Gandeng Grab, Blibli Kenalkan Opsi Pengiriman Green Delivery
- by Jundi Amrullah
- Selasa, 1 Oktober 2024 - 12:20 WIB
GadgetDiva – Percepatan dekarbonisasi menuju target Emisi Nol Bersih 2060 menjadi perhatian utama pemerintah, dengan fokus pada sektor transportasi yang menyumbang emisi besar. Salah satu solusi yang diusulkan adalah mengintegrasikan moda transportasi ramah lingkungan ke dalam kegiatan sehari-hari dan operasional bisnis.
Dalam rangka memperingati Hari Ozon Internasional di bulan September, Blibli mengambil langkah nyata sebagai perusahaan berbasis teknologi yang memprioritaskan opsi green delivery di Indonesia. Berkolaborasi dengan Grab, layanan ini direkomendasikan untuk pelanggan yang menggunakan pengiriman instan dalam jarak maksimal 10 kilometer, dan Blibli menawarkan subsidi ongkos kirim untuk mendorong penggunaan logistik yang lebih ramah lingkungan.
Lisa Widodo, Co-founder & COO Blibli, menyatakan komitmen perusahaan untuk mengintegrasikan keberlanjutan dalam operasionalnya. Menurutnya, opsi Green Delivery adalah cara efektif untuk mengurangi emisi dari operasional dan rantai pasok, serta menunjukkan bahwa kolaborasi dapat menciptakan solusi yang lebih bertanggung jawab.
Sebuah studi oleh PwC Indonesia menunjukkan bahwa 73% responden tertarik menggunakan motor listrik sebagai kendaraan tambahan, sementara 22% bersedia mengganti kendaraan berbahan bakar fosil dengan kendaraan listrik. Temuan ini mencerminkan kesadaran masyarakat yang meningkat akan pentingnya pengurangan emisi dan keberlanjutan.
Sejak diluncurkan pada Juni, penggunaan metode green delivery oleh pelanggan Blibli yang memanfaatkan layanan Grab mencapai 60%. Angka ini menunjukkan peningkatan kesadaran pelanggan untuk berbelanja dengan cara yang lebih ramah lingkungan. Pelanggan cukup memilih opsi pengiriman green delivery saat checkout untuk menggunakan layanan ini.
Lisa menambahkan bahwa jika green delivery diterapkan secara menyeluruh untuk pengiriman same day dan instant, Blibli dapat mengurangi emisi hingga 26 ton CO2 per tahun. Ini sejalan dengan program ESG Blibli Tiket yang bertujuan mendukung kinerja lingkungan dan pengurangan emisi.
Rivana Mezaya, Director of Digital & Sustainability di Grab Indonesia, menekankan bahwa Grab dan Blibli memiliki tujuan serupa dalam mengurangi jejak karbon. Ia menyatakan bahwa pengurangan emisi memerlukan sinergi dari berbagai pihak dan berharap adopsi kendaraan beremisi rendah dapat menginspirasi inisiatif serupa.
Melalui kolaborasi ini, Blibli dan Grab berupaya menciptakan rantai pasok yang lebih bertanggung jawab, sekaligus berkontribusi pada perbaikan kondisi lingkungan. Inisiatif ini mencerminkan langkah nyata dalam mencapai target keberlanjutan yang lebih luas.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Artikel Terkait
Traveloka Lewat 10.10 Travel Fest Tawarkan Diskon Eksklusif Hingga 50%
Traveloka, sebagai platform perjalanan terkemuka di Asia Tenggara, meluncurkan kampanye Traveloka 10..
- by Jundi Amrullah
- 2 bulan lalu
- 3,250
Mahasiswa ITS Luncurkan Aplikasi Berbasis AI untuk Atasi Pengelolaan Sampah
Aplikasi ini memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan sistem machine learning untuk membantu masyarak..
- by Jundi Amrullah
- 2 bulan lalu
- 3,250
Tarif Langganan ChatGPT Bakal Lebih Mahal dalam Lima tahun ke Depan
OpenAI berencana untuk menaikkan harga tarif langganan ChatGPT pada akhir tahun ini. Hal tersebut di..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 bulan lalu
- 3,250
Threads Bawa Fitur Lokasi untuk Postingan
Threads menambah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menandai lokasi baru pada postingan. Namun, ..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 bulan lalu
- 3,250