Blibli akan distribusi beras ke seluruh Indonesia

Blibli akan distribusi beras ke seluruh Indonesia
E-Commerce

Blibli akan distribusi beras ke seluruh Indonesia

Blibli akan distribusi beras ke seluruh Indonesia

Blibli akan distribusi beras ke seluruh Indonesia # Sumber : gadgetDiva

Blibli ditunjuk sebagai mitra e-commerce eklusif untuk dukung Kementerian Pertanian dalam distribusi bahan pangan beras ke seluruh Indonesia. Kerjasama ini menjalankan program Komando Strategi Penggilingan (Kostraling) yang memudahkan penyediaan dan distribusi bahan pangan ke masyarakat terutama di masa wabah COVID-19.

Kategori produk ini paling diburu selama pandemi di Tokopedia

Melalui program ini, Kementan secara resmi melakukan penandatangan nota kesepahaman atau MoU dengan Blibli di Kantor Pusat Kementan hari ini. Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dengan penandatanganan antara Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi dan CEO Blibli Kusumo Martanto dalam hal pemanfaatan jasa penyediaan dan distribusi beras melalui platform online Blibli.

 

“Pada masa wabah COVID-19 ini ada 2 agenda utama yang menjadi prioritas utama negara, yaitu bidang kesehatan dan pemenuhan pangan. Meskipun ada wabah, petani diminta tetap semangat dan Kementan akan memberikan bantuan untuk memperlancar produksi,” kata Syahrul.

Pada kesempatan ini pun, Syahrul menyaksikan langsung panen raya di seluruh wilayah Indonesia. Video conference kali ini diikuti oleh 332 titik yang menggambarkan kabupaten yang sedang panen padi dan jagung, bahkan ada 12 Bupati yang bergabung dari Serdang Bedagai, Banyuasin, Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Cianjur, Balangan, Barru, Banggai, Konawe Selatan, Sumbawa Barat, Dompu dan Nagekeo.

Kementan memperkirakan puncak panen akan terjadi pada April dengan luas 1,73 juta ha dengan produksi 5,27 juta ton beras dan berlanjut pada Mei dengan luas panen sekitar 1,38 juta ha atau setara dengan produksi 3,81 juta ton beras. Luas panen Mei ini masih lebih tinggi dari Maret lalu.

Pada masa puncak panen raya Kementan lakukan antisipasi untuk mejaga kestabilan harga. Salah satu solusinya adalah melalui Kostraling (Komando Startegi Penggilingan Padi) melalui pendekatakan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Rata-rata harga di tingkat petani maret lalu Rp 4.600/kg, dan sesuai Permendag No 24 Tahun 2020 yang baru HPP GKP di tingkat petani naik sebesar Rp 4.200/kg dan diperkirakan akan turun saat puncak panen raya.

“Kami meminta daerah segera menyerap KUR dan meminta daerah mengawal harga jangan sampai di bawah HPP,” ujar Syahrul.

CEO Blibli, Kusumo Martanto mengaku merasa senang telah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementan sebagai mitra e-commerce ekslusif untuk mendukung ketersediaan bahan pangan beras bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Blibli berharap dengan kualitas tim terbaik, sarana dan prasarana, serta teknologi yang dimiliki dapat memberikan dukungan yang maksimal serta memudahkan upaya Pemerintah dalam menyediakan bahan pangan beras,” ujar Kusumo.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi menegaskan kerjasama ini merupakan terobosan nyata untuk memudahkan akses konsumen membeli beras melalui jasa aplikasi online sekaligus membantu menyerap gabah petani agar tidak di bawah. Yaitu dengan menggandeng kostraling/penggilingan padi untuk membeli gabah petani dan kemudian memasok beras untuk dijual melalui jasa online.

“Kami dekatkan produsen dan konsumen agar memperlancar distribusi karena dengan kondisi wabah Corona dan kebijakan pemerintah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar, red) yang menjadi persoalan adalah distribusi yang kemudian akan berdampak pada harga,” tegasnya.

Baca juga, Pandemi COVID-19, Blibli pastikan pengoperasian sistem logistiknya berjalan normal


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Kolaborasi Blibli dan Samsung, bisa belanja gadget dari rumah!
E-Commerce

Kolaborasi Blibli dan Samsung, bisa belanja gadget dari rumah!

Blibli menjadi exclusive e-commerce partner inisiatif #ShopFromHome yang diinisiasi oleh Samsung..

Kategori produk ini paling diburu selama pandemi di Tokopedia
E-Commerce

Kategori produk ini paling diburu selama pandemi di Tokopedia

Tokopedia umumkan kategori produk paling diminati masyarakat selama pandemi COVID-19 berlangsung,..

Menyambut Ramadhan, Zilingo luncurkan kampanye digital
E-Commerce

Menyambut Ramadhan, Zilingo luncurkan kampanye digital

Platform Zilingo Trade, kembali hadir dengan peluncuran kampanye terbarunya untuk momen Ramadhan,..

#JagaEkonomiIndonesia, Tokopedia tak gelar Ramadan Ekstra
E-Commerce

#JagaEkonomiIndonesia, Tokopedia tak gelar Ramadan Ekstra

Ramadan Ekstra telah menjadi tradisi belanja terbesar dari Tokopedia. Namun, mengingat adanya pan..


;