Sempurnakan Pengalaman Pengantaran Social Sellers dan UMKM, GrabExpress Luncurkan Fitur Baru
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Sabtu, 6 Februari 2021 - 08:00 WIB
GrabExpress telah memperbaharui user interface (UI) atau tampilan muka dan menghadirkan serangkaian fitur baru untuk menyempurnakan pengalaman penggunanya yang banyak terdiri dari Social Seller dan UMKM.
Fitur-fitur baru ini mencakup Fomulir Pengiriman Baru, ‘Pesan Lagi’, ‘Periksa Harga Termurah’ dan fitur yang dapat melacak status semua paket dalam satu tampilan. Tampilan baru juga memungkinkan pengirim untuk dapat melihat harga untuk semua layanan yang tersedia, setelah mereka memasukkan alamat pengiriman.
Melalui fitur Formulir Pengiriman, social seller dapat membuat tautan yang dapat mereka kirim ke pelanggan untuk memasukkan alamat pengiriman mereka. Fitur ini membantu mengurangi kemungkinan pengiriman paket ke alamat yang salah.
GrabExpress juga telah membuat fitur baru yang memungkinkan pengirim untuk melacak status paket dalam satu tampilan sekaligus. Pengguna social seller yang sering menggunakan fitur Kirim ke banyak tujuan dapat melacak dan memantau semua paket yang dikirm tanpa perlu khawatir paket hilang atau tersesat.
Untuk memudahkan pengguna yang sering melakukan pengiriman ke alamat yang sama, fitur Pesan Lagi yang baru memungkinkan pengguna untuk menyimpan alamat penerima di aplikasi Grab Express.
Selain itu, dengan Cek Harga Termurah akan menunjukkan kepada pengguna rute pengiriman tercepat dengan harga termurah setelah mereka memasukkan beberapa alamat.
Tyas Apsari W., selaku Director of 2W & Logistics, Grab Indonesia menyampaikan, “Tahun 2020 telah membuat banyak bisnis terutama UMKM harus beradaptasi dengan gaya operasional baru. Disini kami melihat bahwa layanan pengantaran menjadi salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari, dan kami tahu bahwa banyak UMKM dan social seller mencari opsi yang tepat, efisien, dan terjangkau untuk memperluas jangkauan pengiriman mereka. Oleh karena itu, kami terus mengembangkan diri untuk memberikan pelayanan VIP (Very Important Paket) bagi setiap pengantaran. Melalui pembaruan tampilan GrabExpress serta serangkaian fitur baru yang melengkapi fitur GrabExpress yang sudah ada, kami berharap dapat menyempurnakan pengalaman pengantaran bagi pengguna Social Seller dan UMKM.”
Dengan adanya perubahan kebiasaan atau pola kehidupan baru ini, Grab menemukan perubahan titik pengantaran terbanyak yang cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Area Perumahan, Fasilitas Kesehatan, dan Bank telah menjadi top three titik pengantaran terbanyak dimana pada tahun 2019 titik pengantaran terbanyak berada di Area Perumahan dan Perkantoran. Selain itu, Grab telah menemukan tiga barang yang paling sering dikirim oleh pengguna GrabExpress, seperti Makanan, Pakaian, dan Dokumen.
Melihat adanya peningkatan kebutuhan dalam pengantaran barang. Grab telah memperkuat layanan GrabExpress pada tahun 2020 dengan berbagai inovasi tambahan seperti:
- GrabAssistant, layanan concierge on-demand milik Grab dimana pelanggan dapat meminta bantuan mitra pengantaran untuk menangani kebutuhan mendesak seperti membeli sayuran dari pasar basah atau toko yang tidak tersedia sebagai merchant Grab
- Proof of Delivery yang berfungsi sebagai tanda bukti penerimaan paket sehingga pengirim dan penerima dapat melihat detail nama yang jelas dan jaminan barang terkirim
- Pengiriman Luar Kota, Layanan pengiriman dari Jabodetabek ke seluruh Indonesia. ● Pengiriman Mitra Toko, Grab juga telah bekerja sama untuk menjadikan GrabExpress sebagai layanan pengiriman dalam pembelian barangnya dengan beberapa mitra toko, seperti Toys Kingdom, MAP Group, HERO, Giant, PD Pasar Jaya, Family Mart, Hypermart.
“Inovasi ini merupakan bagian dari komitmen berkepanjangan Grab For Good, dimana kami akan terus berupaya untuk melakukan inovasi yang dapat menciptakan dampak sosial positif baik bagi pengguna, merchant, mitra bisnis maupun mitra pengemudi dan pengantaran. Dengan adanya pembaruan fitur ini, kami berharap dapat menjangkau lebih banyak pengguna serta mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” tambah Tyas.
Selain mengembangkan fitur-fitur di aplikasinya, GrabExpress telah membangun sebuah komunitas bernama Klub Juragan GrabExpress yang menjadi wadah bagi para pelaku UMKM digital atau social sellers untuk mendapatkan beragam keuntungan termasuk sarana belajar, bantuan pemasaran, serta beragam promo diskon dan paket diskon menarik tanpa dipungut biaya melalui platform WhatsApp. Komunitas ini merupakan salah satu upaya Grab untuk mendukung digitalisasi UMKM Indonesia yang berjuang untuk #TerusUsaha dan maju secara ekonomi selama Pandemi Covid-19. Dari awal dibangun pada bulan September 2020 hingga saat ini, Klub Juragan GrabExpress telah menaungi lebih dari 8.000 social sellers.
Elsa Monica, pemilik usaha Classy Paper Flower mengatakan, “Klub Juragan GrabExpress (KJGE) telah membantu saya untuk tetap update mengenai perkembangan di layanan GrabExpress dengan adanya admin yang informatif dan Webinar dari social seller yang memberi saya inspirasi dan pandangan baru terkait strategi penjualan dan promosi terutama di masa pandemi ini. Saat ini, level membership saya sudah Konglomerat, dimana saya menerima keuntungan seperti voucher dan promo pengiriman. Dengan level membership ini, saya merasa termotivasi untuk lebih produktif lagi agar semakin produktif guna meraih lebih banyak keuntungan dan menjadi manfaat bagi mitra pengantran GrabExpress”.
Baca juga,
Artikel Terkait
Hadirkan Pembayaran Elektronik, ASDP Gandeng ShopeePay
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berkolaborasi dengan ShopeePay untuk memperluas pembayaran digi..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
DANA ajak pengguna lindungi keamanan bertransaksi digital dan data pribadi
Memahami pentingnya faktor proteksi keamanan, DANA prioritaskan keamanan serta perlindungan trans..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Gojek Luncurkan Layanan Baru dalam Fitur GoGreener Carbon Offset pada Aplikasi
Mudahkan pengguna dalam jalani gaya hidup peduli lingkungan, hari ini (4/2) Gojek menambah layana..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Tokopedia catat transaksi ‘Biaya Pendidikan’ meningkat 4x lipat
Tokopedia hadirkan Layanan Pendidikan yang termasuk fitur Biaya Pendidikan. Fitur ini sudah dilun..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250