaxy AI akan segera mendukung terjemahan percakapan WhatsApp secara real-time. Fitur ini d..

Threads Meta Tembus 175 Juta Pengguna
Aplikasi

Threads Meta Tembus 175 Juta Pengguna

Threads, aplikasi media sosial Meta, telah mencapai 175 juta pengguna aktif bulanan, menandai satu t..


;