Bantu Kreator Kecil, Youtube Hadirkan Fitur Hype
- by Jundi Amrullah
- Kamis, 19 September 2024 - 12:16 WIB
GadgetDiva – YouTube telah meluncurkan fitur baru bernama Hype, yang bertujuan untuk membantu kreator kecil memperluas jangkauan audiens mereka. Dengan fitur ini, kreator tidak lagi bergantung sepenuhnya pada algoritma rekomendasi atau kolaborasi untuk meningkatkan visibilitas video mereka. Ini adalah langkah yang signifikan dalam mendukung para pembuat konten yang sedang berkembang.
Dalam acara Made On YouTube yang berlangsung pada Rabu, 18 September, YouTube mengumumkan bahwa penonton dapat berperan aktif dalam mempromosikan video dari kreator yang memiliki kurang dari 500 ribu pelanggan. Fitur Hype memungkinkan penonton untuk memberikan dukungan dengan mengeklik tombol Hype yang terletak di bawah tombol Like, yang dapat membantu video tersebut meraih posisi lebih tinggi di papan peringkat video populer.
Semakin banyak penonton yang memberikan hype pada suatu video, semakin tinggi peringkatnya di daftar 100 video teratas. Namun, untuk mencegah penyalahgunaan, YouTube membatasi pengguna hanya dapat memberikan maksimal tiga hype per minggu. Hal ini diharapkan dapat menjaga keaslian dukungan dari penonton.
YouTube menciptakan fitur ini karena perusahaan menyadari adanya semangat dari penggemar untuk terlibat dalam perjalanan sukses kreator. Di masa depan, YouTube berencana untuk memungkinkan penggemar membeli tambahan hype, yang dapat menjadi sumber pendapatan baru bagi platform. Meskipun demikian, detail mengenai potongan dari pembelian ini belum diumumkan.
Dalam fitur pembelian lainnya, seperti Super Thanks, YouTube menerapkan pembagian pendapatan standar 70/30 antara kreator dan platform, di mana YouTube mengambil 30 persen. Fitur ini menunjukkan komitmen YouTube untuk memberikan dukungan lebih bagi kreator dengan audiens yang lebih kecil.
YouTube juga berencana memberikan bonus kepada kreator dengan jumlah pelanggan yang lebih sedikit, termasuk penggandaan poin agar mereka dapat bersaing lebih adil dengan kreator besar. Selain itu, video yang menerima hype terbanyak akan mendapatkan lencana khusus, memberikan pengakuan kepada kreator atas dukungan yang mereka terima.
Bangaly Kaba, Direktur Manajemen Produk YouTube, menyatakan bahwa fitur Hype adalah cara bagi komunitas untuk menunjukkan kecintaan mereka terhadap kreator baru dan mendukung video baru yang diunggah. Selain itu, di masa depan, para kreator akan dapat melihat siapa saja yang telah mempromosikan video mereka.
Selama empat minggu pertama pengujian beta di Turki, Taiwan, dan Brasil, penonton telah mempromosikan video lebih dari 5 juta kali di lebih dari 50.000 saluran. Kelompok usia 18 hingga 24 tahun, yang merupakan lebih dari 30 persen pengguna beta, menunjukkan partisipasi yang tinggi dalam promosi video, menegaskan pentingnya keterlibatan generasi muda di platform ini.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Artikel Terkait
Tingkatkan Wisatawan, Traveloka Hadirkan Amazing Thailand Deals
Traveloka, sebagai platform perjalanan terkemuka di Asia Tenggara, telah mengumumkan kolaborasi deng..
- by Jundi Amrullah
- 3 bulan lalu
- 3,250
Discord Luncurkan Enkripsi End-to-End untuk Audio dan Video Chat
Aplikasi Discord telah meluncurkan enkripsi end-to-end untuk fitur audio dan video chat. Artinya, ap..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 bulan lalu
- 3,250
Menilik Seberapa Efektif Voice Recognition dalam Pembelajaran Bahasa Inggris
Dalam pembelajaran bahasa Inggris, siswa mengucapkan kata-kata yang diberikan sistem, dan teknologi ..
- by Jundi Amrullah
- 3 bulan lalu
- 3,250
Bluesky Tembus 9 Juta Pengguna
Aplikasi Bluesky melaporkan bahwa pihaknya berhasil mencapai 3 juta pemgguna baru. Kini, jumlah tota..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 bulan lalu
- 3,250