Tren Belanja Online di Indonesia Timur Melonjak Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia

Tren Belanja Online di Indonesia Timur Melonjak Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia
Aplikasi

Tren Belanja Online di Indonesia Timur Melonjak Berkat Tokopedia dan ShopTokopedia

Tokopedia

Tokopedia # Sumber : Tokopedia

GadgetDivaTokopedia dan ShopTokopedia terus menunjukkan komitmennya untuk mendukung masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur, dengan akses produk kebutuhan yang lebih terjangkau melalui berbagai program menarik seperti Beli Lokal dan Promo Guncang. Program-program ini tidak hanya mempermudah akses belanja, tetapi juga berhasil mendorong peningkatan transaksi di wilayah Indonesia Timur.

Beli Lokal dan Promo Guncang: Strategi Efektif Menarik Minat Pembeli

Dens TV Jadi Platform OTT Pertama yang Menghadirkan Channel Jowo

Salah satu inisiatif yang memberikan dampak signifikan adalah program Beli Lokal, yang menawarkan berbagai produk lokal dengan harga terjangkau melalui diskon, flash sale, dan cashback. Selain itu, ada juga Promo Guncang yang diadakan setiap tanggal kembar, menawarkan potongan harga hingga 50%, flash sale seharga Rp10.000, bebas ongkir, dan penawaran lainnya yang sangat diminati konsumen.

Menurut Antonia Adega, Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-commerce, "Promo Guncang 10.10 yang puncaknya, 10 Oktober 2024, memungkinkan konsumen mendapatkan berbagai penawaran menarik, termasuk diskon hingga 50% dan flash sale. Hal ini tak hanya meningkatkan kepuasan konsumen, tetapi juga membantu penjual menaikkan pendapatan mereka." Sebagai contoh, pada Promo Guncang 5.5 dan 6.6 tahun ini, penjualan meningkat lebih dari 66% dan 72%.

Lonjakan Transaksi di Indonesia Timur

Tren belanja online di Indonesia Timur mengalami lonjakan signifikan pada semester pertama 2024 dibandingkan semester kedua 2023. Sejumlah daerah seperti Kepulauan Aru, Maluku Tenggara, dan Tual mengalami peningkatan transaksi melalui Tokopedia, terutama untuk produk Pakaian Muslim Pria, Helm Motor, serta Gitar dan Bass.

Di Papua, peningkatan transaksi juga terlihat di daerah seperti Deiyai, Mamberamo Tengah, dan Waropen, dengan kategori produk yang paling banyak diminati adalah Perawatan Bayi, Pakaian Muslim Pria, dan Peralatan Olahraga Air, yang mencatatkan kenaikan hampir dua kali lipat dibandingkan sebelumnya.

NTB dan NTT: Daerah dengan Potensi Besar untuk Belanja Online

Di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT), tren belanja online juga mengalami pertumbuhan. Di NTB, daerah seperti Sumbawa Barat, Lombok Utara, dan Bima mencatat peningkatan transaksi, terutama untuk produk Pakaian Muslim Pria, Perlengkapan Ibadah, dan Dress Muslim Wanita. Sementara di NTT, daerah Rote Ndao, Kupang, dan Sumba Tengah mengalami lonjakan transaksi, dengan kategori produk seperti Outerwear Muslim Wanita, Merchandise, dan Mesin Industri.

Sementara itu, di platform ShopTokopedia, transaksi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Indonesia Timur, juga menunjukkan peningkatan pada kuartal kedua 2024. Daerah seperti Bali, Kalimantan Selatan, dan NTB mencatat lonjakan transaksi, terutama untuk produk Peralatan Kamar Mandi, Pakaian Khusus Wanita (seperti pakaian adat), dan Perlengkapan Taman.

Antonia menambahkan, "Tokopedia dan ShopTokopedia menjadi rumah bagi jutaan penjual, mayoritas UMKM. Kami terus berkolaborasi dengan mitra strategis untuk mempercepat pemanfaatan platform e-commerce, agar lebih banyak pelaku usaha yang merasakan kemudahan berbisnis di era digital."

Mempelajari kondisi pasar di Indonesia Timur, terutama produk terlaris seperti Sepatu, Atasan, dan Perawatan Wajah di Papua dan Maluku, serta Minuman dan Perawatan Wajah di NTB, memberikan wawasan penting bagi pelaku usaha yang ingin memulai atau mengembangkan bisnis mereka.

Tokopedia juga menyediakan akses ke Pusat Edukasi Seller dan Shop Academy, di mana pelaku usaha dapat belajar cara mengembangkan usaha mereka melalui modul-modul edukasi yang tersedia kapan saja dan di mana saja.

Antonia menutup dengan pernyataan, "Kami sangat mengapresiasi tingginya animo masyarakat, termasuk di Indonesia Timur, dalam berbelanja melalui Tokopedia dan ShopTokopedia. Kami akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih baik agar seluruh masyarakat Indonesia dapat memenuhi kebutuhan dengan lebih mudah dan terjangkau, sembari mendukung pelaku usaha untuk memulai dan membangun bisnis melalui teknologi."

Dengan berbagai inisiatif dan program yang mendukung peningkatan transaksi, Tokopedia dan ShopTokopedia berhasil memperkuat posisinya sebagai platform e-commerce terkemuka, tidak hanya di Indonesia bagian barat dan tengah, tetapi juga di wilayah Indonesia Timur.

Baca Juga :

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.


author-img_1

Firda Zahara

Reporter

Artikel Terkait

Disentil Pemerintah Soal Judi Online, DANA dan GoPay Buka Suara
Aplikasi

Disentil Pemerintah Soal Judi Online, DANA dan GoPay Buka Suara

DANA dan Gopay menanggapi teguran Kominfo soal judi online. Mereka disebut memfasilitasi transaksi p..

Dens TV Jadi Platform OTT Pertama yang Menghadirkan Channel Jowo
Aplikasi

Dens TV Jadi Platform OTT Pertama yang Menghadirkan Channel Jowo

Melalui kerjasama strategis dengan Channel Jowo, Dens TV kini menghadirkan saluran TV lokal yang men..

LinkedIn Beber 10 Juta Pengguna Terdaftar Sebagai Pekerja Lepas
Aplikasi

LinkedIn Beber 10 Juta Pengguna Terdaftar Sebagai Pekerja Lepas

LinkedIn membeberkan bahwa 10 juta penggunanya telah terdaftar sebagai pekerja lepas di laman Linked..

Kredivo Catat Peningkatan Konsisten Pengguna Berusia Lebih Tua
Aplikasi

Kredivo Catat Peningkatan Konsisten Pengguna Berusia Lebih Tua

Berdasarkan data internal, meskipun pengguna Paylater masih didominasi oleh generasi milenial, pengg..


;