Tokopedia-ShopTokopedia Siap Ramaikan dengan ‘Ramadan Ekstra Seru’

Tokopedia

GadgetDIVA - Tokopedia dan ShopTokopedia meluncurkan kampanye “Ramadan Ekstra Seru 2025” untuk mendukung pelaku usaha, terutama UMKM lokal, meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan. Kampanye ini berlangsung dari 25 Februari hingga 25 Maret 2025. Menurut Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia dan TikTok E-commerce, penjual pada periode menjelang Ramadan 2025 diperkirakan meningkat sekitar 40%.

Menjelang Ramadan 2025, produk makanan dan minuman menjadi kategori terlaris di kedua platform. Di Tokopedia, daging mendominasi, sedangkan di ShopTokopedia, camilan seperti kurma paling banyak dibeli. Produk elektronik juga mencatatkan penjualan tinggi, dengan AC menjadi populer di Tokopedia dan pompa galon listrik di ShopTokopedia.

Perbedaan produk terlaris ini dipengaruhi oleh kekuatan masing-masing platform. Tokopedia sering kali menarik konsumen yang sudah tahu apa yang ingin dibeli, sementara di ShopTokopedia, banyak pembelian dipicu oleh video TikTok yang menginspirasi pembeli untuk membeli produk tertentu. Namun, ada kesamaan dalam kategori produk yang laris di kedua platform, seperti makanan dan minuman, perlengkapan rumah tangga, fashion muslim, kecantikan, dan elektronik.

Advertisement

Kategori perlengkapan umroh bahkan mengalami lonjakan pesanan hampir 9 kali lipat. Tokopedia dan ShopTokopedia menawarkan berbagai promo, termasuk gratis ongkir, flash sale 50%, dan diskon hingga Rp100.000, untuk memudahkan masyarakat membeli produk kebutuhan Ramadan.

Produk-produk yang paling laris di kedua platform mencakup berbagai kategori. Di Tokopedia, misalnya, produk seperti daging, alat masak, dan peralatan ibadah mendominasi. Sementara itu, di ShopTokopedia, camilan, alat kebersihan, dan fashion muslim menjadi favorit menjelang Ramadan.

Pelaku usaha dapat memanfaatkan momen Ramadan untuk meningkatkan penjualan melalui strategi yang tepat, yang dapat dipelajari secara gratis lewat webinar edukasi #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy. ZM Zaskia Mecca, salah satu penjual, melaporkan penjualan mereka naik 5 kali lipat berkat partisipasi dalam Ramadan Ekstra Seru 2024.

Advertisement

Selain itu, kreator konten TikTok juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan pendapatan dengan mempromosikan produk melalui live streaming dan video pendek. Affiliate content creator seperti Ma’e Arik melaporkan peningkatan pendapatan 5 kali lipat selama Ramadan 2024 berkat strategi ini.

Ramadan Ekstra Seru 2025 juga akan hadir dengan penawaran menarik di luar platform online. Kampanye ini juga digelar offline di Main Atrium, Kota Kasablanka pada 13-16 Maret 2025, dengan berbagai brand yang menyediakan produk kebutuhan Ramadan, termasuk fesyen.

Advertisement

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.