Youtap umumkan hasil riset rencana bisnis UMKM di masa pandemi
- by Jihan Nasir
- Senin, 30 November 2020 - 19:17 WIB
Di masa pandemi ini menjadi masa yang sulit untuk kita semua terlebih lagi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Dalam hal ini berdasarkan hasil riset yang dilakukan Youtap, hanya 10% UMKM yang sudah memiliki rencana bisnis jangka panjang.
Salah satu hasil dari riset yang dilakukan Youtap adalah identifikasi profil pelaku usaha. Uniknya tiap profil ini memperlihatkan aspirasi yang berbeda-beda akan solusi digital berdasarkan penggunaannya terhadap teknologi.
Dari research yang dilakukan, terdapat 4 profil yang terdiri atas Pejuang Harian (yang menjalankan usaha untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan harian) dengan presentase sebesar 33%, Pengikut Arus (sadar adanya resiko usaha namun membutuhkan informasi untuk mengatasinya) dengan presentase tertinggi sebesar 38%.
Kemudian Pencari Peluang (yang sudah memiliki rencana jangka pendek dan paham adanya resiko dalam memiliki usaha) dengan angka sebesar 20%, dan terakhir adalah kelompok Pemimpi Tangguh (sudah memiliki rencana bisnis dalam hitungan jangka panjang dan memiliki informasi yang cukup untuk mengetahui support yang dibutuhkan) sebesar 10%.
Keempat persona inilah yang menjadi dasar dari Youtap Indonesia dalam mengembangkan inovasi digital terdepan sebagai sebuah platform merchant-centric.
Berdasarkan pada hasil riset yang didapat dan menyesuaikan pada masa pandemi ini, Youtap melakukan inovasi digital yang membantu para pelaku usaha melalui penyediaan opsi pembayaran non tunai dengan menggunakan transaksi TTM (Tanpa Tatap Muka) sehingga pedagang dapat mengirimkan kode QR mereka kepada pembeli melalui aplikasi chatting dan pembeli dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan aman.
Penyediaan opsi pembayaran non tunai pun direspon baik dan mampu diadaptasi oleh para pelaku usaha. Berdasarkan data internal Youtap pada kuartal ke-3 (Juli – September 2020), terjadi peningkatan aktivitas transaksi non tunai UMKM hingga lebih dari 13 kali dibandingkan kuartal kedua (April – Juni 2020).
Selain itu, Youtap juga merespons kebutuhan dari para penggunanya yang memerlukan fleksibilitas lebih dalam menjalankan usahanya. Menggali secara mendalam, Youtap kembali mengerahkan sumber daya research yang dimiliki dan membaca adanya tuntutan bagi para pelaku usaha untuk bisa melakukan bisnisnya dimana pun, yang dijawab dengan adanya Portal Dagang Youtap dan Youtap Print. Adanya kedua inovasi ini semakin menangguhkan posisi Youtap sebagai solusi dagang serba bisa.
“Kedepan fokus kami adalah untuk terus ada secara nasional dan menjadi aplikasi dagang untuk setiap lini usaha yang dapat membantu dan memberdayakan pelaku usaha untuk pencapaian yang terbaik. Kami berharap Youtap bisa terus menjadi jembatan bagi sektor UMKM di Indonesia dalam mengembangkan bisnisnya. Namun yang paling penting, di masa pandemi ini, kita harus terus Adapt, Fight, and Win,” kata CEO Youtap Indonesia, Herman Suharto.
Baca juga, Untuk menunjang pedagang dalam berbisnis, Youtap luncurkan fitur ini
Artikel Terkait
Melalui fitur DANA Bisnis, digitalisasi dunia usaha terus meningkat
Fitur DANA Bisnis saat ini menjadi andalan para pelaku usaha di berbagai skala di Indonesia. Hal ..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Kolaborasi dengan BenihBaik.com dan WRI Indonesia, Grab sediakan Inisiatif Carbon Offsetting
Dalam rangka berkontribusi mengurangi dampak pemanasan global, Grab Indonesia berkolaborasi denga..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Grab sediakan Program Loyalitas untuk Dorong Mitra Agen #TerusUsaha melalui GrabKios Empire
GrabKios Empire yang diluncurkan pada 20 November lalu memberikan keuntungan tambahan dan mendoro..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Hari Ini, Tokopedia Hadirkan START Summit Extension: Women in Tech
Dalam rangka dorong perkembangan talenta perempuan dalam dunia digital di Indonesia, Tokopedia ge..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250