Sambut Ramadhan 2020, Blibli luncurkan fitur dan layanan terbaru

Sambut Ramadhan 2020, Blibli luncurkan fitur dan layanan terbaru
E-Commerce

Sambut Ramadhan 2020, Blibli luncurkan fitur dan layanan terbaru

Sambut Ramadhan 2020, Blibli luncurkan fitur dan layanan terbaru

Sambut Ramadhan 2020, Blibli luncurkan fitur dan layanan terbaru # Sumber : gadgetDiva

Menyambut bulan Ramadhan 2020, Blibli meluncurkan berbagai fitur dan layanan baru untuk mempertahankan perekonomian Indonesia ditengah pandemi Covid-19 saat ini. Blibli menopang ritel Indonesia dengan memanfaatkan ekosistem e-commerce miliknya untuk  menyediakan akses pasar bagi para pelanggan, seller, dan pemerintah.

Tokopedia Play dan Fitur Beli Langsung hadir permudah masyarakat saat ramadan

Dengan memperkenalkan berbagai fitur baru dan layanannya, Blibli memperluas akses pasar bagi seller dan mendukung program pangan pemerintah untuk mendorong aktivitas ritel saat Ramadhan.

Untuk memenuhi permintaan pasar, Blibli juga meluncurkan inisiatif #RamadanLebihBaik. “Pandemi COVID-19 telah memicu perubahan perilaku pada pelanggan, seller, dan pemerintah yang kini semakin bergantung pada e-commerce yang memiliki stabilitas operasional.” Ujar Lay Ridwan Gautama, selaku Executive Vice President (EVP) of Digital Products & Automotive Category Blibli.

Ridwan melanjutkan bahwa di bulan Ramadan ini, pihaknya bertekad untuk semakin memperkuat kemampuan dalam memenuhi kebutuhan tiga stakeholder tersebut. Dengan demikian, aktivitas ritel dapat terus berputar agar Ramadhan tetap menjadi stimulus bagi ekonomi Indonesia.

Fitur untuk memenuhi kebutuhan konsumsi

Blibli meluncurkan kurasi produk terbaru, yaitu Blibli Hasanah. Kuras ini akan mempermudah paradiva dalam mencari berbagai kebutuhan harian yang amanah, termasuk makanan, produk kesehatan dan kecantikan, mainan anak, zakat, paket perjalanan Umrah, dan busana modest untuk pria maupun wanita.

Blibli meluncurkan kurasi ini karena melihat adanya tren peningkatan permintaan, khususnya dari generasi millennial, untuk produk-produk amanah.

Selanjutnya, Blibli juga akan meluncurkan fitur Paylater di kuartal kedua tahun ini untuk meningkatkan kemudahan transaksi. Dengan Paylater, paradiva dapat membeli produk yang diinginkan saat itu juga, kemudian melakukan pembayaran sesuai jangka waktu yang ditentukan. Hadirnya fitur Paylater memperluas opsi pembayaran di Blibli menjadi sembilan, yang didukung oleh 36 mitra pembayaran lainnya, termasuk bank.

Layanan mengakses pasar dan mempertahankan usaha

Blibli Mitra merupakan layanan khusus untuk memberdayakan pengusaha mikro yang menjalankan usaha toko kelontong atau warung. Melalui Blibli Mitra, pengusaha warung dapat menawarkan produk digital berupa pulsa, token listrik, pembayaran tagihan (BPJS, air), selain kebutuhan rumah tangga lainnya. Pengusaha warung juga bisa memesan stok dengan harga grosir melalui Blibli Mitra.

Layanan selanjutnBlibli juga membuka akses pasar bagi creativepreneur fashion melalui kolaborasi khusus dengan 9 local brand modest dan 3 local brand umum  ternama, diantaranya Buttonscarves, KAMI, Puru Kambera, dan Vivi Zubedi untuk meluncurkan koleksi eksklusif Ramadan.

Blibli menyediakan platform penjualan dan pemasaran agar FMCG bisa terus menyalurkan berbagai produk ke pelanggan. Blibli telah bekerja sama dengan topbrands seperti Unilever, Danone, dan Indomilk dalam melakukan promosi khusus, seperti ongkos kirim gratis.

Layanan logistik untuk mendukung program ketahanan pangan Pemerintah Indonesia

Blibli bekerja sama dengan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk memberdayakan kelompok tani dengan membantu mereka berjualan secara online. Dengan demikian, Blibli telah menciptakan sumber pendapatan baru bagi para kelompok tani. Beras hasil produksi kelompok tani sudah tersedia di platform Blibli mulai 26 April lalu.

Baca juga, Blibli akan distribusi beras ke seluruh Indonesia

Blibli juga membantu distribusi beras subsidi oleh pemerintah melalui jaringan logistik dan distribusi luas miliknya yang mencakup 20 warehouse dan 32 hub di seluruh Indonesia.

Dengan hadirnya berbagai fitur dan layanan terbaru, Blibli memprediksikan bahwa jumlah order akan bertumbuh 3 kali lipat pada Ramadhan tahun ini, sama seperti rata-rata pertumbuhan order di Ramadan 2019 dan 2018.

Situasi COVID-19 saat Ramadhan akan mendorong permintaan terhadap produk-produk makanan dan minuman esensial, yaitu susu, obat herbal, minyak goreng, beras, dan bumbu dapur.

“Hal terbesar yang ingin kami capai di Ramadhan tahun ini adalah mengakselerasi transformasi digital di mana pelanggan, seller, dan pemerintah akan menjadikan e-commerce sebagai kanal ritel utama,” tutup Fransisca K. Nugraha, selaku Executive Vice President (EVP) of Consumer Goods Category Blibli.

Baca juga, Kolaborasi Blibli dan Samsung, bisa belanja gadget dari rumah!


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Belanja kebutuhan di Wings E-Catalog langsung dari rumah
E-Commerce

Belanja kebutuhan di Wings E-Catalog langsung dari rumah

Wings Group, menghadirkan Wings E-Catalog yang menyajikan pengalaman #WingsFromHome yaitu paradiv..

Tokopedia Play dan Fitur Beli Langsung hadir permudah masyarakat saat ramadan
E-Commerce

Tokopedia Play dan Fitur Beli Langsung hadir permudah masyarakat saat ramadan

Tokopedia luncurkan sejumlah inovasi baru untuk permudah masyarakat. Yaitu, dengan menghadirkan T..

Lewat program fesyen lokal, Lazada ramaikan Hari Belanja Brand Lokal 2020
E-Commerce

Lewat program fesyen lokal, Lazada ramaikan Hari Belanja Brand Lokal 2020

Menyambut bulan suci Ramadhan, Lazada hadirkan program parade fesyen lokal dalam meramaikan Hari ..

GoPay Online Festival (GOF), bikin #DirumahAja jadi makin seru!
E-Commerce

GoPay Online Festival (GOF), bikin #DirumahAja jadi makin seru!

Kali ini, GoPay umumkan GoPay Online Festival (GOF) periode 20 April hingga 31 Mei 2020 yang baka..


;