7 dari 10 Penjual Tokopedia Alami Kenaikan Volume Penjualan
- by Jihan Nasir
- Rabu, 24 Maret 2021 - 19:07 WIB
Menurut Riset Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) pada 2020 mencatat 7 dari 10 pelaku usaha di Tokopedia mengalami kenaikan volume penjualan dengan median sebesar 133%.
Riset yang berjudul “Bertahan, Bangkit dan Tumbuhnya UMKM di Teng ah Pandemi melalui Adopsi Digital” itu membuktikan bahwa kolaborasi antara Tokopedia dan masyarakat telah memberikan dampak besar untuk perekonomian Indonesia saat pandemi.
Riset tersebut mengungkapkan tiga provinsi dengan peningkatan penjualan pelaku usaha tertinggi di Tokopedia, yaitu NTB (144,6%), Sulawesi Tengah (73,4%) dan Sulawesi Selatan (73,3%).
Sementara tiga provinsi dengan peningkatan jumlah pelaku usaha tertinggi di Tokopedia selama pandemi adalah Bali (66,2%), Yogyakarta (42,2%) dan DKI Jakarta (28,3%).
Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni mengungkapkan, “Pandemi telah mempercepat transformasi digital di berbagai sektor. Digitalisasi dan teknologi bukan lagi sekadar nilai tambah, tetapi telah berkembang pesat menjadi sebuah kebutuhan untuk menjawab tantangan pandemi.”
“Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian hingga menciptakan peluang lewat pemanfaatan teknologi khususnya di tengah pandemi,” tambah Astri.
Kepala LPEM FEB UI, Riatu Mariatul Qibthiyyah menjelaskan, “Sebesar 68,6% penjual yang
bergabung dengan Tokopedia pada saat pandemi merupakan pencari nafkah tunggal di keluarga.”
76,4% penjual mengatakan kemudahan mengelola bisnis menjadi alasan utama bergabung dengan Tokopedia. Saat pandemi pula, terdapat 90% penjual berskala mikro di Tokopedia. Astri di sisi lain menuturkan, “Dari data internal Tokopedia, terdapat peningkatan jumlah penjual dari 7,2 juta sebelum pandemi Januari 2020 lalu menjadi lebih dari 10 juta penjual saat ini.”
Contoh pegiat usaha yang mengalami peningkatan penjualan saat pandemi adalah Bali Alus. “Sejak pandemi, 80% penjualan kami berasal dari Tokopedia. Kenaikan penjualan selama pandemi mencapai hampir 3x lipat dibanding periode sebelum pandemi,” kata Pemilik Bali Alus, Ni Kadek Eka Citrawati.
Anyway, pada masa pandemi ini tidak menutup kemungkinan bahwa pola konsumsi masyarakat berubah. Belanja online semakin menjadi alternatif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sekaligus mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai.
“Rata-rata pengeluaran bulanan konsumen sebelum dan saat pandemi di Tokopedia meningkat 71%,” jelas Riatu. Riset LPEM FEB UI mengungkap juga bahwa transaksi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan, hobi dan tagihan meningkat saat pandemi.
“Platform belanja online Tokopedia semakin diandalkan berbagai kalangan. Konsumen baru dari kalangan ibu rumah tangga, pelajar, mitra aplikasi online, wirausaha tanpa karyawan dan pekerja lepas meningkat di masa pandemi,” imbuh Riatu.
Astri pun menambahkan, “Di Tokopedia sendiri, terdapat pertumbuhan jumlah pengguna aktif bulanan dari yang semula lebih dari 90 juta sebelum pandemi (Januari 2020) menjadi lebih dari 100 juta saat ini.”
Riset LPEM FEB UI di sisi lain menemukan bahwa e-wallet terverifikasi dan mobile/internet banking adalah dua produk keuangan yang paling banyak didaftarkan saat pandemi. Selain itu, transaksi melalui virtual account dan e-wallet juga banyak dipilih selama pandemi.
Selanjutnya, Tokopedia berharap akan semakin banyak pihak yang lebih gencar berkolaborasi dalam membantu pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM, terus berkontribusi memulihkan ekonomi.
Mengingat UMKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap PDB Indonesia. Ke depannya, Tokopedia akan terus mengedepankan lima pilar utama dalam mendorong perkembangan bisnis, yaitu (1) memperkuat fondasi, (2) fokus pada kebutuhan konsumen, (3) memperluas pemanfaatan data, (4) penggunaan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan (5) menjalankan kerangka kerja yang optimal secara finansial.
“Indonesia, termasuk lebih dari 17 ribu pulau di dalamnya, akan terus menjadi fokus utama dari Tokopedia. Oleh karena itu, Tokopedia berkomitmen untuk menjadi lebih relevan untuk Indonesia.” tutup Astri.
Baca juga, Jelang Ramadan, Tokopedia hadirkan kampanye Bedug (Bersama Dapat Untung)
Artikel Terkait
Jelang Ramadan, Tokopedia hadirkan kampanye Bedug (Bersama Dapat Untung)
Tokopedia hadirkan kampanye Bedug (Bersama Dapat Untung) Mitra Tokopedia untuk mendorong pegiat u..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Dukung UMKM, Shopee Hadirkan Pelatihan Program Ekspor
Dalam rangka mendorong keberlangsungan UMKM di Indonesia, khususnya bernaung dalam program Kampus..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
ShopeePay Mantul Sale Kembali Hadirkan Rangkaian Promo Menarik
Dukung gaya hidup modern masyarakat Indonesia, ShopeePay Mantul Sale kembali hadir dengan serangk..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
AwanTunai gandeng SayurBox majukan industri pertanian
Untuk memajukan industri pertanian dengan mengembangkan UMKM petani, AwanTunai menjalin kerja sam..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250