Kredivo: Transaksi harian di e-commerce melonjak 26% selama pandemi

Kredivo: Transaksi harian di e-commerce melonjak 26% selama pandemi
E-Commerce

Kredivo: Transaksi harian di e-commerce melonjak 26% selama pandemi

Kredivo: Transaksi harian di e-commerce melonjak 26% selama pandemi

Kredivo: Transaksi harian di e-commerce melonjak 26% selama pandemi # Sumber : gadgetDiva

Metode pembayaran kredit digital yang dapat diakses secara cepat, aman, dan nyaman untuk berbelanja secara online pastinya semakin diminati paradiva. Nah, menurut data Kredivo, hal ini juga mendorong tingkat kepercayaan konsumen pada industri e-commerce, dimana transaksi harian di e-commerce dilaporkan melonjak sebanyak 26% selama pandemi.

Selain itu, data internal Kredivo juga mencatat peningkatan cukup stabil terhadap jumlah pengguna baru yang melakukan transaksi di e-commerce hingga 42% selama masa pandemi (periode Februari hingga Juni 2020) dibandingkan jumlah pengguna aktif Kredivo di akhir bulan Januari 2020.

Belanja di Blibli, bisa lakukan pembayaran menggunakan OVO

Hal inilah yang mendukung platform kredit digital juga menghadirkan berbagai kemudahan untuk paradiva, seperti memanfaatkan teknologi e-KYC untuk mempermudah proses kredit dengan proses pengajuan, verifikasi data, hingga persetujuan yang tanpa hambatan.

Kredivo yang merupakan salah satu platform kredit digital yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan menjelaskan bahwa inovasi dan kemudahan yang ditawarkan menjadi kunci dalam penetrasi kredit digital sebagai metode pembayaran terdepan di e-commerce, terutama selama masa pandemi ini.

Lily Suriani, selaku General Manager Kredivo menjelaskan bahwa penetrasi kredit yang masih tergolong rendah di Indonesia menjadi salah satu faktor terbatasnya fleksibilitas pembayaran secara berkala bagi konsumen saat bertransaksi di e-commerce.

Oleh karena itu, Kredivo telah bermitra dengan hampir semua merchant, termasuk berbagai e-commerce dan marketplace terkemuka di Indonesia, untuk memberikan fleksibilitas pembayaran secara berkala yang praktis dan aman.

“Kemudahan, keamanan, serta fleksibilitas yang kami tawarkan, semakin mendorong pemanfaatan kredit digital di e-commerce dan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk bertransaksi secara digital, terutama di tengah masa sulit saat ini,” ungkap Lily.

Laporan Konsultan Global McKinsey yang menunjukkan terjadinya peningkatan pembayaran tanpa kontak (contactless payment) sebesar 26% di Indonesia selama bulan Juni 2020, sementara itu metode pembayaran lainnya seperti cash dan penggunaan kartu debit/ kredit mengalami penurunan.

Hal ini salah satunya karena berkurangnya risiko belanja tatap muka dan penggunaan uang tunai saat bertransaksi. Kemudahan ini tergambar di survey Facebook, Bain & The Company di Indonesia dan 4 negara Asia Tenggara lainnya, dimana terjadi peningkatan konsumen baru (first adopter) yakni sebesar 28% yang mencoba aplikasi e-commerce untuk pertama kalinya.

Selain itu, memahami perilaku konsumen, baik sebelum maupun sesudah pandemi, juga menjadi sangat penting untuk terus berinovasi dan menghadirkan solusi tepat yang menjawab kebutuhan serta pain points konsumen.

Inovasi yang memberikan akses kredit digital yang nyaman dan aman menjadi solusi bagi paradiva untuk bertransaksi di e-commerce, terlebih di tengah pandemi ini karena paradiva tidak perlu bertatap muka atau keluar dari rumah untuk mengajukan aplikasi kredit.

Kemudahan tersebut juga diwujudkan melalui salah satu fitur unggulan Kredivo, Zero-click Checkout, yang memungkinkan paradiva untuk membeli barang di e-commerce secara instan tanpa perlu login atau pindah ke aplikasi lain.

“Memahami perilaku konsumen bukan hanya menjadi kunci untuk terus berinovasi, namun juga menjadi pedoman dalam melakukan edukasi guna mewujudkan masyarakat digital yang cerdas,” jelas Lily.

Lily melanjutkan bahwa prinsip responsible lending juga senantiasa pihaknya terapkan agar membuat konsumen tetap bijak berbelanja di e-commerce. “Didukung oleh pondasi yang kuat, bisnis kami terus berjalan normal dengan kinerja yang cenderung stabil dan siap untuk terus mendukung pertumbuhan e-commerce di Indonesia,” tutup Lily.

Fyi, Kredivo juga menerapkan teknologi verifikasi data dan pendeteksi penipuan melalui sistem manajemen risiko industri yang mampu mencapai metrik risiko setaraf bank. Berbagai inovasi ini diharapkan dapat terus mendorong pertumbuhan industri e-commerce yang diproyeksikan terus tumbuh meski berada di tengah masa pandemi ini.

Baca juga, Kredivo gandeng Bukalapak, hadirkan kemudahan pembayaran digital dengan “Zero-click Checkout”


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Di masa pandemi, Blibli hadirkan kurasi menu restoran
E-Commerce

Di masa pandemi, Blibli hadirkan kurasi menu restoran

Untuk mendukung inovasi pelaku usaha sektor F&B di masa pandemi Covid-19 dan new normal, Blib..

Belanja di Blibli, bisa lakukan pembayaran menggunakan OVO
E-Commerce

Belanja di Blibli, bisa lakukan pembayaran menggunakan OVO

Sejak tanggal 1 Juli 2020, paradiva pengguna OVO dapat menikmati pengalaman belanja lebih mudah, ..

LinkAja hadirkan kemudahan pembayaran digital di Pantai Pandawa
E-Commerce

LinkAja hadirkan kemudahan pembayaran digital di Pantai Pandawa

Pantai Pandawa yang berlokasi di Kabupaten Badung, Bali, telah resmi dibuka untuk umum pada tangg..

Di tengah pandemi, kredit digital tingkatkan kepercayaan e-commerce Indonesia
E-Commerce

Di tengah pandemi, kredit digital tingkatkan kepercayaan e-commerce Indonesia

Ditengah pandemi covid-19 saat ini membuat berbagai industri e-commerce meningkatkan kepercayaan ..


;