E-Commerce

TikTok Shop Mau Gandeng Tokopedia, Ini Kata Pakar Ekonomi Digital

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — TikTok Shop dikabarkan akan kembali ke pasar Indonesia dengan menggandeng Tokopedia. Menurut Director of Digital Economy Celios Nailul Huda menyatakan bahwa kolaborasi antar keduanya ini bisa saling menguntungkan.

Dengan menggandeng TikTok, Nailul Huda melihat bahwa Tokopedia ada potensi untuk mengembangkan lagi fitur live shopping yang selama ini tertinggal. Meningat sebelum ditutup, TikTok Shop sempat menempati peringkat teratas e-commerce di Indonesia dengan mengunggulkan layanan live shopping.

Tawarkan Promo Menarik, Erajaya Resmikan ERAFONE AND MORE di EDC

Nailul juga melihat bahwa akan Tokopedia dapat mengambil kesempatan untuk lebih unggul dari pesaingnya, yakni Shopee. Mengingat, e-commerce tersebut saat ini lebih unggul dengan fitur live shopping-nya tersebut.

“Kalau kita lihat live TikTok itu bisa diintegrasikan dengan Tokopedia, itu tentu sangat menarik sekali. Saya rasa ini akan (menjadi) kesempatan menarik untuk Tokopedia bisa relatif lebih unggul dibandingkan dengan Shopee,” ungkap Nailul dalam sebuah acara bersama media di bilangan Jakarta Pusat pada Kamis (8/12).

Di sisi lain, Nailul juga turut melihat bahwa kehadiran TikTok Shop juga sangat menguntungkan untuk UMKM di Indonesia. Mengingat, sebanyak 64 persen UMKM menggunakan platform media sosial untuk berdagang secara online. Sedangkan, 25 persen lainnya menggunakan platform e-commerce.

TikTok Shop

Artinya, lanjut dia, media sosial merupakan suatu elemen penting untuk UMKM agar dia bisa berdagang secara online. Oleh sebab itu, menurutnya, TikTok Shop harus dibuka lagi.

“Jujur sebenarnya, inovasi yang didapatkan oleh TikTok itu sangat menarik sekali. Kita bisa bermain media sosial sekalian berbelanja,” kata dia.

Isu terkait kolaborasi antara TikTok Shop dan Tokopedia ini telah lama berhembus. Tepatnya sejak pertengahan bulan Oktober 2023 lalu.

Awalnya, TikTok Shop sempat dikabarkan akan kembali hadir tepat pada Hari Belanja Online Nasional, yakni 11 November.

TikTok Shop dikabarkan akan segera kembali dengan menggandeng Tokopedia. Kabarnya, kini kedua perusahaan sudah melalui tahap diskusi terkait potensi investasi.

Namun, hingga saat ini masih belum ada informasi lebih lanjut terkait perkembangan dari kerja sama antara kedua belah pihak tersebut.

Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

ByteDance Gandeng GoTo, TikTok Shop "Comeback"?
E-Commerce

ByteDance Gandeng GoTo, TikTok Shop "Comeback"?

Gadgetdiva.id — ByteDance, perusahaan pemilik aplikasi media sosial TikTok, telah mencapai..

Tawarkan Promo Menarik, Erajaya Resmikan ERAFONE AND MORE di EDC
E-Commerce

Tawarkan Promo Menarik, Erajaya Resmikan ERAFONE AND MORE di EDC

Gadgetdiva.id – Erajaya Digital meresmikan gerai Erafone & More di Erajaya Digital Comp..

Siap-Siap Belanja Akhir Tahun, Histeria 12.12 Blibli Segera Hadir
E-Commerce

Siap-Siap Belanja Akhir Tahun, Histeria 12.12 Blibli Segera Hadir

Gadgetdiva.id – Blibli kembali akan menghadirkan rangkaian program belanja akhir tahun, ber..

Rata-rata Perempuan Belanja Spontan, Ga Butuh Tapi Cuma Tertarik Beli
E-Commerce

Rata-rata Perempuan Belanja Spontan, Ga Butuh Tapi Cuma Tertarik Beli

Gadgetdiva.id — Sebuah survei yang dilakukan oleh Arlington Research bekerja sama dengan Ka..


;