Dilayani Tokopedia Tuntun UMKM Lokal ke Pasar Nasional

Dilayani Tokopedia Tuntun UMKM Lokal ke Pasar Nasional
E-Commerce

Dilayani Tokopedia Tuntun UMKM Lokal ke Pasar Nasional

Dilayani Tokopedia Tuntun UMKM Lokal ke Pasar Nasional

Dilayani Tokopedia Tuntun UMKM Lokal ke Pasar Nasional # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Sediakan Dilayani Tokopedia, e-commerce tersebut turut bantu UMKM lokal untuk bantu mereka sukses di pasar nasional. Salah satunya adalah dengan menyediakan gudang pintar yang tersebar di Indonesia.

Melalui acara Tokopedia yang berlangsung secara virtual pada Rabu (8/6) kemarin, transaksi Dilayani Tokopedia kini meningkat lebih dari lima kali lipat. Kenaikan transaksi tersebut terjadi pada kuarta I 2022.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Resmi Jadi Brand Ambassador Grab Indonesia

“Kami mencatat pengiriman barang terjauh di kuarta I 2022 melalui Dilayani Tokopedia adalah dari Kota Medan, Sumatera Utara ke Kabupaten Marauke, Papua. Transaksi Dilayani Tokopedia secara keseluruhan pun meningkat lebih dari lima kali lipat pada kuartal I 2022 dibanding kuartal I 2021,” ungkap Associate Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak.

Dilayani Tokoepdia

Sementara, pengiriaman barang tercepat melalui Dilayani Tokopedia selama kuartal I 2022 adalah 10 menit. Terhitung sejak pemesanan hingga diterima oleh pembeli.

Tokopedia juga turut memberi laporan terkait kategori dengan transaksi tertinggi lewat Dilayani Tokopedia sendiri pada kuartal I 2022. Di antaranya adalah kesehatan, perawatan tubuhm, makanan dan minuman, ibu dan bayi, serta rumah tangga.

Dampak Dilayani Tokopedia untuk UMKM Lokal

Dilayani Tokopedia merupakan salah satu wujud inisiatif dari Hyperlocal Tokopedia. Program ini membantu penjual dalam menangani tantangan operasional bisnis. Salah satunya adalah penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, serta penanganan jika ada kendala.

Kini, Dilayani Tokopedia berhasil membantu penjualan UMKM Lokal meningkat. Data internal Tokopedia pada bulan Mei 2022 lalu menunjukkan transaksi rata-rata para penjual yang menggunakan layanan tersebut meningkat hampir empat kali lipat. Perbandingan dilihat dari sebelum mereka menggunakan layanan tersebut.

Dilayani TokopediaAmazara

Seperti yang dirasakan oleh Amazara dan Toko Kopi Gayo. Mereka telah memanfaatkan Dilayani tokopedia dan turut mendapatkan dampak positifnya.

Amazara, UMKM Yogyakarta yang menjual berbagai alas kaki perempuan, telah bergabung di Tokopedia sejak Agustus 2017. Kini Amazara memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta dan Surabaya.

Pemilik usaha Amazara, Uma Hapsari, mengungkapkan, “Jangkauan pengiriman kami sejak menggunakan Dilayani Tokopedia meluas ke Papua. Jumlah pesanan di provinsi luar Pulau Jawa pun meningkat secara signifikan, dengan kenaikan tertinggi di Sulawesi Selatan, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Lampung.”

Setelah menggunakan Dilayani Tokopedia, Uma mengaku pengelolaan stok lebih maksimal, pengemasan produk lebih aman, pesanan langsung dikemas dan lebih cepat diterima oleh pembeli, serta memberikan dirinya waktu lebih untuk fokus di pengembangan brand.

Dilayani TokopediaToko Kopi Gayo

Selain itu ada Toko Kopi Gayo, UMKM Aceh yang menjual kopi specialty dengan harga terjangkau, telah bergabung di Tokopedia sejak Mei 2016. Iwan Aramiko, pemilik Toko Kopi Gayo, mengaku, lokasi produksi dan penyimpanan produk yang ada di pedalaman Aceh menjadi tantangan pelayanan dan logistik. Ia akhirnya memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta.

“Sejak memanfaatkan Dilayani Tokopedia, Toko Kopi Gayo dapat menjaring pasar di Pulau Jawa dan Indonesia Timur. Tidak hanya ongkos kirim yang semakin terjangkau, produk juga bisa sampai di tangan konsumen lebih cepat dibanding kami kirim langsung dari Aceh,” jelas Iwan. “Bagi Toko Kopi Gayo, Tokopedia berada di urutan pertama dalam kontribusi terhadap omzet,” tutup Iwan.

 


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Hybrid Shopping di Voila.id, Belanja Barang Branded Offline dan Online
E-Commerce

Hybrid Shopping di Voila.id, Belanja Barang Branded Offline dan Online

Gadgetdiva.id — Voila atau Voila.id memantapkan bisnis hybridnya. Di tengah ekonomi yang me..

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Resmi Jadi Brand Ambassador Grab Indonesia
E-Commerce

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Resmi Jadi Brand Ambassador Grab Indonesia

Gadgetdiva.id — Grab Indonesia baru saja umumkan brand ambassador terbaru untuk perusahaann..

ADA Akuisisi SingPost, Perluas Solusi eCommerce di Asia Pasifik
E-Commerce

ADA Akuisisi SingPost, Perluas Solusi eCommerce di Asia Pasifik

ADA, perusahaan penyedia layanan solusi end-to-end eCommerce terintegrasi pertama di Kawasan As..

Penelitian Kredivo dan Katadata Ungkap Paylater Makin Diminati Masyarakat
E-Commerce

Penelitian Kredivo dan Katadata Ungkap Paylater Makin Diminati Masyarakat

Gadgetdiva.id — Penelitian dari Kredivo dan Katadata Insight Center mengungkap bahwa Paylat..


;