TikTok, Tokopedia, dan ShopTokopedia Rekap Perjalanan Bisnis di Tahun 2024

Tokopedia Tiktok

GadgetDIVA - Gadgetdiva.id – TikTok, Tokopedia, dan ShopTokopedia melanjutkan kolaborasi mereka setelah satu tahun menjalin kemitraan strategis. Tujuan utama kemitraan ini adalah memberikan dampak positif kepada masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Program-program kolaboratif mereka semakin memperkuat dampak di berbagai sektor, khususnya dalam dunia e-commerce melalui platform media sosial.

TikTok berperan penting dalam era ‘discovery e-commerce’, dengan memberikan 125 juta pengguna di Indonesia kesempatan untuk menemukan produk dan penjual melalui video singkat dan siaran langsung. TikTok memungkinkan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mempromosikan produk mereka melalui konten yang terpersonalisasi dan interaktif, memperkuat daya tarik produk melalui inspirasi yang diberikan oleh kreator dan penjual.

Anggini Setiawan, Communications Director TikTok Indonesia, menjelaskan bahwa TikTok tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga membantu masyarakat menemukan produk yang mereka butuhkan. Lebih dari 8 juta kreator telah menghasilkan pendapatan dari TikTok, dan 60% konten promosi di platform ini mendukung produk lokal di ShopTokopedia. Hal ini menunjukkan dampak besar TikTok dalam memberdayakan penjual dan komunitas kreator di Indonesia.

TikTok juga memberikan kesempatan kepada para penjual di Tokopedia untuk meningkatkan penjualan mereka melalui berbagai program pemberdayaan seperti #MajuBarengTikTok dan Jalin Nusantara. Ini membantu para pelaku usaha memanfaatkan potensi besar dari TikTok untuk memperkenalkan produk mereka kepada audiens yang lebih luas, baik secara nasional maupun lokal.

Tokopedia dan ShopTokopedia juga mendukung pertumbuhan ekonomi digital melalui platform mereka. Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia dan TikTok E-commerce, menyoroti bagaimana pelaku usaha yang menggunakan live streaming di TikTok bisa mengalami peningkatan penjualan rata-rata tujuh kali lipat. Hal ini menandakan betapa pentingnya penggunaan teknologi baru dalam memajukan ekonomi digital Indonesia.

Selain itu, TikTok dan Tokopedia melahirkan profesi baru yaitu kreator konten afiliasi. Kreator ini mempromosikan produk melalui video di TikTok, memberikan dampak positif terhadap UMKM. Program seperti Creators Lab dan Youth Affiliate Program berfokus pada pelatihan kreator untuk memperluas jangkauan produk UMKM. Creators Lab, yang telah melatih ratusan kreator termasuk komunitas difabel, menghasilkan dampak positif yang signifikan.

Transaksi puncak pada kampanye 12.12 di ShopTokopedia menunjukkan betapa besar pengaruh TikTok terhadap peningkatan penjualan. Nilai transaksi melalui fitur LIVE TikTok meningkat hingga 50 kali lipat pada jam pertama kampanye. Produk yang laris di Tokopedia dan ShopTokopedia termasuk kecantikan, elektronik, dan fashion, yang mencerminkan keberhasilan kolaborasi ini dalam meningkatkan aktivitas e-commerce.

Terakhir, perbedaan cara masyarakat berbelanja di Tokopedia dan ShopTokopedia terlihat jelas. Di Tokopedia, konsumen sudah tahu produk yang ingin dibeli, seperti hampers dan dekorasi Natal, sedangkan di ShopTokopedia, konsumen sering terinspirasi oleh konten video di TikTok sebelum membeli produk. Penjual yang menggunakan live streaming, seperti Batik Paduka dan Batik Arkanza, tercatat mengalami kenaikan penjualan hingga tiga kali lipat dibandingkan tanpa live streaming.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.