Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku Usaha Naik 2,5 Kali Lipat

Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku Usaha Naik 2,5 Kali Lipat
E-Commerce

Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku Usaha Naik 2,5 Kali Lipat

Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku Usaha Naik 2,5 Kali Lipat

Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku Usaha Naik 2,5 Kali Lipat # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Menjelang Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Tokopedia mengungkap data terbaru soal jumlah perempuan pelaku usaha di platformnya. Data tersebut menunjukkan adanya kenaikan.

Berdasarkan data internal yang disampaikan oleh Tokopedia, jumlah perempuan pelaku usaha naik sebesar 2,5 kali lipat di beberapa wilayah Indonesia seperti Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar dan Denpasar. Kenaikan tersebut terjadi selama tahun 2023.

SHOPEE Resmi jadi Mitra Pertama ASEAN CLUB CHAMPIONSHIP

“Ini artinya, keterlibatan perempuan di sektor kewirausahaan semakin meningkat dari waktu ke waktu, khususnya di Tokopedia,” ungkap Communications Senior Lead Tokopedia Antonia Adega dalam sebuah konferensi pers yang berlangsung secara daring, Jumat (19/4).

Sebelumnya, terungkap bahwa jumlah perempuan pelaku usaha yang memulai bisnis di Tokopedia selama pandemi meningkat 1,5 kali lipat dibanding laki-laki. Data tersebut dirilis oleh Riset LPEM FEB UI 2020.

Tokopedia dan TikTok Shop sendiri memiliki lebih dari 21 juta penjual. Dimana hampir 100% di antaranya ialah pelaku UMKM lokal.

Tokopedia

Dalam rangka mendorong partisipasi perempuan di sektor kewirausahaan, Tokopedia dan TikTok Shop melakukan berbagai inisitatif. Salah satunya ialah Kelas Perempuan Maju Digital.

Program Kelas Perempuan Maju Digital ini merupakan kolaborasi perusahaan dengan pemerintah daerah yang berfikus pada pelatihan digitalisasi usaha dan literasi keuangan para perempuan pelaku UMKM.

Kemudian, ada juga Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis di Pusat Edukasi Seller Tokopedia untuk mengedukasi perempuan pelaku UMKM agar makin tumbuh dan berkembang. Serta Beli Lokal Spesial Hari Kartini, dimana terdapat promo spesial Hari Kartini yang memungkinkan masyarakat berbelanja produk fesyen hingga kecantikan lebih hemat karena ada diskon khusus.

Di sisi lain, selama tahun 2023 (pascapandemi) dibandingkan tahun 2020 (pandemi), Tokopedia mencatat, Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado dan Pangkal Pinang merupakan beberapa wilayah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Online Jelang Lebaran 2024
E-Commerce

Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Online Jelang Lebaran 2024

Gadgetdiva.id – Setelah Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran turun, animo belanja masyarakat d..

SHOPEE Resmi jadi Mitra Pertama ASEAN CLUB CHAMPIONSHIP
E-Commerce

SHOPEE Resmi jadi Mitra Pertama ASEAN CLUB CHAMPIONSHIP

ASEAN Football Federation atau Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) telah mengumumkan Shopee sebagai..

Antusiasme Transaksi Shopee Live Saat Sahur Melonjak di Big Ramadan Sale!
E-Commerce

Antusiasme Transaksi Shopee Live Saat Sahur Melonjak di Big Ramadan Sale!

Gadgetdiva – Shopee hadir menyemarakkan momen spesial pengguna selama bulan Ramadan melalui..

Jelang Lebaran, Tokopedia Bagikan Tips Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman
E-Commerce

Jelang Lebaran, Tokopedia Bagikan Tips Persiapan Mudik yang Aman dan Nyaman

Gadgetdiva.id – Mudik atau pulang kampung adalah tradisi turun-temurun yang dilakukan sebag..


;