Diva says – Baju Zalora susah nyarinya ga sih? Sist, selama ini kalau mau belanja online, yang paling sulit adalah mencari model yang sesuai dengan yang kita mau. Misalnya, ada teman pake gaun yang keren, terus pas dicari di toko online, susahnyaaaaa minta ampun.
Pengennya, itu baju Zalora yang kita pengen, di foto, terus masukkin ke kolom pencarian. Biar si toko online nyariin sendiri buat kita, ga harus scroll jauh ke bawah dan makan waktu lama.
Kemarin dapat info kalau ternyata cara seperti itu udah ada di Zalora. Toko online baju-baju bermerek itu sudah bisa mencarikan konsumennya gaya fashion berdasarkan foto yang kita kirim.
Jadi, kalau mau baju kayak artis, Jessica Iskandar misalnya, nah kirim aja gambar atau foto atau screen capture IG nya ke mesin pencarian fashion Zalora. Nanti dicariin ama mereka secara otomatis.
Pas Diva dicoba, meskipun hasil yang keluar kadang ga sama persis dengan baju aslinya, tapi paling tidak mendekati. Potongan garisnya sama, bahkan ada juga yang motifnya sama tapi beda warna. Lagian, kalo emang bener bajunya Jessica Iskandar yang mahal itu beneran ada di Zalora, kalian mau belinya apa? Hehehehe…
Nah, mesin pencarian fashion yang berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligent/AI) ini bisa digunakan oleh semua konsumen mobile Zalora, alias yang punya aplikasi di iPhone atau Android. AI biasanya digunakan sebagai ‘otak’ dalam pembuatan robot. Makanya dia bisa pintar gitu.
Mesin pencarian fashion ini memanfaatkan robot yang berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligent) untuk pengguna aplikasi mobile Zalora di iPhone atau Android.
Pengguna iOS dan Android bisa mencari barang fashion di Zalora dengan cara menekan tombol pencarian, lalu ambil gambar pakaian, sepatu atau aksesoris favorit mereka dan dapat langsung melihat produk yang serupa di Zalora.
Teknologi ini merupakan buatan ViSenze, sebuah perusahaan artificial intelligence yang mendorong perdagangan online melalui visual untuk menghantarkan fitur ini kepada para konsumen fashion di seluruh wilayah.
“Bertepatan dengan musim belanja akhir tahun, kami mengerti akan kesulitan untuk mendeskripsikan pakaian atau sepatu ke dalam pencarian teks dan kami ingin memberikan pelanggan kami sebuah kegembiraan dalam berbelanja hanya dengan mengambil gambar barang fashion apapun yang menarik perhatian mereka,” kata bos teknologi Zalora Group, Karthik Subramanian.
Artikel Terkait
Diskon hotel sampai Rp300.000 di Tiket.com
Diva says – November ini platform pembelian tiket hotel dan transportasi, Tiket.com member..
- by Redaksi
- 7 tahun lalu
- 3,250
Cerita komunitas Tokopedia bantu panti asuhan jualan online
Diva says – Komunitas Tokopedia, yang terdiri dari sejumlah merchant Tokopedia yang tergabu..
- by Redaksi
- 7 tahun lalu
- 3,250
Mengenal 6 Hari Belanja Online terbesar di dunia
Minat masyarakat untuk belanja online semakin meningkat setiap tahun. Bahkan tak tanggung-tanggun..
- by Siti Sarifah Aliah
- 7 tahun lalu
- 3,250
Penjualan Blibli diklaim naik 5,5 kali lipat di 11.11
Diva says – Blibli.com berhasil mencapai 5,5 kali kenaikan penjualan selama periode Promo..
- by Redaksi
- 7 tahun lalu
- 3,250