DOKU Punya Wallet as a Service, Bisnis UMKM Makin Efisien

DOKU Punya Wallet as a Service, Bisnis UMKM Makin Efisien
E-Commerce

DOKU Punya Wallet as a Service, Bisnis UMKM Makin Efisien

DOKU Punya Wallet as a Service, Bisnis UMKM Makin Efisien

DOKU Punya Wallet as a Service, Bisnis UMKM Makin Efisien # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.idDOKU memperkenalkan inovasi terbaru, Wallet as a Service (WaaS). Ini merupakan sebuah infrastruktur e-wallet lengkap yang terkoneksi melalui API yang bisa digunakan oleh para pebisnis UMKM dan lainnya, untuk efisiensi bisnis perusahaan sekaligus memberikan nilai tambah bagi konsumen.

Layanan ini memungkinkan mitra bisnis untuk menyematkan fitur e-wallet di dalam ekosistem mereka, membantu mengelola arus keuangan dan memfasilitasi transaksi pelanggan. Sebagai perusahaan Fintech pembayaran berlisensi terlengkap, DOKU menciptakan terobosan inovatif dengan maksimalisasi potensi lisensi uang elektronik (e-money) dan dompet elektronik (e-wallet) sesuai dengan regulasi yang berlaku.

fdx, Platform E-commerce Milik FedEx Pesaing Amazon

Penting untuk dicatat bahwa DOKU telah menjalin kemitraan strategis dengan Tomoro Coffee dan Coda sebagai dua merchant pertama yang mengadopsi layanan WaaS dalam operasional sehari-hari, memberikan dukungan resmi kepada layanan ini.

dokuIlustrasi DOKU Wallet as a Service.

Nabilah Alsagoff, Co-Founder and Chief Operating Officer DOKU, menyampaikan jika selama ini lisensi e-money dan e-wallet dari Bank Indonesia telah diterapkan perusahaan di e-Wallet sebagai salah satu opsi pembayaran di ekosistem mereka sendiri

“Berkat kolaborasi dengan berbagai merchant, kami menerima masukan berharga yang mengarah pada optimalisasi layanan ini. Melalui inovasi WaaS, kami berharap bisnis dari berbagai sektor dapat merasakan kemudahan dan fleksibilitas dalam mengelola arus keuangan sehari-hari. Terutama, bisnis berbasis aplikasi dapat dengan mudah menambahkan fitur e-money di dalam aplikasi mereka dengan terkoneksi lewat platform kami,” ujar Nabilah.

Layanan WaaS dari Nabilah ini menawarkan dua solusi berbeda untuk melayani dua segmen pasar yang berbeda:

DOKU E-wallet Bisnis (Mengelola Arus Keuangan Internal Merchant)

Dalam konteks ini, layanan WaaS membantu dalam penyaluran uang kas di ekosistem internal merchant. Tomoro Coffee, sebagai salah satu contoh, menghadapi tantangan mengelola uang kas yang harus disalurkan ke sekitar 300 cabang di seluruh Indonesia setiap harinya. WaaS menjadi solusi dengan menyediakan pengelolaan yang akurat dan transparan, memungkinkan kantor pusat untuk dengan mudah memantau penggunaan uang kas di setiap cabang.

Liong Yen Hung, Finance & Accounting Manager Tomoro Coffee, menyatakan, “Bagi perusahaan dengan banyak cabang dan pertumbuhan bisnis yang pesat, pengelolaan uang kas perlu dilakukan dengan cermat. Dengan platform ini, konsistensi detail pencatatan terjaga, mempermudah pemantauan penggunaan uang kas di setiap cabang kami.”

DOKU E-wallet Konsumen (Fitur E-money dalam Aplikasi Merchant)

DOKU juga menyediakan fitur embedded wallet dalam WaaS yang dapat ditambahkan dalam aplikasi merchant. Ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan top up dan bertransaksi langsung di platform merchant tersebut. Sebagai contoh, Coda, marketplace konten game populer di Indonesia, menerapkan fitur ini, memungkinkan pelanggan mereka untuk dengan nyaman mengisi saldo dan membeli konten game.

Mukul Chawla, Managing Director, Global Partnerships, APAC, mengomentari, “Pilihan beragam, kenyamanan, dan keamanan adalah prioritas kami dalam melayani pelanggan. Kemitraan dengan DOKU untuk memperkenalkan embedded wallet bagi pelanggan kami merupakan langkah strategis yang mendukung komitmen Coda. Kami senang menjadi bagian dari perjalanan ini bersama DOKU.”

Melihat ke depan, DOKU berharap inovasi dalam pengelolaan arus uang menggunakan akun e-wallet dapat mendukung berbagai bisnis dari sektor industri yang berbeda.


author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Erajaya Resmi Hadirkan DJI MIC 2 Ke Indonesia
E-Commerce

Erajaya Resmi Hadirkan DJI MIC 2 Ke Indonesia

Gadgetdiva.id – Erajaya Active Lifestyle secara resmi mengumumkan ketersediaan DJI Mic 2 di..

fdx, Platform E-commerce Milik FedEx Pesaing Amazon
E-Commerce

fdx, Platform E-commerce Milik FedEx Pesaing Amazon

Gadgetdiva.id — Perusahaan logisitik, FedEx, mengumumkan platform perdagangan digitalnya se..

Deretan Inisiatif Tokopedia Dorong Geliat Brand Lokal Kecantikan Makin Bersinar
E-Commerce

Deretan Inisiatif Tokopedia Dorong Geliat Brand Lokal Kecantikan Makin Bersinar

Gadgetdiva.id – Tokopedia mencatat jumlah transaksi lewat kampanye Tokopedia Beauty jelang ..

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Selama 2023
E-Commerce

Tokopedia Ungkap Tren Belanja Online Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Selama 2023

Gadgetdiva.id – Geliat industri kecantikan di Indonesia terus melaju sepanjang 2023. Data K..


;