Gubernur Khofifah Resmikan Gudang Pintar Tokopedia di Osowilangun

Gubernur Khofifah Resmikan Gudang Pintar Tokopedia di Osowilangun
E-Commerce

Gubernur Khofifah Resmikan Gudang Pintar Tokopedia di Osowilangun

Gubernur Khofifah Resmikan Gudang Pintar Tokopedia di Osowilangun

Gubernur Khofifah Resmikan Gudang Pintar Tokopedia di Osowilangun # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Gudang pintar Tokopedia yang dibangun di Osowilangun, Jawa Timur. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pun melakukan ‘sidak’ untuk melihat gudang dan persiapan Tokopedia melayani warga Jawa Timur.

Gudang pintar ini merupakan salah satu yang dibangun di beberapa wilayah untuk program yang dinamakan ‘Dilayani Tokopedia’. Gudang ini menjadi penyedia layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual, termasuk UMKM di seluruh Indonesia menitipkan produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, termasuk Surabaya. Layanan ini juga memungkinkan masyarakat mendapatkan beragam produk kebutuhan dengan lebih cepat dan ongkir lebih murah bahkan gratis.

Social Bella Dapat Kucuran Dana Sebesar Rp920 Miliar

“Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat mengapresiasi komitmen Tokopedia dalam menghadirkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur, khususnya Osowilangun. Kehadiran gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur, selain mempermudah UMKM menjangkau pasar lebih luas, juga bisa membuka peluang kerja bagi masyarakat Jawa Timur,” ujar Khofifah dalam sambutannya, pekan kemarin.

gudang pintar tokopediaSalah satu staf Tokopedia sedang mempersiapkan pesanan, mengemasnya dengan baik untuk dikirim ke pengguna.

Gudang Pintar Tokopedia

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menambahkan jika program Dilayani Tokopedia yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia adalah salah satu contoh manifestasi inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang menerapkan teknologi geo-tagging.

“Tujuannya, mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang (tanpa harus pindah ke kota besar), dan pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien,” tambah Astri.

AVP of Fulfillment Business Development Tokopedia, Samuel Simanjuntak mengungkap jika sepanjang kuartal III 2022, secara keseluruhan, jumlah pembeli yang menggunakan Dilayani Tokopedia naik 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, sedangkan jumlah transaksinya melonjak lebih dari dua kali lipat. Di sisi lain, jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia meningkat lebih dari dua kali lipat.

“Penjual yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, mengalami peningkatan transaksi di Jawa Timur lebih dari 1,5 kali lipat. Sedangkan penjual di Surabaya yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia mengalami peningkatan transaksi dari luar Jawa Timur sebesar dua kali lipat,” katanya.

Di sisi lain, rute Kota Medan ke Kabupaten Merauke, dan Palembang Martadinata ke Kota Jayapura menjadi beberapa pengiriman barang terjauh yang menggunakan Dilayani Tokopedia.

Cozylila (penjual di Jakarta yang menitipkan produknya di gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur) dan Lumosh Fine Ceramics (penjual di Surabaya yang menitipkan produknya di gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta) adalah beberapa contoh pegiat usaha lokal yang merasakan dampak positif setelah memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia.

Setelah menggunakan Dilayani Tokopedia sejak 2020, Pemilik Cozylila, Herry Bong, melihat adanya peningkatan omzet yang signifikan, “Berkat Dilayani Tokopedia, usaha kami justru melesat bahkan di tengah pandemi karena produk Cozylila semakin mudah dijangkau oleh lebih banyak pembeli, termasuk di Makassar hingga Papua.”

Raymond Tjiadi, Pemilik Lumosh Fine Ceramics, pun mengatakan mengalami kenaikan omzet sebesar dua kali lipat.

“Walau kami baru memanfaatkan Dilayani Tokopedia selama tiga bulan, kami sangat senang karena produk keramik buatan perajin Probolinggo tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat lokal Surabaya dan sekitarnya, tetapi juga bisa tembus pasar nasional,” katanya.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Shopee Gelar Kampanye 11.11 Big Sale Bareng Happy Asmara
E-Commerce

Shopee Gelar Kampanye 11.11 Big Sale Bareng Happy Asmara

Gadgetdiva.id — Kembali menggelar kampanye 11.11 Big Sale, tahun ini Shopee berkolaborasi d..

Social Bella Dapat Kucuran Dana Sebesar Rp920 Miliar
E-Commerce

Social Bella Dapat Kucuran Dana Sebesar Rp920 Miliar

Gadgetdiva.id — Beauty Tech asal Indonesia, Social Bella umumkan kabar bahwa mereka berhasi..

Gandeng OJK, GoTo Financial Hadirkan Program Literasi Keuangan
E-Commerce

Gandeng OJK, GoTo Financial Hadirkan Program Literasi Keuangan

Gadgetdiva.id — Kolaborasi dengan OJK, GoTo Financial menghadirkan program literasi keuanga..

Program Kampus Digital Atur Toko Dorong 80 UMKM di Kota Batu
E-Commerce

Program Kampus Digital Atur Toko Dorong 80 UMKM di Kota Batu

Atur Toko menginisiasi program Kampus Digital untuk mengedukasi masyarakat perihal pasar digita..


;