Kredivo buktikan peningkatan nilai frekuensi transaksi di e-commerce
- by Jihan Nasir
- Selasa, 22 September 2020 - 12:48 WIB
Kredivo, sebagai platform kredit digital kali ini mencatat bahwa penggunaan platform e-commerce-nya mengalami peningkatan nilai rata-rata pembelian merchant hingga 50%. Kolaborasi fintech dan e-commerce ini juga terbukti mampu meningkatkan nilai rata-rata pembelian dan frekuensi transaksi.
Selain itu, frekuensi transaksi pada merchant yang menggunakan Kredivo menjadi empat (4) kali lebih sering dalam setahun dibandingkan user yang menggunakan metode pembayaran lain.
“Kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi dalam berbelanja online mendorong inovasi pembayaran digital. Kemudahan akses serta opsi pembayaran secara berkala yang ditawarkan fintech diharapkan mampu menjaga daya beli masyarakat, sehingga menjadi stimulus pemulihan ekonomi nasional, terlebih di tengah pemberlakuan PSBB di ibukota. Oleh karena itu, kolaborasi inovasi e-commerce dan fintech harus terus ditingkatkan guna membangun ekosistem digital yang semakin solid,” ujar Lily Suriani, selaku General Manager Kredivo Indonesia.
Dengan adanya pergeseran kebiasaan masyarakat dari belanja offline menjadi online, menjadi krusial bagi para pelaku industri untuk menyesuaikan strategi bisnis dengan pola perilaku konsumen. Hal ini dapat membantu mereka dalam meningkatkan nilai transaksi sekaligus membantu laju pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di tengah pandemi.
Salah satu contohnya, seperti yang ditemukan oleh riset Kredivo dan Katadata Insight Center, bahwa pengaruh gender dalam hal loyalitas maupun rata-rata transaksi. Sebanyak 33% konsumen perempuan cenderung bertahan di satu marketplace dibandingkan konsumen pria yang hanya sebesar 15%.
Namun, di sisi lain, perempuan memang lebih sering berbelanja, tetapi pria mengeluarkan uang lebih banyak. Rata-rata transaksi perempuan dalam satu tahun mencapai 26 kali, lebih tinggi dari pria, yaitu sebanyak 14 kali. Namun dalam hal nilai transaksi, pria mengeluarkan uang 83% lebih banyak dalam satu kali transaksi dibandingkan perempuan.
Selain itu, meskipun e-commerce masih didominasi oleh pengguna milenial, pemain bisnis perlu memperhatikan kelompok umur dimana terdapat perbedaan selera antara konsumen tua dan muda. Riset yang sama mencatat bahwa semakin tua, konsumen semakin sering membeli kebutuhan rumah tangga.
Proporsi konsumen di atas 25 tahun dan pendapatan di atas Rp 5 juta yang membeli produk peralatan rumah tangga lebih tinggi dibanding kelompok umur dan pendapatan lainnya.
Terlebih di masa pandemi ini, Kredivo juga mencatat peningkatan frekuensi pembelian di e-commerce pada Semester 1 2020 di kategori home appliances, disamping barang-barang pokok dan barang hobi lainnya.
Kolaborasi antara e-commerce dan fintech lantas semakin penting di tengah masa dimana tren kepercayaan dan kenyamanan konsumen dalam bertransaksi online yang semakin meningkat.
Penggunaan inovasi pembayaran digital oleh merchant, yang memberikan kemudahan akses dan opsi pembayaran berkala diharapkan mampu untuk turut menjaga daya beli masyarakat.
Selanjutnya, untuk terus meningkatkan pertumbuhan transaksi di e-commerce, Kredivo juga memiliki fitur Zero-click Checkout yang memungkinkan checkout mulus tanpa hambatan dan tetap cashless dari rumah.
Selain itu, pembayaran berkala berupa Paylater hingga 12 bulan dan proses registrasi yang mudah dengan e-KYC dalam bertransaksi online, menjadi salah satu stimulus yang tepat untuk turut mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.
“Dengan checkout & pinjaman e-commerce (POS financing) yang instan, Kredivo sudah terbukti membantu merchant menaikkan nilai rata-rata pembelian atau Average Order Value (AOV) serta frekuensi transaksi. Kami juga senantiasa mengedukasi konsumen untuk tetap bijak berbelanja di e-commerce dengan menerapkan bunga rendah disertai prinsip responsible lending,” tutup Lily.
Baca juga, Kredivo gandeng Bukalapak, hadirkan kemudahan pembayaran digital dengan “Zero-click Checkout”
Artikel Terkait
Festival Soto Nusantara online pertama, buat kamu pecinta kuliner!
Kali ini e-commerce Blibli berkolaborasi dengan Gerakan Bangga Nusantara menggelar Festival Soto ..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250
Mudahkan masyarakat maupun UMKM, DANA hadirkan platform delivery
DANA gandeng agregator logistik Shipper menghadirkan platform, DANA Delivery yang merupakan layan..
- by Jihan Nasir
- 4 tahun lalu
- 3,250
Lanjutkan kemitraan dengan Lazada, Samsung Hadirkan Promosi Eksklusif
Samsung telah bermitra dengan Lazada untuk menghadirkan seri ketiga dari acara belanja Super Bran..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 4 tahun lalu
- 3,250
Kampanye Semua Rp1 ShopeePay dukung transaksi Contactless
ShopeePay merupakan fitur layanan e-money yang terintegrasi. Fitur ini memotret antusiasme masyar..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 4 tahun lalu
- 3,250