WeLearn Ajarkan 5.000 Perempuan Keterampilan Wirausaha di tengah COVID-19

WeLearn Ajarkan 5.000 Perempuan Keterampilan Wirausaha di tengah COVID-19
E-Commerce

WeLearn Ajarkan 5.000 Perempuan Keterampilan Wirausaha di tengah COVID-19

WeLearn Ajarkan 5.000 Perempuan Keterampilan Wirausaha di tengah COVID-19

WeLearn Ajarkan 5.000 Perempuan Keterampilan Wirausaha di tengah COVID-19 # Sumber : gadgetDiva

WeLearn mengajarkan keterampilan wirausaha lebih dari 5.000 perempuan di seluruh Indonesia melalui platform digitalnya di tengah pandemi COVID-19. Platform WeLearn merupakan sebuah inisiatif dari UN Women dan Sunlight untuk menciptakan kesempatan belajar sekaligus memerdayakan perempuan yang ingin mengembangkan usaha mereka.

Inisiatif WeLearn membekali perempuan wirausaha dan calon wirausaha dengan kemampuan bisnsi dan digital yang penting dikuasai untuk beradaptasi di tengah perubahan dunia kerja dan perkembangan pasar, terutama di tengah krisis COVID-19 kini.

10 produk ini penting untuk kamu bawa selama aktivitas di masa new normal

WeLearn

Krisis ini memukul berat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Kebijakan pembatasan sosial di beberapa kota memaksa pemilik usaha menutup toko mereka dan menghadapi penurunan drastis dalam penjualan.

Krisis ini juga menciptakan peluang dan kebutuhan baru terhadap pelatihan online yang membuat adanya peningkatan jumlah perempuan yang mendaftarkan diri untuk mengikuti pelatihan WeLearn selama beberapa bulan belakangan.

Sementara itu, WeLearn sendiri telah memfasilitasi berbagai sesi pembelajaran untuk perempuan pengusaha mikro, termasuk kursus pembelajaran online melalui situs, sesi pembelajaran online yang dipandu via WhatsApp dan Zoom sejak Oktober 2019 lalu. tak hanya itu, platform ini juga telah memberikan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan dengan lebih baik, mendapatkan keuntungan ekonomi dari aktivitas mereka, serta belajar dari satu sama lain.

Selanjutnya, Di Indonesia, 6,45 persen dari UMKM yang terdaftar dikelola oleh perempuan. Namun, dibandingkan dengan usaha yang dikelola oleh laki-laki, UMKM milik perempuan cenderung terkonsentrasi ke usaha dengan produktivitas rendah, di sektor bernilai rendah, khususnya di sektro perdagangan dan jasa.

Dalam prakteknya, perempuan wirausaha sering mengalami hambatan dalam mengembangkan usaha mereka, termasuk beban pekerjaan rumah tangga dan perawatan yang tidak dibayar, serta terbatasnya kesempatan untuk bergabung di jaringan bisnis dan akses pengembangan keterampilan.

“Berinvestasi pada pemberdayaan ekonomi perempuan dan pengembangan keterampilan adalah cara efektif untuk mendorong kesetaraan gender dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Investasi bijak dan jangka panjang seperti ini menciptakan perubahan signifikan, terutama dalam masa krisis, ketika kecermatan dan ketangguhan perempuan berhasil mengubah kesulitan menjadi kesempatan untuk pulih dan bangkit kembali,” kata Jamshed Kazi, UN Women Indonesia Representative.

“Kami bangga bahwa melalui inisiatif WeLearn, terutama di masa pandemi, kami mampu memberdayakan lebih banyak perempuan serta membekali mereka dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi tantangan, sehingga mereka dapat mengubah kehidupannya, dalam keluarga, dan komunitas,” tambahnya.

Veronica Utami, Direktur Home Care PT Unilever Indonesia Tbk mengatakan, “Unilever Indonesia telah menemani masyarakat Indonesia selama 86 tahun. Selama itu pula kami berkomitmen untuk membawa manfaat bagi masyarakat dan membantu pemerintah untuk menggerakkan ekonomi melalui berbagai upaya, termasuk melalui pemberdayaan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian bangsa, utamanya para wirausaha UMKM perempuan. Kolaborasi kami dan UN Women dalam membentuk WeLearn sangat sejalan dengan purpose atau tujuan mulia brand kami, Sunlight, yakni menggali potensi diri perempuan yang selama ini masih terpendam. Paling lambat
tahun 2022, kami ingin membantu 5 juta perempuan Indonesia menemukan potensi dirinya dan merealisasikan cita-citanya untuk berwirausaha. Kami percaya, meskipun situasi pandemik saat ini, kesempatan bagi perempuan untuk belajar tidak pernah tertutup.”

WeLearn

Selain itu, WeLearn berhasil mendukung perempuan untuk lebih percaya diri, memiliki bekal pengetahuan, dan terampil dalam mencapai tujuan usaha mereka, sebagaimana terbukti dari hasil survei pre-test dan post-test online yang diisi oleh para peserta.

Hasil-hasil dari proyek WeLearn ini dibagikan dalam Diskusi Virtual bertema “Pemberdayaan Ekonomi Perempuan: Mewujudkan Akses dan Kesempatan Setara bagi Wirausaha Perempuan” yang digelar hari ini. Dalam kesempatan yang sama, UN Women juga mengumumkan kelulusan dari 50 finalis perempuan wirausaha dari tiga kota (Jabodetabek, Malang, Jogjakarta) yang telah berhasil menyelesaikan pelatihan intensif selama empat bulan di bawah proyek WeLearn.

Ke depan, WeLearn berencana memperbanyak materi pembelajaran online mengenai topik-topik lain terkait dengan kewirausahaan, serta menghubungkan lebih banyak perempuan pengusaha mikro ke institusi finansial.

Baca juga,


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Kolaborasi GoPlay dan Citilink bikin perjalanan terbangmu nggak ngebosenin
E-Commerce

Kolaborasi GoPlay dan Citilink bikin perjalanan terbangmu nggak ngebosenin

GoPlay dan Citilink melakukan kolaborasi untuk menghadirkan akses bagi para penumpang Citilink ke..

10 produk ini penting untuk kamu bawa selama aktivitas di masa new normal
E-Commerce

10 produk ini penting untuk kamu bawa selama aktivitas di masa new normal

Paradiva yang mempersiapkan aktivitas di luar rumah dengan lebih aman, nyaman dan optimal selama ..

Begini metode belanja keperluan rumah tangga lebih hemat dan pintar
E-Commerce

Begini metode belanja keperluan rumah tangga lebih hemat dan pintar

Aplikasi sharing community, Shooper membantu paradiva untuk belanja keperluan sehari-hari kamu da..

Pakai ShopeePay bisa lakukan pembayaran di gerai offline McDonald’s
E-Commerce

Pakai ShopeePay bisa lakukan pembayaran di gerai offline McDonald’s

Saat ini fitur layanan uang elektronik terintegrasi di Indonesia, ShopeePay menggandeng McDonald�..


;