Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Senin, 29 April 2024 - 16:42 WIB
Gadgetdiva.id — Beberapa waktu lalu, Tokopedia mengumumkan akan menaikkan tarif layanan seller hingga 6 persen. Tarif baru tersebut berlaku mulai 1 Mei 2024 mendatang.
Kenaikan tarif biaya layanan ini berlaku untuk para seller Power Merchant dan Power Merchant Pro. Yakni, keanggotaan seller Tokopedia.
E-Commerce Communications Director Shop Tokopedia Nuraini Razak menyatakan bahwa tarif tersebut akan digunakan untuk keperluan para seller ke depannya. Salah satunya untuk menghadirkan program-program.
“Sebetulnya banyak banget (gunanya) yaitu untuk memberikan program-program lebih untuk seperti tadi, ini balik lagi investasi kita untuk seller bagaimana mereka bisa menjangkau lebih banyak konsumen, lebih banyak campaign dengan Tokopedia seperti Beli Lokal dkk diman itu semua ada komponen biayanya,” ungkap Nuarini Razak dalam acara Halal Bi Halal, Kamis (25/4).
Tarif biaya layanan ini akan berubah mulai dari 2 persen hingga 6,5 persen menyesuaikan dengan kategori produk yang dijual. Contohnya, kategori A akan dikenakan biaya 6,5 persen, sedangkan kategori E akan dieknakan biaya layanan 2 persen.
Kendati demikian, Nuarini menegaskan bahwa kenaikan biaya ini tidak akan memberatkan konsumen amupun para seller. Sebab, pihaknya sudah memperhitungakannya dan tidak mungkin baiaya tersebut naik secara tiba-tiba dengan jumlah yang luar biasa.
“Pastinya ini semua sudah diperhitungkan dan tidak mungkin kita tiba-tiba naikin (tarif layanan) dengan jumlah yang luar biasa,” imbuhnya.
Dia turut menyampaikan tarif ini tidak akan naik terlalu sering, hanya dalam waktu yang diperlukan saja. Lebih lanjut, pihaknya juga sudah memberi informasi kepada seller terkait kenaikan tarif ini.
“Biaya layanan kita baru naik tanggal 1 mei nanti dan saya belum tahu efeknya seperti apa tapi ini memang serupa dengan apa yang dilakukan beberapa platform lainnya kita justru yang paling terakhir,” jelas Nuraini.
Nuraini menegaskan kalau kenaikan tarif layanan ini sebetulnya dilakukan untuk investasi seller Tokopedia dan Shop Tokopedia.
Para seller bisa melakukan pengecekan harga pada situs Pusat Edukasi Seller Tokpedia. Kemudian, buka laman Tambah dan Edit.
Pada bagian kategori Produk, masukkan kategori Produk Kalian. Lalu, klik keterangan biaya layanan per produk.
Artikel Terkait
Erajaya Umumkan Kemitraan dengan DJI dan Fujifilm
Gadgetdiva.id – Erajaya, perusahaan terkemuka dalam industri teknologi, telah mengumumkan k..
- by Jundi Amrullah
- 6 bulan lalu
- 3,250
Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Ramadan-Lebaran 2024
Gadgetdiva.id – Tokopedia dan TikTok, dua raksasa dalam dunia e-commerce dan media sosial, ..
- by Jundi Amrullah
- 6 bulan lalu
- 3,250
Penjualan Produk Lokal Makin Laris di Tokopedia, Naik 9 Kali Lipat
Gadgetdiva.id — Tokopedia mencatat kenaikan penjualan produk lokal di platformnya selama ka..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 6 bulan lalu
- 3,250
Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku Usaha Naik 2,5 Kali Lipat
Gadgetdiva.id — Menjelang Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Tokopedia mengungk..
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- 7 bulan lalu
- 3,250