UMKM Perempuan Kini Bisa Peroleh NIB Lewat Tokopedia
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Selasa, 7 Maret 2023 - 07:36 WIB
Gadgetdiva.id — Menyambut Hari Perempuan Sedunia 2023 yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2023, Kementerian Invenstasi Republik Indonesia (Kemnves) berkolaborasi dengan Tokopedia dalam mengajak pegiat UMKM perempuan untuk membuat Nomor Induk Berusaha alias NIB. Sehingga, memudahkan para pegiat UMKM.
Staf Khusus dan Juru Bicara Kemenves RI/BKPM Tina Talisa menyatakan bahwa NIB dapat membantu para pelaku UMKM khususnya perempuan dalam mengurus dokuman lanjutan. Mulai dari sertifikasi halal, SPP-IRT, SNI dan masih banyak lagi.
Dia turut mengapresiasi dukungan dari Tokopedia dalam memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB kepada pelaku UMKM.
“NIB adalah pintu masuk bagi para pelaku usaha, termasuk perempuan,” imbuh Tina Talisa dalam acara konferensi pers yang berlangsung Senin (6/3) kemarin di Jakarta Selatan.
Manfaat NIB untuk Pelaku UMKM
Manfaat lain yang bisa didapatkan perempuan pelaku UMKM setelah memliki NIB, lanjut dia, masih banyak lagi. Mereka akan lebih mudah mengakses pembiayaan perbankan untuk pengembangan usaha, lebih mudah mengakses program bantuan dari pemerintah, memiliki kepastian atau perlindungan hukum terhadap usaha dan masih banyak lagi.
Sejak berkolaborasi dengan Tokopedia, kini sudah ada lebih dari 5.000 pegiat UMKM yang telah mendaftar NIB sepanjang tahun 2022. Termasuk perempuan pelaku usaha di seluruh penjuru Indonesia.
“Tokopedia menjadi perusahaan e-commerce pertama yang berkolaborasi dengan pemerintah untuk memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB terhadap para pelaku UMKM,” tutur Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia Rizky Juanita Azuz.
Ke depannya, imbuh Rizky, bersama Kemenves pihaknya akan terus berupaya dalam membantu lebih banyak pelaku UMKM perempuan. Khususnya, dalam membantu memperoleh NIB.
“Ini demi memberikan perlindungan hukum serta pendampingan bisnis agar mereka bisa semakin berkontribusi ke perekonomian digital dalam negeri secara adil dan optimal,” tutup Rizky.
Tokopedia sendiri kini telah memiliki sekitar 12 juta UMKM yang telah tergabung dalam platformnya. Dimana hampir 100% dari jumlah tersebut dimiliki oleh perempuan.
Di awal tahun 2023 sendiri, jumlah perempuan penjual di Tokopedia sendiri telah mengalami peningkatan sebanyak hampir 30 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada Maret 2020.
Riset dari LPEM FEB UI 2020 menemukan bahwa jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol di Tokopedia hampir 1,5 kali lipat lebih tinggi dibanding pegiat UMKM laki-laki.
Adapun beberapa wilayah dengan lonjakan jumlah perempuan penjual paling tinggi ialah Denpasar, Bandung, Balikpapan, Makassar dan Palembang dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat.
“Demi memaksimalkan potensi perempuan pelaku UMKM, kami terus menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Toko Cepat dan Irit (Tokcer) serta Dilayani Tokopedia. Ada pula kampanye BBI, Women in Style dan Cantik Fest,” tutup Rizky.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News
Artikel Terkait
Tips UMKM Maksimalkan Tokopedia untuk Jualan Perlengkapan Ibu dan Anak
Gadgetdiva.id — Perlengkapan Ibu dan Anak menjadi kategori paling banyak untuk dijual oleh ..
- by Siti Sarifah Aliah
- 1 tahun lalu
- 3,250
Fitur Tukar Tambah Diminati Pengguna Blibli Saat Ada Smartphone Baru
Gadgetdiva.id — Tukar tambah menjadi salah satu fitur yang cukup diminati oleh para penggun..
- by Siti Sarifah Aliah
- 1 tahun lalu
- 3,250
Tokopedia Beber Tren Belanja Pengguna Sambut Ramadan 2023
Gadgetdiva.id — Menjelang bulan Ramadan, Tokopedia membeberkan tren berbelanja dalam platf..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250
Produk Fesyen Paling Laris di Tokopedia Awal Tahun 2023
Gadgetdiva.id — Tokopedia membeberkan laporan terkait produk terlaris di platformnya selam..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 1 tahun lalu
- 3,250