Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia

Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia
E-Commerce

Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia

Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia

Tarif Layanan Seller Naik 6 Persen, Ini Kata Tokopedia # Sumber : gadgetDiva

Gadgetdiva.id — Beberapa waktu lalu, Tokopedia mengumumkan akan menaikkan tarif layanan seller hingga 6 persen. Tarif baru tersebut berlaku mulai 1 Mei 2024 mendatang.

Kenaikan tarif biaya layanan ini berlaku untuk para seller Power Merchant dan Power Merchant Pro. Yakni, keanggotaan seller Tokopedia.

Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Ramadan-Lebaran 2024

E-Commerce Communications Director Shop Tokopedia Nuraini Razak menyatakan bahwa tarif tersebut akan digunakan untuk keperluan para seller ke depannya. Salah satunya untuk menghadirkan program-program.

“Sebetulnya banyak banget (gunanya) yaitu untuk memberikan program-program lebih untuk seperti tadi, ini balik lagi investasi kita untuk seller bagaimana mereka bisa menjangkau lebih banyak konsumen, lebih banyak campaign dengan Tokopedia seperti Beli Lokal dkk diman itu semua ada komponen biayanya,” ungkap Nuarini Razak dalam acara Halal Bi Halal, Kamis (25/4).

Tarif biaya layanan ini akan berubah mulai dari 2 persen hingga 6,5 persen menyesuaikan dengan kategori produk yang dijual. Contohnya, kategori A akan dikenakan biaya 6,5 persen, sedangkan kategori E akan dieknakan biaya layanan 2 persen.

Kendati demikian, Nuarini menegaskan bahwa kenaikan biaya ini tidak akan memberatkan konsumen amupun para seller. Sebab, pihaknya sudah memperhitungakannya dan tidak mungkin baiaya tersebut naik secara tiba-tiba dengan jumlah yang luar biasa.

“Pastinya ini semua sudah diperhitungkan dan tidak mungkin kita tiba-tiba naikin (tarif layanan) dengan jumlah yang luar biasa,” imbuhnya.

Dia turut menyampaikan tarif ini tidak akan naik terlalu sering, hanya dalam waktu yang diperlukan saja. Lebih lanjut, pihaknya juga sudah memberi informasi kepada seller terkait kenaikan tarif ini.

“Biaya layanan kita baru naik tanggal 1 mei nanti dan saya belum tahu efeknya seperti apa tapi ini memang serupa dengan apa yang dilakukan beberapa platform lainnya kita justru yang paling terakhir,” jelas Nuraini.

Nuraini menegaskan kalau kenaikan tarif layanan ini sebetulnya dilakukan untuk investasi seller Tokopedia dan Shop Tokopedia.

Para seller bisa melakukan pengecekan harga pada situs Pusat Edukasi Seller Tokpedia. Kemudian, buka laman Tambah dan Edit.

Pada bagian kategori Produk, masukkan kategori Produk Kalian. Lalu, klik keterangan biaya layanan per produk.


author-img_1

Nadhira Aliya Nisriyna

Reporter

Bergabung di Gadgetdiva.id sejak Maret 2020. Gemar menonton film, drama dan series. Pernah jadi Editor di deCODE Magazine.

Artikel Terkait

Erajaya Umumkan Kemitraan dengan DJI dan Fujifilm
E-Commerce

Erajaya Umumkan Kemitraan dengan DJI dan Fujifilm

Gadgetdiva.id – Erajaya, perusahaan terkemuka dalam industri teknologi, telah mengumumkan k..

Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Ramadan-Lebaran 2024
E-Commerce

Tokopedia dan TikTok Ungkap Tren Belanja Ramadan-Lebaran 2024

Gadgetdiva.id – Tokopedia dan TikTok, dua raksasa dalam dunia e-commerce dan media sosial, ..

Penjualan Produk Lokal Makin Laris di Tokopedia, Naik 9 Kali Lipat
E-Commerce

Penjualan Produk Lokal Makin Laris di Tokopedia, Naik 9 Kali Lipat

Gadgetdiva.id — Tokopedia mencatat kenaikan penjualan produk lokal di platformnya selama ka..

Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku Usaha Naik 2,5 Kali Lipat
E-Commerce

Tokopedia: Jumlah Perempuan Pelaku Usaha Naik 2,5 Kali Lipat

Gadgetdiva.id — Menjelang Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, Tokopedia mengungk..


;