Penjualan Produk Lokal Makin Laris di Tokopedia, Naik 9 Kali Lipat
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Kamis, 25 April 2024 - 21:19 WIB
Gadgetdiva.id — Tokopedia mencatat kenaikan penjualan produk lokal di platformnya selama kampanye Beli Lokal sepanjang Ramadan-Lebaran 2024. Kenaikan tersebut terjadi sebesar 9 kali lipat.
“Kampanye Beli Lokal membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” ucap E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia Nuraini Razak pada konferensi pers di Jakarta pada Kamis (25/4).
Platform tersebut turut mencatat volume pesanan yang terjadi selama kampanye Beli Lokal di TikTok Shop meningkat sebesar 2,5 kali lipat di bulan Februari 2024. Kenaikan tersebut dibandingkan dengan rata-rata volume pesanan pada September 2023.
Sementara itu, Tokopedia juga mencatat adanya kenaikan penjualan pada produk groceries dan elektronik masing-masing kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari hingga 5 April 2024. Sedangkan, produk fesyen melonjak hampir 2,5 kali lipat.
Di samping itu, penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat di TikTok Shop. Angka tersebut meningkat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.
Adapun beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024 di pulau Sumatra dan Jawa adalah Groceries, Rumah Tangga dan Fashion. Sedangkan, di pulau Kalimantan, beberapa kategori yang terlaris adalah Elektronik, Groceries dan Rumah Tangga.
Di sisi lain, di pulau Sulawesi, Tokopedia mencatat kategori yang laris manis adalah Groceries, Elektronik dan Fashion. Di pulau Papua, kategori Elektronik, Groceries serta Olahraga dan Hobi adalah beberapa kategori yang terlaris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.
Produk Fashion Muslim Perempuan, Skincare dan Makanan Ringan menjadi kategori yang paling diburu masyarakat pada peride yang sama di TikTok Shop. Lebih lanjut, Nuraini mengungkap bahwa TikTok Shop dan Tokopedia kini telah memiliki lebih dari 21 juta penjual pada platformnya.
“Peluang dari momen Ramadan-Lebaran 2024 dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok untuk semakin gencar berkolaborasi demi menghadirkan banyak inisiatif, mulai dari Beli Lokal hingga Ramadan Ekstra Seru, yang dapat mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia, terutama brand lokal agar menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” tandasnya.
Artikel Terkait
Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku Usaha Naik 2,5 Kali Lipat
Gadgetdiva.id — Menjelang Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Tokopedia mengungk..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 8 bulan lalu
- 3,250
Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Online Jelang Lebaran 2024
Gadgetdiva.id – Setelah Tunjangan Hari Raya (THR) Lebaran turun, animo belanja masyarakat d..
- by Jundi Amrullah
- 8 bulan lalu
- 3,250
SHOPEE Resmi jadi Mitra Pertama ASEAN CLUB CHAMPIONSHIP
ASEAN Football Federation atau Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) telah mengumumkan Shopee sebagai..
- by Jundi Amrullah
- 8 bulan lalu
- 3,250
Antusiasme Transaksi Shopee Live Saat Sahur Melonjak di Big Ramadan Sale!
Gadgetdiva – Shopee hadir menyemarakkan momen spesial pengguna selama bulan Ramadan melalui..
- by Firda Zahara
- 8 bulan lalu
- 3,250