Gojek Gandeng Tokopedia, Bikin GoTo
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Senin, 17 Mei 2021 - 14:56 WIB
Hari ini (17/4), Gojek dan Tokopedia resmi mengumumkan pembentukan Grup GoTo. Grup tersebut dicanangkan untuk menjadi grup teknologi terbesar di Indonesia, sekaligus menjadi ekosistem andalan masyarakat dengan menyediakan berbagai solusi untuk menjalani keseharian.
Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Andre Soelistyo yang telah diangkat sebagai CEO dari GoTo. Dikutip dari siaran pers, Andre menyatakan, “Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah dengan dibentuknya Grup GoTo serta menandai fase pertumbuhan selanjutnya bagi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial. Mitra driver Gojek akan memiliki peluang pendapatan yang lebih besar antara lain dengan mengirimkan lebih banyak pesanan dari pengguna Tokopedia, sementara penjual dan mitra merchant dari berbagai skala bisnis akan mendapatkan berbagai manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan usahanya. Hadirnya Grup GoTo juga akan memungkinkan kami untuk semakin mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan Asia Tenggara.”
Pembentukan Grup GoTo ini merupakan kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet dan layanan media di Asia hingga saat ini.
GoTo merupakan bentuk dari kekuatan antara Gojek dan Tokopedia. Kedua perusahaan yang merupakan perusahaan teknologi terdepan di Indonesia dengan menciptakan ekosistem unik dan saling melengkapi secara global.
Dengan mengombinasikan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan, Grup GoTo akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia dan melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga.
Tak hanya itu, kolaborasi dua pihak ini juga akan menggabungkan layanan e-commerce, pengiriman barang dan makanan, transportasi serta keuangan. GoTo juga akan menciptakan platform konsumen digital terbesar di Indonesia, melayani sebagian besar kebutuhan konsumsi rumah tangga.
Jaringan mitra usaha serta mitra driver dalam Grup GoTo yang saling melengkapi akan menghadirkan pilihan barang dan jasa yang tak tertandingi, serta didukung oleh layanan pembayaran digital dan keuangan yang akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat sekaligus meningkatkan inklusi keuangan secara signifikan.
GoTo sendiri akan menggarap potensi besar pertumbuhan Indoensia – terbesar di Asia Tenggara – yang memiliki segmen kelas menengah yang terus bertumbuh pesat serta populasi muda yang sangat tanggap teknologi. Mengingat, Indonesia sendiri memiliki PDB lebih dari USD 1 Trilun dan menjadi negara dengan populasi terbesar ke-empat di dunia.
Lebih lanjut, Grup GoTo akan mengembangkan bisnisnya di pasar non-Indonesia yang tumbuh pesat dimana Gojek beroperasi. Hadirnya grup ini juga memberikan layanan pengiriman cepat dengan jangkauan luas untuk berbagai layanan digital dan akan menjadikan pengiriman di hari yang sama untuk layanan e-commerce (same-day-ecommerce delivery) menjadi sebuah standar praktik sehari-hari di Indonesia.
GoTo juga akan semakin meningkatkan layanan pembayaran dan keuangannya untuk dapat menjangkau sekitar 140 juta masyarakat yang memiliki keterbatasan dalam mengakses sitem keuangan di Indonesia.
“Bagi konsumen, Grup GoTo akan hadir semakin dekat untuk memberikan lebih banyak solusi dan kemudahan dalam keseharian mereka. Ini adalah langkah selanjutnya dari perjalanan yang luar biasa Gojek dan Tokopedia, dan saya berterima kasih telah diberikan kepercayaan untuk memimpin Grup GoTo,” tambah Andre.
Gojek dan Tokopedia didirikan lebih dari satu dekade yang lalu. Kedua perusahaan ini telah membuka manfaat eknolomi digital bagi jutaan masyarakat di Indonesia dan Asia Tenggara – termasuk konsumen, mitra driver dan penjual (merchant) di semua skala bisnis.
Kedua perusahaan ini memang telah bekerja sama sejak 2015 lalu untuk mempercepat layanan pengiriman e-commerce menggunakan jaringan mitra driver Gojek.
Co-founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, turut menyampaikan kesan. Ia menyatakan, “Berdirinya Grup GoTo membuktikan bahwa bangsa Indonesia dapat bermimpi dan mewujudkannya. Misi kami sejak awal adalah untuk selalu menciptakan dampak sosial dalam skala besar, termasuk memberikan kesempatan yang setara bagi pegiat UMKM lokal mengembangkan bisnisnya, dan di saat yang sama, memberi pengguna akses yang sama kepada barang dan jasa di seluruh penjuru negeri. Selain mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, Grup GoTo akan memberikan kemudahan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk memperoleh akses terhadap produk dan layanan berkualitas, kapan pun dan di mana pun. Perjalanan untuk mencapai tujuan kami masih panjang, tetapi hari ini adalah tentang dimulainya langkah bersama.”
Kedepannya kedua perusahaan ini akan tetap beroperasi sebagai entitas yang berdiri sendiri, di dalam ekosistem Grup GoTo. Sementara itu, GoTo sendiri memiliki daftar investor blue-chip termasuk Alibaba Group, Astra International, BlackRock, Capital Group, DST, Facebook, Google, JD.com, KKR, Northstar, Pacific Century Group, PayPal, Provident, Sequoia Capital, SoftBank Vision Fund 1, Telkomsel, Temasek, Tencent, Visa dan Warburg Pincus.
“Ini adalah kombinasi dari dua perusahaan yang memiliki prinsip, pemikiran dan etos kerja yang sama. Melahirkan kesepakatan dengan ukuran dan skala bisnis seperti Gojek dan Tokopedia dalam waktu yang relatif singkat dan lancar, hanya dapat tercapai karena kami sama-sama memiliki tujuan yang sama, yaitu selalu memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen didukung oleh jaringan mobilitas tercepat dan terbesar dari para mitra driver dan merchants kami. Grup GoTo berada dalam posisi kuat untuk memenuhi lebih banyak lagi kebutuhan sehari-hari konsumen,” tutup Kevin Aluwi, selaku CEO dan Co-founder Gojek.
Baca juga, Gojek Targetkan Three Zeros di Tahun 2030
Artikel Terkait
Transaksi Meningkat Jelang Lebaran, ShopeePay Berikan Cashback Hingga 90% di Codashop dan Google Play Store
Kali ini, ShopeePay melakukan riset mengenai kebutuhan akan produk dan layanan hiburan yang dipre..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Transaksi Zakat Maal di Tokopedia Meningkat Hampir 3x Lipat Selama Ramadhan 2021
Selama bulan Ramadhan 2021, Tokopedia membagikan hasil nilai dari transaksi Zakat Maal pada platf..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Intip 4 Hal Ini yang Diidamkan Seller di Online Marketplace
NeuroSensum melakukan studi kualitatif mengenai kecenderungan konsumen dalam memanfaatkan online ..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
ZALORA ungkap Persiapan Lebaran Ala 5 Seleb Cewek Ini!
Memasuki penghujung Ramadan, ZALORA ungkap tips persiapan lebaran yang dilakukan oleh 5 seleb dan..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250