Begini 5 Tips Jualan Online Untung Berkali-kali Lipat!
- by Jihan Nasir
- Jumat, 11 Juni 2021 - 07:01 WIB
Dengan memanfaatkan TokoCabang, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment service) dari Tokopedia, dua pebisnis lokal, Maxim (alat masak) dan Kintakun (sprei dan bedcover) membagikan tips meraih untung berkali-kali lipat dalam berjualan online.
Head of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra mengungkapkan, “Kehadiran TokoCabang di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan dan Palembang, diharapkan dapat menjawab tantangan logistik antar pulau dan membantu pelaku usaha memaksimalkan keuntungan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh penjuru.”
Hadirkan Inovasi yang Relevan
Sama-sama berawal dari kanal offline, Maxim dan Kintakun akhirnya berinovasi memanfaatkan kanal digital dalam berbisnis.
“Ini adalah upaya kami untuk terus relevan dengan tren dan kebutuhan masyarakat, ” kata General Manager Maxim, Dwiarta Alim.
“Platform digital seperti Tokopedia membantu kami meningkatkan kepuasan pelanggan lewat berbagai fitur maupun layanan, salah satunya TokoCabang. Sejak menggunakan TokoCabang pada Mei 2020, pesanan naik hingga 2x lipat,” tambah Dwiarta.
Chief Operating Officer Kintakun, Vincent Saputera, juga mengungkapkan, “TokoCabang bisa mendorong kenaikan pesanan di toko kami lebih dari 3x lipat. Kami juga terus melakukan inovasi produk untuk mempertahankan pelanggan dan menarik calon pembeli baru.”
Maksimalkan Potensi Sekitar
Vincent menjelaskan bahwa bisnisnya berangkat dari kondisi dan potensi masyarakat sekitar. “Awalnya, ada sebuah pabrik dekat rumah yang bangkrut dan harus merumahkan semua karyawannya. Melihat kondisi ini, kami tergerak menciptakan peluang bisnis dan memberdayakan mereka yang terkena PHK tersebut,” jelas Vincent.
Puaskan Lebih Banyak Pembeli
TokoCabang memungkinkan penjual menitipkan stok di gudang-gudang pintar Tokopedia di wilayah dengan jumlah permintaan tinggi. Untuk menjangkau pembeli baru sekaligus mengatasi lonjakan pesanan, Dwiarta menyarankan penggunaan layanan TokoCabang karena layanan pengiriman yang cepat dan hemat tentu menjadi incaran masyarakat.
“Lonjakan pesanan di toko kami yang mencapai 3.000 transaksi per bulan dapat teratasi dengan baik berkat pemanfaatan TokoCabang. Mulai dari menerima pesanan, mengemas hingga mengantarnya ke kurir, semua bisa dibantu oleh TokoCabang,” jelas Dwiarta.
Pakai Bebas Ongkir Extra
Ada beberapa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan penjual di TokoCabang, salah satunya Bebas Ongkir Extra. “Dengan adanya fitur ini, pembeli dari berbagai daerah, seperti Maluku dan Papua, tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pengiriman,” kata Vincent.
Kelola Stok Produk dengan Baik
Melalui banyaknya fitur hingga pembaruan dasbor yang lebih komprehensif, TokoCabang memudahkan pelaku usaha mengelola stok produk. “TokoCabang sangat membantu proses operasional sehingga kami dapat fokus mengembangkan produk dan bisnis dengan lebih mudah,” tutup Dwiarta.
Baca juga, Kategori Home and Living di Tokopedia Meningkat Selama Pandemi
Artikel Terkait
Mantan Karyawan Ini Banting Setir Manfaatkan ‘Mitra Tokopedia’, Alami Peningkatan!
Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia bantu jutaan pegiat usaha tradisional, seperti pemili..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Kategori Home and Living di Tokopedia Meningkat Selama Pandemi
Kategori Home and Living di Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat selama pandemi di kuartal I 2..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Selain Resmikan Store Perdananya, OPPO Gelar Program Diskon Khusus OPPO Day
Selain resmi membuka toko online perdananya, OPPO Store untuk konsumen Indonesia, OPPO pada hari ..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250
Transaksi Produk Lokal di Tokopedia Melonjak Lebih Dari 6x Lipat Selama Kampanye BBI
Selama kampanye Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) berlangsung yang ditetapkan pemerintah pada 5-..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250