2 Fitur Baru YouTube: Cari Lagu dengan Senandung

2 Fitur Baru YouTube: Cari Lagu dengan Senandung
Aplikasi

2 Fitur Baru YouTube: Cari Lagu dengan Senandung

Youtube

Youtube # Sumber : Youtube

GadgetDiva – YouTube Music memperkenalkan beberapa fitur baru yang menarik, termasuk perluasan alat "hum to search" yang telah diuji beta untuk pengguna Android sejak Maret. Perusahaan ini mengklaim bahwa alat ini memungkinkan pengguna untuk "mencari katalog YouTube Music yang berisi lebih dari 100 juta lagu resmi" menggunakan suara alami.

Cara kerjanya sangat sederhana. Anda hanya perlu mengetuk "search" dan mencari ikon bentuk gelombang. Setelah itu, Anda bisa mulai bersenandung, menyanyikan lagu, atau bahkan memainkan lagu tersebut dengan alat musik lain. Fitur ini sedang diluncurkan untuk pelanggan YouTube Music di iOS dan Android.

Permudah Transaksi Digital, Telkomsel Luncurkan MyTelkomsel Super App

Selain itu, YouTube Music juga sedang mengembangkan sesuatu yang disebut radio percakapan yang dihasilkan oleh AI. Ini bukanlah platform di mana DJ AI mengambil alih pekerjaan manusia. Sebaliknya, ini adalah alat yang memungkinkan orang menggunakan percakapan alami untuk mendeskripsikan jenis stasiun radio yang ingin mereka dengarkan. Algoritma kemudian akan mengambil informasi tersebut dan menciptakan radio yang disesuaikan. Ini mirip dengan DJ AI dari Spotify, tetapi elemen percakapan ini seharusnya membuat algoritma lebih tepat dalam menyesuaikan dengan selera musik Anda.

Namun, ada kabar buruknya. Fitur ini hanya tersedia untuk beberapa pelanggan terpilih saat ini, karena masih dalam tahap pengujian. Jika berhasil, fitur ini diharapkan akan diluncurkan untuk lebih banyak pengguna dalam beberapa bulan mendatang. Lagipula, YouTube pertama kali mengumumkan alat "hum to search" pada bulan Maret dan sekarang sudah tersedia secara luas.

Pencarian Lagu dengan Senandung

Alat "hum to search" menjadi salah satu fitur paling inovatif yang diluncurkan oleh YouTube Music. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan lagu hanya dengan bersenandung. Anda tidak perlu mengingat lirik atau judul lagu, cukup senandungkan melodi yang ada di kepala Anda, dan YouTube Music akan melakukan sisanya.

Pengguna hanya perlu mengetuk ikon pencarian, lalu mencari ikon bentuk gelombang. Setelah itu, pengguna bisa mulai bersenandung atau menyanyikan bagian dari lagu yang ingin mereka cari. Fitur ini juga mendukung permainan lagu dengan alat musik, memberikan fleksibilitas lebih bagi pengguna.

Fitur ini pertama kali diuji beta untuk pengguna Android sejak Maret dan sekarang diluncurkan untuk pengguna iOS dan Android. Dengan katalog lebih dari 100 juta lagu resmi, kemungkinan besar Anda akan menemukan lagu yang Anda cari dengan mudah.

Radio AI yang Disesuaikan

Selain fitur pencarian lagu dengan senandung, YouTube Music juga mengembangkan radio percakapan yang dihasilkan oleh AI. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat stasiun radio yang disesuaikan dengan selera mereka melalui percakapan alami.

Pengguna dapat mendeskripsikan jenis musik yang mereka inginkan dan algoritma akan menciptakan stasiun radio yang sesuai. Misalnya, jika Anda mengatakan bahwa Anda ingin mendengarkan musik yang santai dengan sentuhan jazz, AI akan membuat stasiun radio yang menampilkan lagu-lagu sesuai dengan deskripsi tersebut.

Fitur ini mirip dengan DJ AI dari Spotify, tetapi dengan elemen percakapan yang membuatnya lebih personal. Sayangnya, fitur ini masih dalam tahap pengujian dan hanya tersedia untuk beberapa pelanggan terpilih saat ini. Namun, jika pengujian berjalan dengan baik, fitur ini diharapkan akan tersedia untuk lebih banyak pengguna dalam beberapa bulan mendatang.

Masa Depan YouTube Music

Dengan peluncuran fitur-fitur baru ini, YouTube Music terus menunjukkan komitmennya untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Alat "hum to search" dan radio AI yang disesuaikan adalah contoh inovasi yang dirancang untuk membuat layanan ini lebih intuitif dan mudah digunakan.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

GoTo Rilis Asisten Suara AI Bernama "Dira" ke Aplikasi GoPay
Aplikasi

GoTo Rilis Asisten Suara AI Bernama "Dira" ke Aplikasi GoPay

Rumah dari Gojek dan Tokopedia, GoTo, baru saja merilis fitur kecerdasan artifisial bernama Dira by ..

Permudah Transaksi Digital, Telkomsel Luncurkan MyTelkomsel Super App
Aplikasi

Permudah Transaksi Digital, Telkomsel Luncurkan MyTelkomsel Super App

Aplikasi ini tidak hanya memudahkan aktivitas harian tetapi juga meningkatkan kualitas hidup penggun..

Permudah Temukan Pesan, WhatsApp Hadirkan Fitur Filter Chat Favorit
Aplikasi

Permudah Temukan Pesan, WhatsApp Hadirkan Fitur Filter Chat Favorit

Bagi pengguna yang sering berkomunikasi dalam konteks profesional, Filter Chat Favorit bisa menjadi ..

Google Hentikan Dukungan untuk Ponsel OS Android Lollipop
Aplikasi

Google Hentikan Dukungan untuk Ponsel OS Android Lollipop

Google mengakhiri dukungan untuk Android Lollipop. Perangkat dengan versi ini tidak akan menerima pe..


;