Program Zilingo SheWorkz, dorong para Ibu Rumah Tangga lebih produktif!
- by Jihan Nasir
- Rabu, 16 Oktober 2019 - 23:36 WIB
Platform e-commerce Indonesia, Zilingo umumkan program terbarunya, yaitu SheWorkz yang merupakan program manufaktur yang memberdayakan perempuan untuk bergerak di bidang usaha mikro.
Zilingo SheWorkz akan mengidentifikasi, mendidik, serta mendanai para perempuan yang membutuhkan dengan menyediakan pelatihan kejuruan, dukungan finansial dan sumber daya manufaktur, serta wadah yang memerlukan keahlian mereka sehingga tercipta kemandirian ekonomi dan kesuksesan bisnis.
“Perempuan merupakan potensi yang terpendam serta kurang dimanfaatkan untuk ekonomi Asia. Mereka hanya menyumbang 24% dari PDB di Asia Selatan dan Tenggara. Kami telah memikirkan hal ini dan situasi yang ada memanggil kami untuk bertindak. SheWorkz akan menjadi ekosistem manufaktur terdesentralisasi terbesar di dunia.” Ujar Ankiti Bose, selaku CEO dan Co-founder Zilingo.
Program SheWorkz secara langsung berkontribusi atas pembentukan klaster busana pertama di Indonesia untuk menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Kemenko Perekonomian, yang disebut klaster “Busana dan Gaya Hidup”.
“Program ‘Zilingo SheWorkz’ telah menciptakan klaster Fashion dan Gaya Hidup baru. Melalui program ini, mereka mampu menjangkau segmen baru dari masyarakat yang membutuhkan dukungan. Saya percaya bahwa para perempuan di industri manufaktur garmen akan mendapat manfaat dari pelatihan vokasi yang diberikan oleh Zilingo serta pinjaman modal usaha yang disalurkan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Darmin Nasution.
Berikut ini merupakan empat tahap program Zilingo SheWorkz, yang perlu paradiva tahu:
● Para perempuan akan diidentifikasi untuk kelayakan berpartisipasi dalam program, dan kemudian akan diikutkan dalam kursus pelatihan kejuruan selama 20 hari yang didanai secara penuh oleh Zilingo guna membangun keterampilan penting seperti pembuatan batik, desain pola, menjahit, kewirausahaan dan literasi keuangan.
● Para peserta kemudian dikelompokkan berdasarkan tingkat keterampilan dan letak geografis untuk membentuk pabrik mikro.
● Pabrik mikro ini kemudian dihubungkan ke pasar global melalui jaringan Zilingo di mana mereka memiliki kesempatan untuk menerima pesanan dari merek (brand) yang ada.
● Zilingo akan menyediakan akses ke keuangan mikro melalui jalur kredit terverifikasi dari para mitra.
Dengan menjalankan program ini, Zilingo memiliki tujuan untuk memperluas jangkauan SheWorkz dan meningkatkan keterampilan lebih dari 2.000 wanita di negara-negara seperti India, Bangladesh, Vietnam dan Kamboja pada tahun 2022.
Program SheWorkz memberikan kesempatan pada para perempuan yang ada di rumah untuk memanfaatkan waktu luang dan ruang di rumah mereka dengan memberikan mereka pelatihan kerja, pendanaan, dan peluang pengembangan bisnis, dengan demikian membawa perempuan kembali ke dunia kerja, sesuai dengan ketentuan dan persyaratan mereka sendiri.
Pada intinya, program ini mengatasi hambatan mendasar bagi para perempuan untuk memasuki dunia kerja. Misalnya, program SheWorkz menyediakan jam kerja yang fleksibel untuk menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga dengan memungkinkan perempuan untuk bekerja dari rumah.
Baca juga, Zilingo dapat kucuran US$226 juta untuk mantapkan teknologi
Artikel Terkait
BTS jadi Brand Ambassador Tokopedia
Tokopedia hari ini mengumumkan penunjukkan BTS sebagai Brand Ambassador. Melalui kolaborasi ini, ..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250
Traveloka & BRI berkolaborasi luncurkan PayLater Card
Traveloka hari ini mengumumkan kerja samanya dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)..
- by Rasya Putri
- 5 tahun lalu
- 3,250
Blibli.com gandeng Komunitas 1001Buku, Tingkatkan minat baca millennials
Melalui kerjasamanya dengan Komunitas Taman Baca 1001Buku tingkatkan, e-commerce Blibli.com mendo..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250
#OVOSyukuran2Tahun, Ovo kasih cashback hingga 60%
Ovo merupakan platform dompet digital yang berguna untuk memudahkan transaksi cashless pelanggan..
- by Jihan Nasir
- 5 tahun lalu
- 3,250