E-Commerce

Studi dari Lazada nyatakan Logistik Jadi Tantangan Terbesar UMKM Indonesia

post-img

Source : gadgetDiva

Studi dari Lazada yang berjudul “Percepatan ekonomi Digital Indonesia melalui e-Commerce” menyatakan bahwa ternyata 87% UMKM di Indonesia belum terdigitalisasi. Lebih dari separuh (65%) UMKM kategori ini merasa logistik menjadi salah satu tantangan terbesar dalam pengembangan usaha mereka.

Sementara itu, 92% dari UMKM yang telah terdigitalisasi dan menggunakan platform e-commerce sepakat bahwa layanan daring sangat membantu kebutuhan logistik mereka.

ShopeePay Gandeng Kitabisa.com untuk Berbagi Melalui Gerobak Usaha

Studi Lazada yang belum lama diluncurkan ini menunjukkan bahwa ragam fakta seputar industri e-Commerce serta perkembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia.

Studi dilaksanakan dengan dukungan dari YCP Solidiance, konsultan manajemen ternama di Asia dan bertujuan untuk jalankan misi dukung pemerintah indonesia memberdayakan bisnis dan individu dalam menjalankan transformasi digital dan bertumbuh dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia.

Situasi luar biasa saat ini jelas mendorong perubahan perilaku konsumen dan meningkatkan transaksi penjualan berbasis digital. Menurut laporan e-Conomy SEA 2020 dari Google, Temasek, Bain & Company 2020, dimana nilai ekonomi digital di Indonesia di tahun 2020 lalu mencapai USD44 miliar, eCommerce memegang peranan penting dalam percepatan terbentuknya perekonomian digital.

Nilai tersebut diperkirakan bisa mencapai USD124 milar di tahun 2025. Laporan yang sama menunjukkan adanya enam faktor pendorong utama pertumbuhan ekonomi digital terpadu, dan logistik merupakan salah satu penyokong terpenting untuk merealisasikan angka tersebut. 

“Misi Lazada adalah untuk mempercepat kemajuan ekonomi di Asia Tenggara melalui commerce dan teknologi. Hasil studi ini membantu kami memahami dukungan apa yang dapat kami lakukan untuk mendorong bisnis, khususnya UMKM, bertransformasi menuju penerapan ekonomi digital melalui dukungan teknologi canggih seperti solusi logistik yang holistik, pemberdayaan data, serta ekosistem eCommerce yang kami miliki,”  Monika Rudijono, selaku Chief Marketing Officier Lazada Indonesia ikut angkat bicara. 

Dalam Studi Lazada yang dilakukan pada kuartal keempat tahun 2020 lalu, perusahaan dan UMKM yang sudah terdijitalisasi merajuk pada perusahaan dan UMKM yang setidaknya sudah menggunakan platform e-Commerce sebagai salah satu strategi bisnisnya. Studi tersebut juga menunjukkan digitalisasi melalui e-Commerce mendukung inklusi digital UMKM melalui penyediaan akses ke berbagai fitur digital.

Saat ini, kemudahan akses digital pada e-Commerce ini baru dinikmati 13% UMKM di Indonesia. Selain merasakan sistem logistik yang efektif, 94% dari UMKM yang telah terdigitalisasi juga merasakan manfaat program marketing dari e-Commerce.

Kemudahan bisnis melalui eCommerce juga dirasakan dari sisi teknologi, inovasi produk, akses pendanaan, infrastruktur dan kapabilitas SDM, hingga manajemen pelanggan dan akses pasar. 

Baca juga, ShopeePay Gandeng Kitabisa.com untuk Berbagi Melalui Gerobak Usaha 


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

tiket.com: Jelajah Imlek Hoki di berbagai kota di Indonesia
E-Commerce

tiket.com: Jelajah Imlek Hoki di berbagai kota di Indonesia

Jika paradiva berniat merayakan hari raya Imlek di kota tertentu, kali ini tiket.com merekomendas..

ShopeePay Gandeng Kitabisa.com untuk Berbagi Melalui Gerobak Usaha
E-Commerce

ShopeePay Gandeng Kitabisa.com untuk Berbagi Melalui Gerobak Usaha

ShopeePay berkolaborasi dengan Kitabisa.com dalam kegiatan inisiatif pemberian Gerobak Usaha kepa..

UniPin Gandeng Grab Indonesia dalam Permudah Gamers Beli Voucher Games
E-Commerce

UniPin Gandeng Grab Indonesia dalam Permudah Gamers Beli Voucher Games

UniPin yang merupakan sebuah topup platform unutk online gamers melakukan kolaborasi dengan Grab..

Sambut perayaan Imlek, DANA hadirkan program XiapCuan
E-Commerce

Sambut perayaan Imlek, DANA hadirkan program XiapCuan

Menyambut perayaan Imlek, Dana hadirkan program menarik, yaitu XiapCuan dengan berbagi angpao dig..


;