Blibli Perkuat Operational Excellence Dengan Adopsi Teknologi AI di Sistem Gudang

Blibli Perkuat Operational Excellence Dengan Adopsi Teknologi AI di Sistem Gudang
E-Commerce

Blibli Perkuat Operational Excellence Dengan Adopsi Teknologi AI di Sistem Gudang

Blibli Perkuat Operational Excellence Dengan Adopsi Teknologi AI di Sistem Gudang

Blibli Perkuat Operational Excellence Dengan Adopsi Teknologi AI di Sistem Gudang # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id – Blibli menjadi omnichannel commerce pertama yang mengadopsi teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk optimalkan kegiatan operasional logistik. Berkomitmen mengintegrasikan keberlanjutan dalam semua aspek bisnis, pemanfaatan teknologi AI di bidang operasional logistik ini diantaranya berperan untuk prediksi kebutuhan stok, rekomendasi kebutuhan yang terpersonalisasi, selain itu, integrasi AI juga memungkinkan transformasi pengelolaan logistik yang lebih signifikan, seperti identifikasi dan solusi masalah secara real-time hingga berkontribusi pada pengelolaan logistik yang lebih cepat dan efisien.

Upaya Blibli dalam mengadopsi AI pada bidang logistik ini sejalan dengan harapan pemerintah yang ingin mendorong lebih banyak pemanfaatan teknologi AI yang kini sudah meliputi berbagai sektor. Langkah yang diambil Blibli ini menandai penguatan komitmen Perseroan untuk terus menjadi ekosistem perdagangan omnichannel yang relevan dengan kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu, seraya konsisten menjamin kepuasan pelanggan di setiap pengalaman belanja melalui operational excellence di setiap lini.

Penawaran dan Keseruan Spesial di Puncak Promo Terbesar, Shopee 11.11 Big Sale

blibli

Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Bliblimengatakan, “Implementasi dari teknologi AI kami gunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional, memberikan pengalaman pelanggan yang unggul, dan menjadi yang terdepan dalam inovasi di industri e-commerce. Selain itu, Blibli juga mengintegrasikan AI sebagai bagian dari komitmen terhadap prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG).”

Pemanfaatan AI juga menjadi bentuk adaptabilitas Blibli dalam menghadapi kompleksitas bisnis yang harus mampu menjawab tantangan dalam menjaga kepuasan belanja pelanggan, sebagaimana yang  disuarakan oleh Perseroan melalui semangat terbarunya, Simplify to Amplify.

Total terdapat lima solusi berbasis AI yang dihadirkan di jaringan gudang Blibli, yakni: menghemat waktu untuk efisiensi operasional yang lebih baik, mengurangi biaya kemasan dengan memilih material yang lebih tepat guna, membantu pihak gudang mengurangi kesalahan dalam proses packing produk yang akan dikirim, mengurangi risiko air gap packaging demi jaminan barang tetap prima hingga ke tangan pelanggan, serta meningkatkan dukungan terhadap nilai-nilai ESG melalui prosedur yang lebih ramah lingkungan.

Saat ini, implementasi AI pada pengemasan semakin tinggi dari sisi adoption rate yaitu meningkat hingga 86%, yang artinya rekomendasi yang diberikan oleh AI semakin baik dan tepat untuk dijadikan acuan oleh tim packer pada saat melakukan pengemasan barang. Ditambah lagi, inovasi ini juga sudah menurunkan biaya pengemasan hingga 11% selama empat bulan dioperasikan.

Lebih lanjut, pemanfaatan AI memperkuat komitmen Blibli  dalam membangun sistem pergudangan dan distribusi yang lebih efektif dan memadai, di mana kini didukung oleh 16 gudang terpadu yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Jaringan logistik Blibli juga menerapkan siklus transformasi yang berasal dari proses kolaborasi dengan berbagai tim, mulai dari tim Business Process Transformation, Warehouse, Data Science, Data Analytics, dan tim Technology Warehouse Management System. 

Bagi Blibli, komitmen dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan lewat inovasi keberlanjutan akan terus ditingkatkan untuk mendukung operational excellence dan memenuhi kepuasan pelanggan kami. Ke depannya, Blibli menargetkan transformasi yang menyeluruh mulai dari peopleprocess, dan sistem untuk menjamin implementasi teknologi AI ini dapat berjalan maksimal dalam memperkuat ekosistem dan meningkatkan kapabilitas last-mile delivery.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

Ulang Tahun ke-8, Shopee 12.12 Birthday Sale Kembali Digelar Ajak JKT48
E-Commerce

Ulang Tahun ke-8, Shopee 12.12 Birthday Sale Kembali Digelar Ajak JKT48

Gadgetdiva.id — Rayakan ulang tahun ke-8 tahun, Shopee kembali menggelar Shopee 12.12 Birt..

Penawaran dan Keseruan Spesial di Puncak Promo Terbesar, Shopee 11.11 Big Sale
E-Commerce

Penawaran dan Keseruan Spesial di Puncak Promo Terbesar, Shopee 11.11 Big Sale

Gadgetdiva.id –  Berbeda dengan akhir pekan biasanya, Sabtu ini, tidak hanya dapat menikma..

Tokopedia Bagikan Tren Belanja Online Produk Kesehatan Jelang Hari Kesehatan Nasional
E-Commerce

Tokopedia Bagikan Tren Belanja Online Produk Kesehatan Jelang Hari Kesehatan Nasional

Gadgetdiva.id – Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November, ..

Lazada Beber 3 Tantangan Besar Pasar e-Commerce
E-Commerce

Lazada Beber 3 Tantangan Besar Pasar e-Commerce

Gadgetdiva.id — Lazada membeberkan beberapa tantangan yang dihadapi oleh industri e-commer..


;