Tokopedia Bagikan Tips Ide Jualan Online di Akhir Tahun!
- by Jundi Amrullah
- Kamis, 21 November 2024 - 15:48 WIB
GadgetDiva – Pada kuartal III 2024, Tokopedia dan ShopTokopedia mencatatkan kategori terlaris seperti Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Fesyen, Rumah Tangga, serta Elektronik. Rizky Juanita Azuz, Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-Commerce, mengatakan bahwa kedua platform terus mendukung UMKM lokal dengan berbagai inisiatif untuk memperluas jangkauan hingga 99% kecamatan di Indonesia. Beberapa inisiatif tersebut antara lain kampanye Beli Lokal, Promo Guncang, dan lainnya.
Menjelang akhir tahun, Rizky melihat adanya peluang besar bagi UMKM di sektor kuliner, kecantikan, fesyen, dan elektronik. Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa produk-produk seperti sepatu sneakers, parfum, smartphone, dan minyak menjadi produk yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia pada periode tersebut. Ini menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan momentum akhir tahun.
Tokopedia dan ShopTokopedia juga memberikan ide jualan online untuk membantu pelaku usaha lokal memanfaatkan kesempatan ini. Salah satunya adalah menjual produk makeup waterproof, seperti blush, lip cream, dan maskara, yang banyak dicari selama musim hujan. Di Tokopedia, produk kecantikan seperti blush dan lip cream mengalami peningkatan pencarian yang signifikan, sementara ShopTokopedia mencatatkan peningkatan penjualan foundation dan maskara.
Selain produk kecantikan, camilan berkuah dan minuman hangat juga populer menjelang akhir tahun, terutama saat musim hujan. Produk seperti bakso, seblak, dan teh menjadi banyak dicari pada platform Tokopedia. Rizky menyoroti bagaimana produsen camilan lokal, seperti Emak CW dari Pekanbaru, berhasil meraih omzet besar melalui live streaming di ShopTokopedia, yang membantu meningkatkan penjualan mereka.
Fesyen juga menjadi kategori terlaris, dengan pencarian produk seperti kardigan, celana kulot, dan jilbab olahraga meningkat signifikan. Tokopedia mencatatkan kenaikan pencarian yang signifikan pada kategori fesyen perempuan, pria, dan muslim. Rizky menyarankan UMKM di sektor fesyen untuk memanfaatkan live streaming dan kolaborasi dengan kreator konten untuk meningkatkan visibilitas produk mereka di ShopTokopedia.
Produk rumah tangga, terutama menjelang Hari Raya, juga berpotensi laris dijual di platform ini. Menjelang Natal dan Tahun Baru, banyak masyarakat yang berbelanja perabot baru dan perlengkapan rumah tangga. Di Tokopedia, produk seperti rak piring dan tempat penyimpanan multifungsi mengalami lonjakan pencarian yang signifikan, menciptakan peluang bagi UMKM di kategori ini.
Elektronik juga menjadi pilihan jualan yang menjanjikan di akhir tahun. Produk seperti smartphone, laptop, dan smartwatch banyak dicari oleh konsumen yang ingin mengikuti perkembangan teknologi. Pencarian produk elektronik di Tokopedia, seperti smartwatch dan lampu meja, mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sesuai dengan tren gaya hidup modern masyarakat.
Terakhir, Rizky mengingatkan para pelaku usaha untuk memanfaatkan fitur-fitur di Tokopedia dan ShopTokopedia, seperti Wawasan Pasar dan Peringkat Kata Kunci, untuk memahami tren produk yang sedang populer. Dengan fitur ini, penjual dapat mengetahui produk terlaris serta kata kunci yang sering dicari pembeli, membantu mereka untuk membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Artikel Terkait
HBO Go Sudah Tayang di Indonesia dengan Nama "Max"
Layanan streaming HBO Go sudah resmi beroperasi di Indonesia mulai 19 November 2024. Layanan tersebu..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 bulan lalu
- 3,250
Shopee, Tasya Kamila, dan Bittersweet by Najla: Inovasi yang Memberdayakan Ekosistem
Shopee terus berinovasi dengan memperkenalkan berbagai fitur interaktif seperti Shopee Live, Shopee ..
- by Jundi Amrullah
- 1 bulan lalu
- 3,250
MyTelkomsel App Makin Manjakan Pelanggan dengan 7 Program Loyalitas
MyTelkomsel App memudahkan pelanggan mengakses program loyalitas Telkomsel. Temukan 8 program menari..
- by Siti Sarifah Aliah
- 1 bulan lalu
- 3,250
Eksodus Massal! Jutaan Pengguna X Beralih ke Bluesky, Apa Penyebabnya?
Jutaan pengguna X eksodus ke Bluesky akibat isu privasi, AI, dan politik. Platform ini tawarkan kons..
- by Firda Zahara
- 1 bulan lalu
- 3,250