Mudahkan UMKM, Tokopedia Sediakan Ragam Fitur Ini

Mudahkan UMKM, Tokopedia Sediakan Ragam Fitur Ini
E-Commerce

Mudahkan UMKM, Tokopedia Sediakan Ragam Fitur Ini

Mudahkan UMKM, Tokopedia Sediakan Ragam Fitur Ini

Mudahkan UMKM, Tokopedia Sediakan Ragam Fitur Ini # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Tokopedia menyediakan beragam fitur yang memudahkan para UMKM di platformnya. Fitur-fitur tersebut merupakan bagian dari inisiatif Hyperlocal Tokopedia.

Salah satu fitur tersebut ialah fitur ‘Wawasan’. Fitur ini memungkinkan para pelaku usaha untuk mendapatkan data komprehensif, seperti jenis produk atau kata kunci yang sedang paling banyak dicari pembeli di Tokopedia berdasarkan wilayah dan kategori. Hal ini berguna untuk memaksimalkan peluang bisnis. 

Blibli Serahkan iPhone 15 Series ke Pelanggan Lewat Midnight Launch di Jakarta

Fitur selanjutnya ialah ‘Penamaan Produk dan Kategori’  yang didukung oleh machine learning. Fungsinya untuk memberikan smart recommendation bagi penjual terkait penamaan produk dan kategorisasi paling relevan.

Kemudian, ada juga fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Tokpedia. Yakni,’ Buy More, Save More’.

Fitur ‘Buy More, Save More’ ini memungkinkan para penjual untuk memberi diskon pada setiap pembelian produk dalam jumlah yang lebih banyak kepada pembeli. Contohnya ialah promo ‘beli 2 diskon 15%’ atau ‘beli 3 diskon 20%’) atau hadiah pembelian.  

Lebih dari itu, Tokpedia juga berupaya untuk mendampingi para UMKM lokal di platformnya lewat edukasi online. Misalnya ialah Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses secara gratis bagi pelaku usaha.

Tokopedia

Adapula Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital untuk para UMKM lokal di beberapa kota Indonesia. Meliputi Jabodetabek,  Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang dan Denpasar. 

Kemudian, ada pula Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang tedapat pada laman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada juga, program Dilayani Tokopedia yang memungkinkan para UMKM untuk mentipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

“Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal terus memberi panggung bagi lebih dari 14 juta pelaku usaha di Indonesia, yang hampir 100%nya UMKM lokal, menjadi pahlawan ekonomi nasional. UMKM Indonesia telah membuktikan ketangguhan mereka saat menghadapi pandemi Covid-19 lalu, bahkan menjadi kunci pemulihan ekonomi hingga pascapandemi,” ungkap Head of Regional Growth Expansion Tokopedia, Nafisah Wulandari dalam acara daring yang berlangsung Rabu (8/11).

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

ERAJAYA ACTIVE LIFESTYLE DORONG EKSPANSI URBAN REPUBLIC
E-Commerce

ERAJAYA ACTIVE LIFESTYLE DORONG EKSPANSI URBAN REPUBLIC

Gadgetdiva.id – Erajaya Active Lifestyle (ERAL) hari Sabtu (28/10) meresmikan sembilan  ge..

Blibli Serahkan iPhone 15 Series ke Pelanggan Lewat Midnight Launch di Jakarta
E-Commerce

Blibli Serahkan iPhone 15 Series ke Pelanggan Lewat Midnight Launch di Jakarta

gadgetdiva.id – Sebagai authorised reseller untuk produk Apple di Indonesia, Blibli gelar p..

Tokopedia Hapus 80 Juta Produk Langgar HKI
E-Commerce

Tokopedia Hapus 80 Juta Produk Langgar HKI

Gadgetdiva.id — Tokopedia membeberkan bahwa pihaknya telah menghapus 80 juta produk yang m..

Gen Z Jadi Salah Satu Kunci Perkembangan Tren Omnichannel di Tanah Air
E-Commerce

Gen Z Jadi Salah Satu Kunci Perkembangan Tren Omnichannel di Tanah Air

Gadgetdiva.id — Sebuah temuan dari Kantar Asia menyebut bahwa ada empat faktor pendorong tr..


;