E-Commerce

Penjualan Brand Lokal Kecantikan dan Fashion Naik Drastis di ‘Beli Lokal’ 12.12 Tokopedia dan TikTok

post-img

Source : gadgetDiva

Gadgetdiva.id –  Tokopedia dan TikTok telah meluncurkan kampanye Beli Lokal saat momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 lalu. Kampanye Beli Lokal bertujuan membantu para pelaku usaha, khususnya UMKM lokal untuk mendapatkan panggung lebih luas termasuk saat momen Harbolnas 12.12, lewat aplikasi Tokopedia dan TikTok.

Animo tinggi dari masyarakat terhadap kampanye Beli Lokal, termasuk saat momen Harbolnas 12.12, menimbulkan berbagai dampak positif pada penjualan para UMKM lokal.

ERAJAYA Bawa RAZER KITSUNE, Manjakan Penggemar Game Fighting

“Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” ungkap Head of Communications Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan.

“Sejumlah brand lokal fesyen di Tokopedia pun mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12 jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023,” tambah Aditia.

Beli Lokal

Secara keseluruhan, beberapa kategori produk yang paling laris di kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia pada Harbolnas 12.12 lalu, antara lain Kecantikan, Perawatan Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga. Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi oleh kategori Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.

Sejumlah pelaku usaha di Tokopedia yang mengikuti kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 lalu turut mencatat kenaikan penjualan, di antaranya SAFF & Co., Aerostreet dan INTHEBOX yang juga menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.

Selain kecantikan dan perawatan tubuh serta fesyen, kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 yang diusung oleh Tokopedia dan TikTok juga membawa dampak positif bagi pelaku usaha lokal di kategori Rumah Tangga. Salah satu pelaku usaha lokal tersebut adalah INTHEBOX, yang saat ini memiliki pabrik di Bandung, Jawa Barat, dan memberdayakan sekitar 500 karyawan.

Salah satu keunikan sekaligus inovasi yang dihadirkan oleh INTHEBOX adalah kasur lipat yang dikemas dengan ukuran kecil sehingga sangat relevan untuk konsumen dengan ukuran rumah kecil sekali pun. Setelah kasur dikeluarkan dari kotak, perlahan-lahan kasur akan mengembang.


author-img_1

Jundi Amrullah

Reporter

Artikel Terkait

ERAJAYA DIGITAL GELAR SAMSUNG KARNAVAL
E-Commerce

ERAJAYA DIGITAL GELAR SAMSUNG KARNAVAL

Gadgetdiva.id – Erajaya Digital menggelar ajang undian tahunan Samsung Karnaval yang berlan..

ERAJAYA Bawa RAZER KITSUNE, Manjakan Penggemar Game Fighting
E-Commerce

ERAJAYA Bawa RAZER KITSUNE, Manjakan Penggemar Game Fighting

Gadgetdiva.id – Erajaya Active Lifestyle melalui merek ritel Urban Republic, hari ini mengu..

TikTok Shop Balik ke Indonesia Bareng Tokopedia, Gelar Kampanye Beli Lokal 12.12
E-Commerce

TikTok Shop Balik ke Indonesia Bareng Tokopedia, Gelar Kampanye Beli Lokal 12.12

Gadgetdiva.id — Fitur TikTok Shop resmi kembali ke Tanah Air bersama Tokopedia. Menandai ke..

Hadir Kembali, TikTok Shop Masih dalam Tahap Diuji Coba Sampai 4 Bulan
E-Commerce

Hadir Kembali, TikTok Shop Masih dalam Tahap Diuji Coba Sampai 4 Bulan

Gadgetdiva.id — Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan menyatakan b..


;