Tokopedia Bagikan Tips Tingkatkan Penjualan Ramadan

Tokopedia

GadgetDIVA - Riset Toluna pada tahun 2024 menunjukkan bahwa 75% responden sudah mulai mencari inspirasi, tips, dan ide hadiah Ramadan 1-2 minggu sebelum Ramadan dimulai. Hal ini membuka peluang besar bagi pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk meningkatkan pendapatan selama bulan Ramadan. Untuk mendukung penjual, Tokopedia dan ShopTokopedia menghadirkan webinar edukasi #SIAPRAMADAN serta kampanye Ramadan Ekstra Seru yang dapat membantu memaksimalkan peluang penjualan.

Teddy, SMB Education and Engagement Lead Tokopedia dan TikTok E-commerce, menyarankan agar penjual menjaga ketersediaan stok produk pada semua fase Ramadan. Penting untuk memastikan produk-produk yang paling laris tersedia dalam jumlah cukup, terutama saat lonjakan pesanan terjadi. Penjual juga bisa memanfaatkan fitur-fitur penjualan untuk mengetahui produk populer berdasarkan kategori dan lokasi, serta kata kunci yang sering digunakan pembeli.

Ala Bisyir, pemilik Bittersweet by Najla, menambahkan bahwa pada Ramadan sebelumnya, penjualannya meningkat 200%. Oleh karena itu, memperbanyak stok produk menjadi hal yang sangat penting untuk memenuhi permintaan yang signifikan di bulan Ramadan. Bittersweet by Najla memproyeksikan kebutuhan stok beberapa bulan sebelum Ramadan untuk memastikan ketersediaannya.

Advertisement

Penjual juga disarankan untuk bergabung dalam kampanye Ramadan Ekstra Seru yang diadakan oleh Tokopedia dan ShopTokopedia. Kampanye ini menawarkan berbagai penawaran menarik, seperti gratis ongkir, flash sale, diskon saat live streaming, dan voucher kejutan. Akram Amrullah Rajab dari Hijrahfood Meatshop mengatakan bahwa penjualannya meningkat tiga kali lipat, bahkan penjualan daging rendang melonjak sepuluh kali lipat setelah bergabung dalam kampanye ini.

Live streaming di TikTok juga menjadi strategi efektif untuk meningkatkan penjualan. Menurut riset, 50% responden terinspirasi untuk membeli setelah menonton konten video, termasuk live streaming. Teddy merekomendasikan untuk melakukan live streaming setiap hari, terutama pada jam-jam puncak seperti sahur, istirahat, dan setelah berbuka puasa. Penjual juga bisa menawarkan diskon khusus pada waktu tersebut agar penjualan semakin maksimal.

Ala Bisyir dari Bittersweet by Najla menambahkan bahwa live streaming meningkatkan pesanan mereka dua kali lipat. Untuk mengoptimalkan live streaming, mereka menunjukkan proses pembuatan produk, menyesuaikan tema dan dekorasi dengan nuansa Ramadan, serta menawarkan produk khusus seperti hampers yang hanya dijual saat live streaming.

Advertisement

Selain live streaming, penjual juga bisa memanfaatkan short video untuk meningkatkan jangkauan audiens. Teddy mengungkapkan bahwa konten video pendek dapat digunakan untuk menampilkan keunggulan produk, mengarahkan audiens untuk klik Keranjang Kuning, dan mengajak audiens mengecek profil toko serta jadwal live streaming. Kolaborasi dengan kreator konten TikTok juga bisa membantu mempromosikan produk lebih luas.

Terakhir, penjual dapat memanfaatkan fitur iklan seperti TopAds di Tokopedia dan Shopping Ads di ShopTokopedia untuk meningkatkan visibilitas produk mereka. Vincent Saputera, Marketing Director Kintakun, mengungkapkan bahwa setelah menggunakan fitur iklan di Ramadan, pesanan mereka meningkat 108% dibandingkan bulan sebelumnya. Fitur-fitur ini membantu meningkatkan return on investment (ROI) bagi penjual.

Advertisement

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.