Ini Cara Untung Pakai AI untuk Belanja Natal dan Tahun Baru di Lazada!
- by Jundi Amrullah
- Senin, 23 Desember 2024 - 17:07 WIB
GadgetDiva – Liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) meningkatkan aktivitas belanja daring, dengan banyak orang mencari hadiah atau barang untuk menyambut tahun baru. Menyambut tren ini, platform eCommerce terus berinovasi, salah satunya adalah Lazada yang menghadirkan berbagai layanan berbasis teknologi terkini, termasuk penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan pengalaman belanja terbaik. Inovasi ini mendapat sambutan positif dari pelanggan Lazada.
Salah satu contoh penerimaan positif adalah melalui fitur AI Lazzie pada aplikasi Lazada, yang digunakan dalam promo belanja Lazada 12.12. AI Lazzie berhasil menarik 76% lebih banyak pengunjung aplikasi dan menghasilkan 6 juta interaksi, meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan promo 11.11. Selain itu, Lazada juga mencatatkan peningkatan 46% dalam interaksi proaktif dengan AI Lazzie, dengan lebih dari 15% pelanggan berinteraksi untuk menemukan penawaran terbaik.
Menurut riset Kantar bersama Lazada, 53% masyarakat Indonesia merasa AI meningkatkan pengalaman belanja, dan 96% meyakini bahwa AI dapat merekomendasikan produk yang relevan. Laporan ini juga menunjukkan bahwa 54% masyarakat sudah familiar dengan fitur chatbot berbasis AI, yang menjadi fitur kunci dalam membantu memilih hadiah akhir tahun.
Fitur chatbot AI Lazzie sangat membantu pelanggan dalam memilih hadiah Natal atau Tahun Baru. Pengguna dapat menggunakan AI Lazzie melalui fitur Pesan+ di aplikasi Lazada untuk mencari inspirasi hadiah yang tepat, bahkan jika mereka lupa nama barang yang mereka cari. Dengan hanya mendeskripsikan produk yang diinginkan, AI Lazzie akan membantu menemukan barang yang sesuai.
Jika ingin hadiah yang lebih personal, pengguna dapat memberikan deskripsi spesifik. Misalnya, dengan menyebutkan “kado Natal anak laki-laki 10 tahun yang suka main game,” AI Lazzie akan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan kriteria tersebut. Semakin spesifik deskripsi yang diberikan, semakin tepat pula rekomendasi yang diberikan.
Pengguna juga dapat terus memberikan prompt atau deskripsi baru jika rekomendasi yang diberikan belum sesuai. AI Lazzie akan terus belajar dari masukan pengguna, sehingga pengalaman belanja semakin cerdas. Misalnya, untuk mencari sepatu wanita tertentu, pengguna bisa menambahkan kata kunci spesifik untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.
Selain memberikan rekomendasi, AI Lazzie juga membantu pengguna memantau promo dan diskon kilat. Pengguna bisa mendapatkan informasi tentang penawaran menarik seperti flash sale dan diskon dadakan agar tidak ketinggalan kesempatan mendapatkan harga terbaik. Pastikan untuk mengaktifkan notifikasi aplikasi Lazada agar tidak melewatkan promo tersebut.
Jika produk yang diterima tidak sesuai ekspektasi, Lazada menyediakan fitur Return & Refund untuk mengembalikan barang. AI Lazzie juga bisa membantu pengguna melalui proses pengembalian barang dengan memberikan panduan yang jelas, membuat pengalaman belanja lebih nyaman dan mudah.
Penerimaan masyarakat terhadap teknologi AI membuka peluang besar bagi pengembangan AI di berbagai sektor, termasuk eCommerce. Lazada berkomitmen untuk terus berinovasi, memanfaatkan AI dan teknologi terkini untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih personal dan bermakna, terutama di momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru, sebagaimana disampaikan oleh Amelia Tediarjo, Head of Operations Lazada Indonesia.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Artikel Terkait
Hadirkan Workforce Tanpa Batas, Platfrom Agentforce 2.0 Resmi Diluncurkan
Agentforce 2.0 adalah sistem AI yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam memperluas tim dengan..
- by Jundi Amrullah
- 2 hari lalu
- 3,250
Brand Lokal Morris Parfume dan Bio Beauty Lab Bagikan Kunci Sukses Bersama Shopee
Di tengah persaingan ketat industri kecantikan, dua brand lokal, Morris Parfume dan Bio Beauty Lab, ..
- by Jundi Amrullah
- 3 hari lalu
- 3,250
OYO Rilis Travelopedia Indonesia 2024: Tren dan Preferensi Perjalanan Wisatawan Tanah Air
Laporan ini mengungkapkan pola dan preferensi perjalanan wisatawan Indonesia selama setahun terakhir..
- by Jundi Amrullah
- 4 hari lalu
- 3,250
Tingkatkan Layanan, Grab Gunakan AWS sebagai Penyedia Cloud
Amazon Web Services (AWS), anak perusahaan Amazon.com, mengumumkan bahwa superapp Grab telah memilih..
- by Jundi Amrullah
- 4 hari lalu
- 3,250