Mengenal Juara Snack, Jawara Bisnis Camilan Selama Pandemi
- by Redaksi
- Rabu, 8 Juli 2020 - 11:43 WIB
Mungkin kalian sudah tahu bahwa di masa pandemi ini banyak perusahaan-perusahaan yang dengan terpaksa mem-phk para pegawainya dikarenakan harus menutup perusahaannya untuk sementara waktu atas tuntutan dari pemerintah di beberapa daerah. Berbeda dengan yang lain, Fitria justru bisa memberikan lapangan pekerjaan baru melalui bisnis Juara Snack. Banyaknya permintaan oleh konsumen membuat Fitria harus menambah 15-20 orang tenaga kerb dari jumlah karyawan sebelumnya, lima karyawan tetap dan lima karyawan lepasan yang 80% berasal dari Lazada.
Bisnis ini sendiri sebenarnya sudah diimpikan oleh Fitria sejak dirinya masih duduk di bangku mahasiswi, ia tidak segan untuk berjualan apa saja demi menempa diri menjadi entrepreneur sejati. Bahkan setelah masuk dunia kerja, Fitria kerap berjualan makanan ringan sebagai usaha sampingan. Banyak rintangan yang dihadapinya sejak awal menekuni bisnis, salah satunya saat Fitria menyuplai produk ke toko cemilan offline di daerah mampang. namun, model bisnis tersebut sulit untuk bertahan dan berada di ambang kebangkrutan.
Dengan latar belakangnya sebagai pekerja kreatif di digital advertising agency, Fitria pun mulai melakukan berbagai riset, analisis, dan menyusun strategi untuk produknya dengan branding Juara Snack, memasarkan produknya melalui penjualan online, hingga beralih menjual produknya di Lazada.
“Selama masa pandemi ini, jumlah pesanan pesanan produk Juara Snack meningkat sangat pesat. Berkat adanya Lazada Birthday promo dan promo Ramadhan, pesanan meningkat dari 100-200 pesanan harian hingga menjadi 1,000 pesanan dalam sehari dan membuat kami sempat kewalahan. Lalu saya mengambil keputusan untuk menambah 15 karyawan freelance untuk membantu operasional toko. Jadi selain memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat, Alhamdulillah saya juga dapat memberikan pekerjaan bagi yang membutuhkannya,” ujar Fitria Hadiah, pemilik Juara Snack.
Fitria pun mengungkapkan bahwa saat ini Juara Snack telah mencapai Level 7 untuk kategori sellers, yang umumnya dicapai oleh sellers lain yang menjual gadget atau brand-brand besar lainnya. Dengan antar muka (interface) yang lebih mudah dan disesuaikan melalui fitur customization bagi para sellers, Fitria pun semakin bersemangat untuk mencari strategi baru dan mengubah tampilan tokonya agar konsumen semakin tertarik untuk belanja di Juara Snack.
“Lazada selalu berinovasi agar dapat memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan jual-beli. Kami menyediakan Lazada Service Marketplace untuk membantu para sellers mengoptimalkan bisnisnya di Lazada, diantaranya berupa dukungan untuk jasa fotografi untuk produk, mendekorasi toko, berbagai promo menarik, influencer untuk Lazlive, serta dukungan penuh dari tim customer service Lazada. Kami percaya bahwa dengan bergabung di platform Lazada, akan semakin banyak UMKM Indonesia yang dapat tumbuh dan berkembang pesat melalui penjualan online, seperti Juara Snack,” ujar Haikal Bekti Anggoro, SVP Traffic Operations & Sellers Engagement.
Selain itu, salah satu cara bagi para pelaku UMKM untuk dapat terus mengembangkan usahanya di Lazada adalah dengan mengikuti berbagai campaign yang diadakan seperti #LazadaMidYear Super Sale yang akan berlangsung dari tanggal 7 sampai 9 Juli 2020. Mulai dari berbagai produk fashion, gadget dan elektronik, kebutuhan sehari-hari, produk otomotif serta berbagai produk original berkualitas dari brand-brand favorit akan banting harga mulai dari di bawah Rp 10,000 saja.
“Saya berharap banyak juga UMKM lainnya seperti Juara Snack yang terbantu oleh Lazada, sehingga dapat memasuki platform jual beli online, mengembangkan usaha dan memperluas pasar, bahkan membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang, terutama di masa yang penuh tantangan seperti sekarang ini,” tutup Fitria.
Artikel Terkait
Telkomsel Orbit Solusi Internet Rumah Serba Digital
Telkomsel memperkenalkan solusi berbasis digital terbaru bagi pelanggan dalam menikmati konektivi..
- by Redaksi
- 4 tahun lalu
- 3,250
Social Bella garap peluang pertumbuhan di tengah pandemi Covid-19
Startup beauty-tech di Indonesia, Social Bella mendapatkan pendanaan dari investor Global untuk p..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250
Belanja produk brand di tiga mall Jakarta melalui kanal e-mall Lazada
Paradiva saat ini bisa mendapatkan akses mudah untuk berbelanja produk-produk dari berbagai merek..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250
Gojek Xcelerate kenalkan 3 Starup Inovatif Berdampak Sosial
Hari ini (1/7), Gojek Xcelerate mengumumkan 3 Starup inovatif berdampak positif sosial dalam acar..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 4 tahun lalu
- 3,250