Tokopedia Bocorkan Tren Transaksi Hari Kemerdekaan Indonesia
- by Jihan Nasir
- Kamis, 19 Agustus 2021 - 18:56 WIB
Belum lama ini, Tokopedia merayakan ulang tahun ke-12 yang bertepatan dengan HUT 76 Indonesia, dengan mengadakan Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun kemarin (17/8/2021) di beberapa stasiun televisi dan kanal video streaming Tokopedia Play.
Acara yang menghadirkan pengalaman belanja live, interaktif dan menghibur, serta melibatkan salah satu brand ambassador Tokopedia BTS ini disambut masyarakat dengan antusiasme yang sangat luar biasa.
“Acara ini bahkan sempat menempati peringkat pertama trending topic di Indonesia maupun dunia,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
Selama berlangsung, WIB TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun Tokopedia meraih 1,5 juta views di Tokopedia Play. Selain itu, Tokopedia di sisi lain membocorkan tren transaksi selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021. Apa saja, sih? Simak dibawah ini, ya paradiva!
1. Bendera Merah Putih Laku Keras
Kondisi pandemi ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia walaupun dari rumah.
“Terbukti dari jumlah transaksi produk bendera merah putih dan dekorasi 17an, misalnya, masing-masing meningkat lebih dari 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020,” ungkap Ekhel.
2. Kaos Bergambar Indonesia Sangat Diminati
Penjualan kaos dengan desain nasionalis juga meningkat drastis. Tokopedia mencatat jumlah transaksi kaos bergambar Indonesia melonjak hampir 3x lipat.
3. Lomba Makan Kerupuk di Rumah
“Di tengah pandemi, mengadakan lomba 17an di rumah bersama keluarga tercinta ternyata menjadi alternatif merayakan HUT 76 Indonesia,” tambah Ekhel.
Jumlah transaksi kerupuk di Tokopedia meningkat lebih dari 2,5x lipat selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
4. Tumpeng Laris Manis
Selain kerupuk, nasi tumpeng juga diburu masyarakat belakangan ini. Menurut data internal Tokopedia, jumlah transaksi nasi tumpeng meningkat hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
5. Makanan Lokal Jadi Favorit
Semakin banyak masyarakat yang berbelanja produk makanan dan minuman khususnya melalui Tokopedia Nyam.
“Kami mencatat camilan lokal, seperti pisang goreng madu, bakmi, cokelat serta kacang menjadi beberapa camilan favorit masyarakat selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021,” jelas Ekhel.
Ekhel pun melanjutkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi masyarakat yang sudah berbelanja di toko lokal lewat Tokopedia.
“Upaya ini bisa membuat kita bangkit bersama, memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi. Mengingat penjual di Tokopedia yang kini berjumlah lebih dari 11 juta merupakan hampir 100%nya UMKM lokal dan penopang signifikan pendapatan negara adalah UMKM lokal,” tutup Ekhel.
Baca juga, Rayakan HUT Ke-12, Tokopedia Bagikan Banyak Traktiran! Ini Daftarnya
Artikel Terkait
Dampingi Pasien COVID-19, ALODOKTER Luncurkan Fitur Telekonsultasi Dokter
Dalam rangka mendampingi pasien COVID-19 selama PPKM, ALODOKTER menghadirkan fitur telekonsultasi..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Simak Kejutan Shopee Pada 9.9 Super Shopping Day
Shopee kembali menghadirkan rangkaian festival belanja akhir tahun melalui kampanye 9.9 Super Sho..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Rayakan Kemerdekaan Indonesia, GoFood Hadirkan Promo Rp1
Masih dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Indonesia, GoFood menghadirkan berbagai promo men..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 3 tahun lalu
- 3,250
Rayakan HUT Ke-12, Tokopedia Bagikan Banyak Traktiran! Ini Daftarnya
Rayakan HUT ke-12 bertepatan HUT RI ke-76 besok, e-commerce Tokopedia bagikan traktiran untuk par..
- by Jihan Nasir
- 3 tahun lalu
- 3,250