ShopeePay Bagikan Kiat Sukses Lewat Bisnis Franchise
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Kamis, 28 Januari 2021 - 16:22 WIB
ShopeePay bagikan tips sukses bisnis franchise lewat ShopeePay Talk. Dengan tema “Sukses di Tahun 2021 Lewat Bisnis Franchise, ShoopeePay memberikan semangat baru bagi para pegiat bisnis untuk menumbuhkan peluang bisnisnya lebih besar lagi di tahun yang baru melalui berbagai peluang.
Dalam acara ini, ShopeePay mengundang beberapa ahli yang telah suskses membangun bisnis franchise mereka. Mereka adalah CEO & Founder Sour Sally Group Donnya Pramono Ie, CMO PT Otewe Maju Bersama (Bakwan Day) Tjoek Widharyoko serta Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari. Keempatnya berdiskusi bagaimana mengembangkan bisnis melalui franchise dan menjawab kebutuhan pasar dengan kebiasaan baru.
ShopeePay Talk mengajak para pemilik usaha untuk bangkit kembal dengan perencanaan dan strateri yang matang di tahun 2021. Mencoba peluang baru seperti bisnis wiralaba atau franchise perlu dicoba.
Berdasarkan data dari International Franchise Attractiveness dari University of New Hampshire Amerika Serikat yang dikutip Litbang Kompas, dengan jumlah penduduk mencapai 267 juta jiwa, Indonesia mempunyai daya tarik potensi pasar di peringkat kelima dunia dari total 131 negara. Indonesia juga berada di peringkat sepertiga teratas daya tarik waralaba atau franchise yang menjadikan peluang bisnis ini cukup menjanjikan.
“Bisnis franchise merupakan salah satu pilihan yang memiliki peluang cukup besar. Selain dapat membantu ekspansi bisnis, franchise juga dapat membantu untuk menjangkau lebih banyak konsumen dengan waktu yang relatif singkat. Dengan menggabungkan teknologi pembayaran digital dan berbagai program yang dihadirkan ShopeePay, kami percaya dapat terus menjangkau lebih banyak konsumen melalui lebih dari 250 gerai Sour Sally Group yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Donny Pramono Ie, CEO & Founder Sour Sally Group.
Tjoek Widharyoko, CMO PT Otewe Maju Bersama yang menaungi Bakwan Day, Kopi Yor, OTW Food Street, Ropang OTW, Tahu GO menambahkan “Langkah awal dalam memulai bisnis franchise adalah melihat minat, kebiasaan masyarakat dan peluang agar bisnis yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, bahkan menjadi solusi kehidupan sehari-hari. Bisnis yang berada di bawah naungan PT Otewe Maju Bersama berangkat dari kebutuhan konsumen akan makanan dan minuman yang enak, unik dengan harga terjangkau. Terbukti, dalam waktu singkat Bakwan Day sukses mencuri perhatian dan menjadi favorit konsumen. Melalui franchise, kini Bakwan Day sudah tersedia di 75 gerai dan akan terus berkembang.”
Melalui sesi bincang ShopeePay Talk: Sukses di Tahun 2021 Lewat Bisnis Franchise, terdapat tiga poin yang perlu diketahui pegiat usaha:
- Bisnis franchise memperluas jangkauan brand agar dekat dengan pelanggan Untuk dapat terus berkembang dan memperluas jangkauan bisnis, pemilik usaha harus terus melakukan inovasi pada produk dan layanan yang sesuai dengan trend yang ada dan kebutuhan konsumen. Melalui bisnis franchise, pemilik usaha dapat membangun jaringan bisnis dengan waktu yang relatif singkat namun dengan modal, risiko dan investasi SDM yang minim.
- Perhatikan beberapa aspek penting untuk masuk ke ranah franchise: modal, risiko, SDM, dan teknologi pendukung
Menekuni bisnis franchise perlu memperhatikan beberapa aspek, yaitu mempersiapkan modal yang merupakan penggerak utama, meminimalisir risiko yang mungkin terjadi, memilih SDM yang sesuai kriteria, serta memanfaatkan teknologi seperti pembayaran digital yang cashless dan contactless.
- Bangun sistem pengelolaan franchise yang sederhana dan konsisten Sistem franchise dibutuhkan untuk memiliki standar kualitas produk dan layanan yang sama di setiap gerai walaupun dikelola oleh franchisee yang berbeda. Dengan begitu, bisnis franchise akan lebih mudah dipahami dan dijalankan oleh para franchisee.
ShopeePay Talk akan terus dihadirkan setiap bulan dengan tema-tema menarik untuk berdiskusi dan berbagi informasi dari perspektif bisnis secara ringan, trendy dan insightful.
“ShopeePay senantiasa berkomitmen untuk membantu dan berkembang bersama para mitra usaha. Kali ini, ShopeePay Talk hadir kembali untuk membantu para pegiat usaha, yang sudah berjuang selama pandemi, untuk menyusun strategi dan memanfaatkan peluang bisnis franchise untuk tumbuh lebih besar di tahun 2021. Selain itu, dengan mengadopsi pembayaran digital ShopeePay di setiap gerai franchise, kami bisa mendorong traffic secara online dan offline dengan merata ke seluruh gerai yang berada di lokasi terjauh sekalipun. Kami percaya, jangkauan pembayaran digital ShopeePay yang luas dapat mengimbangi area jangkauan bisnis franchise,” Ujar Eka Nilam dari, selaku Strategic Merchant Acquisition ShopeePay.
Baca juga, Kolaborasi Dengan Live.On, ShopeePay Hadirkan Kanal Pembayaran Digital
Artikel Terkait
Bayar asuransi gadget di GoSure, sekarang bisa pakai GoPay
GoSure yang dihadirkan GoPay kini kembali meluncurkan produk asuransi inovatif untuk gadget lainn..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Grab #TerusUsaha Kembali Latih dan Dampingi Ratusan UMKM
Grab kembali membuka pendaftaran untuk program pelatihan dan pendampingan ‘#TerusUsaha Akse..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Kredivo prediksi paylater bakal naik daun di 2021
Saat ini Paylater di Indonesia kian menjadi primadona di tengah masyarakat. Pasalnya berdasarkan ..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
ShopeePay Mantul Sale ajak Masyarakat Indonesia jadi Smart Spender di 2021
Masih dalam semangat tahun baru, ShopeePay mendorong masyarakat Indonesia agar selangkah lebih ma..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250