Jelang Akhir Tahun, Minat Transaksi Belanja Online Meningkat
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Jumat, 23 Desember 2022 - 18:13 WIB
Gadgetdiva.id — Menyambut akhir tahun 2022, transaksi belanja online dikabarkan meningkat. Terutama saat momen spesial.
Kenaikan transaksi belanja online ini dicatat oleh Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial. Selama tahun 2022, tercatat bahwa transaksi online Midtrans meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, yakni Harbolnas.
Ditemukan pula tren peningkatan transaksi online yang diproses melalui platform tersebut di periode khusus. Tepatnya, saat Hari Belanja Nasional (Harbolnas).
Kenaikan ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital. Mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.
Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial, Dea Devina menyatakan bahwa kecenderungan masyarakat berbelanja jelang kahir tahun ini bisa dijadikan kesempatan untuk para pelaku usaha atau merchant. Untuk memberikan pelayanan terbarik yang berorientasi kepada konsumen.
“Antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik, sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan,” ungkap Dea dikutip dari Gadgetdiva, Jumat (23/12).
Tren Transaksi Belanja Online selama 2022
Lebih lanjut, tren transkasi digital yang dicatat oleh Midtrans selama tahun 2022 ini ditemukan bahwa transaksi online meningkat pada momen gajian. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibanding dengan hari-hari lainnya.
Adapun metode pembayaran digital dalam transaksi semakin menjadi pilihan pelanggan. Tiga metode pembayaran menjadi favorit untuk berbelanja di merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit dan transfer bank.
Metode pembayaran dengan Quick Response Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant.
Inovasi fitur halaman pembayaran (checkout) dari Midtrans memungkinkan informasi transaksi dapat diakses dengan lengkap dan mudah dalam satu halaman. Sehingga, konsumen bisa menghemat waktu untuk melakukan pembayaran di website atau aplikasi merchant.
Hal ini dapat berpotensi mendorong konversi penjualan lebih banyak dari sisi merchant. Dalam lima tahun terakhir, Midtrans sendiri telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran online hingga 70 persen.
“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia,” tutup Dea.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News
Artikel Terkait
JD.ID Rumahkan Sekitar 200 Karyawan
Gadgetdiva.id — JD.ID mengabarkan bahwa pihaknya melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 2 tahun lalu
- 3,250
Transaksi Online Travel di Tokopedia Meningkat 3,5 Kali Lipat
Gadgetdiva.id – Momentum liburan akhir tahun cenderung dimanfaatkan masyarakat untuk wisata..
- by Jundi Amrullah
- 2 tahun lalu
- 3,250
UMKM Alami Peningkatan Performa di Shopee 12.12 Birthday Sale
Gadgetdiva.id – Kembali menutup akhir tahun dengan memberikan dampak positif, Shopee 12.12 ..
- by Jundi Amrullah
- 2 tahun lalu
- 3,250
Blibli Gelar Mega Lelang Di Rangkaian Histeria Spektakuler 12.12
Gadgetdiva.id – Beragam penawaran luar biasa digelar untuk pelanggan setia. Tahun ini, rang..
- by Jundi Amrullah
- 2 tahun lalu
- 3,250