Tokopedia Rayakan Hari Pahlawan bersama UMKM Lokal

Tokopedia Rayakan Hari Pahlawan bersama UMKM Lokal
Aplikasi

Tokopedia Rayakan Hari Pahlawan bersama UMKM Lokal

Tokopedia Rayakan Hari Pahlawan bersama UMKM Lokal

Tokopedia Rayakan Hari Pahlawan bersama UMKM Lokal # Sumber : Tokopedia

GadgetDiva – Tokopedia dan ShopTokopedia merayakan Hari Pahlawan 2024 dengan memberi panggung bagi UMKM lokal sebagai pahlawan ekonomi. Kedua platform ini terus berkomitmen memberdayakan pelaku usaha lokal melalui teknologi, agar UMKM dapat berkembang di pasar domestik dan memberikan kontribusi pada perekonomian nasional. Salah satu upaya tersebut adalah melalui live streaming di ShopTokopedia, yang memungkinkan pelaku usaha menjangkau audiens lebih luas.

Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, mengungkapkan bahwa tema Hari Pahlawan 2024, "Teladani Pahlawanmu Cintai Negerimu", menginspirasi Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mendukung UMKM Indonesia. UMKM seperti Nifty Twice di Bandung, Sulawesi Central di Makassar, dan Emak CW di Pekanbaru, adalah contoh pahlawan ekonomi yang memberdayakan masyarakat sekitar dalam menjalankan bisnis mereka.

Raih Diskon Akhir Tahun Hingga 55% dengan Promo Spesial dari Grab!

Tokopedia dan ShopTokopedia juga meluncurkan beberapa kampanye untuk memudahkan masyarakat mengakses produk lokal dengan harga transparan. Kampanye seperti "Beli Lokal" mendukung brand lokal, "Promo Guncang" untuk tanggal kembar, "Tokopedia NYAM!" untuk penjual makanan dan minuman, serta "Selalu Jadi Syantik" untuk kategori kecantikan dan perawatan tubuh, semuanya dirancang untuk mendorong pertumbuhan UMKM.

Fitur live streaming di Tokopedia dan ShopTokopedia memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka secara digital. Berdasarkan riset "Indonesia E-commerce Trends 2023", sebanyak 87% responden menonton live streaming, dan 77% dari mereka melakukan transaksi melalui fitur ini. Hal ini membuka peluang besar bagi UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka.

UMKM di Indonesia berperan penting dalam perekonomian, berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB nasional. Untuk mendukung pertumbuhan mereka, Tokopedia dan ShopTokopedia menyediakan berbagai materi edukasi, webinar, dan pelatihan tentang live shopping yang dapat diakses secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia dan ShopTokopedia Academy.

Agar pelaku usaha dapat memaksimalkan potensi live streaming, mereka perlu memastikan akun TikTok mereka terhubung dengan akun resmi toko di ShopTokopedia. Tidak ada syarat jumlah pengikut minimum untuk mengakses fitur ini, sehingga setiap pelaku usaha dapat memanfaatkannya untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pengalaman belanja yang interaktif.

Tokopedia dan ShopTokopedia juga memantau tren belanja online di berbagai wilayah Indonesia selama kuartal III 2024. Data internal menunjukkan peningkatan signifikan di beberapa daerah, dengan Sumatra Selatan, Jambi, Lampung, Jawa Tengah, dan Banten mengalami kenaikan jumlah pelaku usaha lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Lima kategori produk yang paling populer di Tokopedia selama kuartal III 2024 antara lain Makanan dan Minuman, Kesehatan, Pertukangan, Perawatan Tubuh, dan Rumah Tangga. Di wilayah Sumatra, kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, dan Otomotif mencatatkan popularitas tertinggi, sementara di Kalimantan, kategori Fashion dan Otomotif mendominasi.

Di ShopTokopedia, kategori yang paling banyak dicari selama periode yang sama adalah Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fashion, dan Makanan dan Minuman. Di berbagai wilayah, tren belanja cenderung berbeda, misalnya, di Papua, produk Kecantikan dan Olahraga menjadi yang terlaris, sementara di Bali, Fashion Perempuan dan Perawatan Tubuh lebih populer.

Pertumbuhan jumlah penjual dan transaksi online didorong oleh fitur live streaming, yang terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan. Sebanyak 60% konten promosi di TikTok mendukung produk lokal di ShopTokopedia. Pelaku usaha yang menggunakan fitur live shopping melaporkan peningkatan penjualan hingga tujuh kali lipat dibandingkan dengan penjual yang tidak memanfaatkan fitur ini.

Fitur live streaming menjadi alat pemasaran yang ampuh untuk pelaku usaha di berbagai kategori, seperti Kecantikan, Fashion, Elektronik, dan Makanan. Selama kuartal III 2024, kategori Kecantikan, Fashion Muslim, dan HP Elektronik tercatat sebagai yang terlaris dalam sesi live streaming. Dengan adanya platform ini, pelaku usaha dapat terus mengembangkan bisnis mereka dan berperan sebagai pahlawan ekonomi di Indonesia.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Sebarkan Data Pengguna Facebook, Meta Didenda Korsel
Aplikasi

Sebarkan Data Pengguna Facebook, Meta Didenda Korsel

Perusahaan induk Facebook, Meta didenda Korea Selatan sebesar KRW 21,62 miliar atau sekitar USD 15 J..

Raih Diskon Akhir Tahun Hingga 55% dengan Promo Spesial dari Grab!
Aplikasi

Raih Diskon Akhir Tahun Hingga 55% dengan Promo Spesial dari Grab!

Grab kembali menghadirkan program Megahedon (Megahnya Diskon Akhir Tahun) yang menawarkan diskon hin..

Amazon Hadirkan Fitur Ringkasan Berbasis AI Generatif di Prime Video
Aplikasi

Amazon Hadirkan Fitur Ringkasan Berbasis AI Generatif di Prime Video

X-Ray Recaps merupakan perluasan dari fitur X-Ray yang sudah ada di Prime Video, yang sebelumnya men..

3 Upgrade Fitur TPayLater Bikin Transaksi Makin Aman dan Nyaman!
Aplikasi

3 Upgrade Fitur TPayLater Bikin Transaksi Makin Aman dan Nyaman!

Melalui TPayLater, pengguna bisa memanfaatkan berbagai fasilitas kredit seperti Split Payment, Virtu..


;