E-Commerce

100% Penjual di Tokopedia adalah UMKM Lokal: Pertumbuhan Signifikan di 2024

post-img

Source : Tokopedia

GadgetDivaTokopedia dan ShopTokopedia terus memperkuat posisinya sebagai rumah bagi lebih dari 21 juta penjual di seluruh Indonesia, di mana hampir 100% di antaranya adalah pelaku UMKM lokal. Hal ini mencerminkan komitmen Tokopedia dalam mendukung pengusaha kecil dan menengah di tanah air.

Director of Corporate Affairs Tokopedia dan ShopTokopedia, Nuraini Razak, mengungkapkan bahwa platform ini mencatat kenaikan signifikan dalam jumlah penjual, pembeli, dan transaksi pada semester pertama 2024. Menurutnya, jumlah penjual di Tokopedia menunjukkan peningkatan yang mengesankan.

Shopee Ekspor 26 Juta Produk Lokal ke Asia Timur dan Amerika Latin

"Pada tahun 2022, jumlah penjual tercatat lebih dari 12 juta, dan meningkat menjadi lebih dari 14 juta pada tahun 2023. Sedangkan, di ShopTokopedia, jumlah penjual meningkat hampir 20%, dari lebih dari 7 juta pada tahun 2023 menjadi lebih dari 7 juta pada tahun 2024. Ini menunjukkan bahwa platform e-commerce ini berhasil menarik lebih banyak pengusaha lokal untuk bergabung dan memperluas bisnis mereka," katanya, seperti dikutip dari keterangan resmi

Sejumlah wilayah di Indonesia mengalami peningkatan jumlah penjual yang signifikan di Tokopedia. Wilayah seperti Yahukimo di Papua Pegunungan, Malaka di Nusa Tenggara Timur, Seluma di Bengkulu Selatan, Sukamara di Kalimantan Tengah, dan Sikka di Nusa Tenggara Timur, mengalami peningkatan jumlah penjual hampir 2,5 kali lipat. Hal ini menunjukkan bahwa UMKM dari berbagai daerah mulai melihat peluang besar yang ditawarkan oleh platform e-commerce.

Baca Juga :

author-img_1

Siti Sarifah Aliah

Reporter

Jurnalis teknologi dan gadget sejak 2005. Mulai dari Majalah Digicom, pernah di Tabloid Ponselku, pendiri techno.okezone.com, 5 tahun di Viva.co.id, 2 tahun di Uzone.id. Pernah bikin majalah digital Klik Magazine, sempat di perusahaan VAS Celltick Technologies. Sekarang jadi founder Gadgetdiva.id, bantuin Indotelko.com dan Gizmologi.id. Supermom dengan 2 orang superkids. update

Artikel Terkait

Inspirasi OOTD Idul Adha: Manfaatkan Diskon 95% di Tokopedia Flash Sale!
E-Commerce

Inspirasi OOTD Idul Adha: Manfaatkan Diskon 95% di Tokopedia Flash Sale!

Dapatkan inspirasi OOTD Idul Adha dengan diskon hingga 95% di Tokopedia Flash Sale. Tokopedia dan Sh..

Shopee Ekspor 26 Juta Produk Lokal ke Asia Timur dan Amerika Latin
E-Commerce

Shopee Ekspor 26 Juta Produk Lokal ke Asia Timur dan Amerika Latin

Shopee dilaporkan berhasil mengekspor lebih dari 26 juta produk lokal ke berbagai negara. Terutama d..

Diduga Langgar Aturan Usaha, KPPU Selidiki Lazada
E-Commerce

Diduga Langgar Aturan Usaha, KPPU Selidiki Lazada

Menurut laporan dari KPPU, Lazada diindikasi melakukan tindakan diskriminatif yang berpotensi mengha..

Erajaya Boyong Trio Produk Baru Dari  NOTHING Ke Indonesia
E-Commerce

Erajaya Boyong Trio Produk Baru Dari NOTHING Ke Indonesia

Erajaya Active Lifestyle telah mengumumkan ketersediaan tiga produk terbaru dari merek Nothing, yakn..


;