Grab Indonesia Lanjutkan Kolaborasi dengan Kemenparekraf dalam Akselerasi Pemulihan Ekonomi

Grab Indonesia Lanjutkan Kolaborasi dengan Kemenparekraf dalam Akselerasi Pemulihan Ekonomi
E-Commerce

Grab Indonesia Lanjutkan Kolaborasi dengan Kemenparekraf dalam Akselerasi Pemulihan Ekonomi

Grab Indonesia Lanjutkan Kolaborasi dengan Kemenparekraf dalam Akselerasi Pemulihan Ekonomi

Grab Indonesia Lanjutkan Kolaborasi dengan Kemenparekraf dalam Akselerasi Pemulihan Ekonomi # Sumber : gadgetDiva

Grab Indonesia lakukan kolaborasi dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam wujudkan pemulihan ekonomi melalui pariwisata. Keduanya telah menandatangani Perjanjian KErja Sama Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata dan Ekraf untuk memperkuat kolaborasi.

Kolaborasi ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman yang ditandatangi pada Mei 2020 mengenai dukungan pemulihan sektor wisata dan UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf). Melalui kolaborasi ini, Grab Indoensia siap untuk terus mendukung industri pariwisata khususnya di lima destinasi wisata super prioritas.

ALODOKTER Berkolaborasi dengan ShopeePay untuk Tekan Penyebaran COVID-19

Lima destinasi wisata super prioritas itu terdiri atas Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo. Dukungan tersebut tentunya berbentuk inovasi teknologi dan pelatihan sumber daya.

Keja sama ini diharapkan mampu mendorong industri pariwisata yang mengutamakan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability atau Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian Lingkungan).

Pasca pertemuan daring yang dilakukan oleh kedua belah pihak, Grab dan Menperekraf membahas berbagai potensi kolaborasi yang difokuskan pada lima desinasi super prioritas, Salahuddin Uno angkat bicara. 

Sandiaga mengatakan, “Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa satu tahun ini  akan cukup berat. Jadi, kita fokus pada penyiapan lima destinasi super prioritas. Penyiapan ini  bukan hanya infrastrukturnya atau transportasinya saja, tetapi juga pengalaman yang akan kita  siapkan untuk para wisatawan, Khususnya di lima destinasi super prioritas, kami telah  mempersiapkan program-program dan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk  mensosialisasikan protokol CHSE. Kami percaya bahwa dukungan berkelanjutan dari Grab  Indonesia dapat mengakselerasi program ini dan mendukung program Pemulihan Ekonomi  Nasional.”

Kolaborasi jangka panjangan ini akan meliputi beberapa kegiatan, seperti:

  • Dukungan Sosialisasi CHSE: Grab dan Kemenparekraf akan berkolaborasi untuk  melakukan sosialisasi sertifikasi mengenai CHSE kepada para mitra merchant GrabFood  melalui aplikasi Grab Merchant. Sebagai tahap awal, lebih dari 450 mitra merchant Grab di  Jabodetabek telah tersertifikasi dan merchant Grab lainnya di Indonesia akan segera  menyusul. Sertifikat ini sangat penting untuk kembali meningkatkan kepercayaan  konsumen dan mendorong kunjungan wisata Indonesia yang terdampak akibat pandemi  Covid-19. Seluruh biaya untuk sertifikasi protokol kesehatan tersebut akan ditanggung  sepenuhnya oleh Pemerintah. 
  • Melatih Mitra pengemudi GrabCar dan GrabBika Protect Rental: Bersama dengan  Kemenparekraf, Grab akan melatih mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike Protect Rental  yang ada di seluruh Indonesia, sehingga memiliki kemampuan dasar sebagai pemandu  wisata. GrabProtect sendiri adalah layanan transportasi Grab baik roda empat maupun roda  dua yang dilengkapi dengan fitur keamanan, peralatan kebersihan, serta aturan keamanan  terbaru yang menjadi standar terbaik dalam industri ride-hailing. Pada awal tahun 2020,  Grab telah melatih 100 mitra GrabBike di Yogyakarta untuk dapat memberikan pelayanan  sebagai pemandu wisata, baik dari segi komunikasi maupun pengetahuan. Program ini  akan diperluas ke seluruh Indonesia secara bertahap. 
  • Menghadirkan informasi paket promo liburan yang aman dan terjangkau. Bekerja sama  dengan berbagai mitra di bidang pariwisata seperti Agoda, Booking.com, dan Klook untuk  menghadirkan informasi paket wisata bagi wisatawan. Mereka dapat menemukan  penawaran terbaik dan kemudahan dalam mencari aktivitas di destinasi wisata Indonesia.  Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat mendukung pelaku usaha pariwisata lewat aktivitas menarik yang dapat ditemukan di aplikasi Grab.  
  • Dukungan terhadap lima destinasi super prioritas. Pada tahun 2019, Grab telah  meresmikan operasional Grab Toba dengan menghadirkan berbagai paket wisata menarik  di sekitar Danau Toba. Grab Indonesia akan terus melanjutkan kerja sama strategis dengan  Kemenparekraf dan pemerintah lokal untuk dapat menghadirkan berbagai paket wisata  khususnya di lima destinasi super prioritas yang tidak hanya mencakup mobilitas atau  transportasi, tapi juga pesan-antar makanan, pemesanan hotel, tiket atraksi wisata, hingga  layanan telemedicine untuk konsultasi kesehatan. 

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengatakan bahwa Grab merasa senang  dapat berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk mendukung industri pariwisata tanah air melalui  inisiatif-inisiatif berkelanjutan, “Dengan misi GrabForGood, kami senantiasa menciptakan inovasi  dan solusi yang dapat memberi dampak positif bagi semua orang. Lewat pemberdayaan para  pelaku usaha pariwisata seperti mitra pengemudi hingga digitalisasi UMKM pariwisata, Grab  Indonesia akan terus hadir untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia dengan berpedoman  pada protokol kesehatan berbasis CHSE. Kami sangat senang dapat menjadi mitra Kemenparekraf  dan bersama-sama, kita bangkit dan terus usaha,” jelas Ridzki

Sebelumnya, di awal tahun 2020, Grab Indonesia telah berkolaborasi dengan Kemenparekraf  untuk memetakan program-program dalam membantu pemulihan sektor pariwisata dan UMKM  Ekonomi Kreatif pasca pandemi. Khususnya dalam mendukung gerakan #BeliKreatifLokal yang  merupakan bagian dari kampanye #BanggaBuatanIndonesia dari Pemerintah Indonesia, Grab  telah melakukan berbagai inisiatif antara lain melalui penyediaan layanan layanan armada roda  empat khusus yang menyediakan transportasi bagi tenaga kesehatan yang melayani antara Rumah  Sakit Angkatan Laut Mintoharjo (RSAL Mintoharjo) dan Hotel Le Meridien, transportasi online  GrabCar Airport, GrabCar dan GrabBike serta layanan pesan antar-makanan oleh GrabFood, dan  layanan lainnya yang dapat mendukung pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di  Indonesia. Dengan kerja sama ini, Grab berupaya untuk dapat mendorong pemulihan pariwisata  dan ekonomi kreatif di tanah air melalui aplikasi Grab yang dapat diakses oleh jutaan pengguna di  Asia Tenggara. 

Baca juga, Grab #TERUSAHA kembali Latih dan Dampingi Ratusan UMKM


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Salurkan wakaf secara digital melalui layanan Syariah LinkAja
E-Commerce

Salurkan wakaf secara digital melalui layanan Syariah LinkAja

Layanan Syariah LinkAja dukung transformasi pelaksanaan wakaf modern secara digital melalui fitu..

ALODOKTER Berkolaborasi dengan ShopeePay untuk Tekan Penyebaran COVID-19
E-Commerce

ALODOKTER Berkolaborasi dengan ShopeePay untuk Tekan Penyebaran COVID-19

ALODOKTER berkolaborasi dengan ShopeePay dalam menekan penyebaran COVID-19 melalui insiatif akses..

Tokopedia Nyam: Tren penjualan makanan dan minuman selama pandemi
E-Commerce

Tokopedia Nyam: Tren penjualan makanan dan minuman selama pandemi

Lewat kampanye Tokopedia Nyam, Tokopedia menggencarkan kolaborasi dengan pegiat usaha lokal maka..

ShopeePay Bagikan Kiat Sukses Lewat Bisnis Franchise
E-Commerce

ShopeePay Bagikan Kiat Sukses Lewat Bisnis Franchise

ShopeePay bagikan tips sukses bisnis franchise lewat ShopeePay Talk. Dengan tema “Sukses di..


;