Diduga Kumpulkan Data Anak Tanpa Izin, AS Gugat TIkTok

Diduga Kumpulkan Data Anak Tanpa Izin, AS Gugat TIkTok
Aplikasi

Diduga Kumpulkan Data Anak Tanpa Izin, AS Gugat TIkTok

TikTok

TikTok # Sumber : TikTok

GadgetDivaTikTok kembali digugat oleh Amerika Serikat akibat diduga mengumpulkan data milik anak-anak tanpa izin orang tua. Gugatan tersebut dilakukan oleh Departemen Kehakiman (Department of Justice) AS.

Tuntutan yang dilakukan oleh Depertement of Justice (DOJ) meliputi dugaan bahwa TikTok membiarkan anak-anak di bawah 13 tahun membuat akun tanpa izin orang tua mereka. Kemudian, platform tersebut mengumpulkan "data ekstensif" terkait hal tersebut yang merupakan pelanggaran terhadap undang-undang privasi anak di AS.

Melansir The Verge, DOJ mengklaim bahwa TikTok dengan sengaja membiarkan anak-anak menggunakan platformnya lewat fitur Kids Mode, mengumpulkan informasi mereka dan gagal menghapus akun mereka atas permintaan orang tua. Hal ini dilindungi dalam regulasi Undang-Undang Perlindungan Privasi Online Anak (COPPA).

Ketika anak di bawah usia 13 tahun menyantumkan ereka di aplikasi, mereka akan diminta untuk menyertai nama pengguna yang tidak berisi informasi pribadi dan akan membuat akun Kids Mode untuk pengguna. Akan tetapi, aplikasi ini tidak akan memberi tahu orang tua atau meminta persetujuan mereka.

Anak-anak tidak dapat mengunggah video dalam mode tersebut, namun mereka dapat melihat video. Dalam tuduhan DOJ, mereka mengklaim TikTok mengumupulkan beberapa informasi pribadi anak-anak sebagai bagian dari proses ini, seperti pengidentifikasi perangkat unik dan alamat IP.

Gugatan tersebut menyatakan bahwa teknik pembatasan usia TikTok "memiliki banyak kekurangan". Di bawah praktik sebelumnya, TikTok akan membiarkan pengguna memulai kembali proses pembuatan akun meskipun mereka awalnya memasukkan tanggal lahir yang menunjukkan bahwa mereka berusia di bawah 13 tahun, menurut tuntutan tersebut.

TikTok juga mengizinkan pengguna untuk masuk melalui Instagram atau Google yang akan mengkategorikan akun tersebut sebagai "usia tidak diketahui".

DOJ menyatakan bahwa TikTok telah membiarkan jtuaan anak menggunakan platformnya, namun menyatakan bahwa sulit untuk menentukan skala pasti dari pelanggarannya karena platform ini tidak mematuhi persyaratan dari perintah tahun 2019 untuk menyimpan catatan terkait kepatuhannya terhadap COPPA.

DOJ meminta pengadilan untuk mencegah TikTok melanggar COPPA di masa depan dan membayar hukuman perdata untuk setiap pelanggaran. Di bawah Undang-Undang FTC, denda perdata bisa mencapai $51.744 per pelanggaran, per hari.

Sementara itu, juru bicara TikTok Alex Haurek membantah gugatan dari DOJ. Dia menyatakan bahwa banyak di antaranya berkaitan dengan kejadian dan praktik masa lalu yang secara faktual tidak akurat atau telah diatasi.

"Kami bangga dengan upaya kami untuk melindungi anak-anak, dan kami akan terus memperbarui dan meningkatkan platform ini. Untuk itu, kami menawarkan pengalaman yang sesuai dengan usia dengan perlindungan yang ketat, secara proaktif menghapus pengguna yang dicurigai di bawah umur, dan secara sukarela meluncurkan fitur seperti batas waktu layar default, Family Pairing, dan perlindungan privasi tambahan untuk anak di bawah umur," tandas Alex.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.

Inovasi Terbaru Google Maps dan Waze: Perjalanan Lebih Mudah dan Aman

author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Threads Raih 200 Juta Pengguna: Langkah Besar untuk Meta
Aplikasi

Threads Raih 200 Juta Pengguna: Langkah Besar untuk Meta

Threads kini memiliki 200 juta pengguna, mengukuhkan posisinya sebagai pesaing X. Temukan bagaimana ..

Inovasi Terbaru Google Maps dan Waze: Perjalanan Lebih Mudah dan Aman
Aplikasi

Inovasi Terbaru Google Maps dan Waze: Perjalanan Lebih Mudah dan Aman

Google Maps dan Waze memperkenalkan fitur baru yang meningkatkan kemudahan dan keamanan perjalanan. ..

OpenAI Luncurkan Fitur SearchGPT, Apa Itu?
Aplikasi

OpenAI Luncurkan Fitur SearchGPT, Apa Itu?

Fitur SearchGPT ini dirancang untuk memberikan jawaban yang tepat waktu untuk sebuah pertanyaan yang..

Waduh! Aplikasi Twitter Hilang dari App Store di Mac?
Aplikasi

Waduh! Aplikasi Twitter Hilang dari App Store di Mac?

X/Twitter diduga tak dapat ditemukan pada platform App Store dalam perangkat Mac. Hal ini bahwa apli..


;