Menjelang Imlek, ShopBack Lakukan Survei Konsumen Online Shopping

Menjelang Imlek, ShopBack Lakukan Survei Konsumen Online Shopping
E-Commerce

Menjelang Imlek, ShopBack Lakukan Survei Konsumen Online Shopping

Menjelang Imlek, ShopBack Lakukan Survei Konsumen Online Shopping

Menjelang Imlek, ShopBack Lakukan Survei Konsumen Online Shopping # Sumber : gadgetDiva

Diva says – Shopback imlek merupakan survei menyambut Tahun Baru Imlek yang melibatkan platform e-commerce. Ini merupakan perhelatan akbar warga Tiongkok yang paling ditunggu setiap tahunnya. Beberapa tradisi juga dilakukan termasuk tradisi memberikan Angpao serta membeli pakaian baru.

Menjelang Imlek, ShopBack platform dengan pelopor solusi belanja cermat dan hemat di wilayah Asia Pasifik, mencoba mencari tahu kebiasaan masyarakat Indonesia saat dan menjelang Imlek dengan melakukan survei lebih dari 1100 responden berusia 18-28 tahun di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar.

Hari Valentine, Blibli.com ada cashback dan diskon sampai 90 persen

Berdasarkan hasil survei Shopback Imlek, hampir 60,3 persen responden mengaku membeli perlengkapan imlek di toko online. Belanja di toko online dianggap lebih efisien, murah, dan gampang tanpa harus keluar rumah. Barang-barang yang paling banyak dibeli di toko online meliputi baju baru, pernak-pernik imlek, groseri dan makanan, peralatan rumah tangga, serta kosmetik.

Berbelanja online menjadi kegiatan yang dipilih responden untuk dilakukan selama liburan Imlek tahun ini, dengan persentase 26%. Kedua terbanyak setelah berkumpul bersama keluarga, dengan persentase 67,8%. Demikian menurut survei Shopback Imlek.

“Berdasarkan hasil survei ShopBack, jika dibandingkan antara rata-rata uang yang dibelanjakan masyarakat khususnya untuk imlek di toko online dan offline tidak terlalu menunjukkan perbedaan yang signifikan.” Ungkap Indra Yonathan, Co-Founder & Country Head of Shopback Indonesia.

Yonathan menambahkan beberapa tahun belakang, semakin banyak masyarakat melakukan transaksi di toko online. dua atau tiga tahun lalu, masyarakat masih enggan untuk menghabiskan banyak uang untuk berbelanja online. Hal ini disebabkan tingkat kepercayaan serta keamanan dalam bertransaksi online masih terbilang rendah pada saat itu. “Rata-rata keseluruhan responden menghabiskan hingga Rp 725.000 di toko online dan Rp 890.000 di toko offline untuk membeli kebutuhan Imlek,” tambahnya.

Menunjang peningkatan berbelanja online terhadap masyarakat, ShopBack memberikan hasil survei yang menarik seperti dibawah ini.

  1. Wanita Lebih Suka Beli Baju Baru Imlek di Platform E-commerce

Imlek memang gak lepas dari tradisi membeli baju baru. Berdasarkan survei ShopBack, lebih dari 54,9% responden mengaku membeli baju baru untuk merayakan Imlek di toko online. Menariknya, terdapat perbedaan mencolok akan pola perilaku belanja saat imlek antara Wanita dan Pria. Wanita ternyata lebih senang membeli baju di platform online, sedangkan Pria lebih senang membeli baju di toko offline, seperti Mall, Butik dan Toko Baju.

  1. Top 5 Platform E-commerce Favorit Masyarakat Saat Imlek

Dalam hal berbelanja online di saat Imlek, ShopBack mencoba mencari tahu platfrom e-commerce apa yang menjadi favorit masyarakat. Berdasarkan survei, Shopee memuncaki platform e-commerce favorit saat imlek dengan persentase 32%. Tokopedia (26%), Lazada (21%), MatahariMall (10%) dan Zalora (4%), berada diperingkat berikutnya.

  1. Uang Angpao Untuk Beli Barang dan Ditabung

Dari 42,9% responden yang mengaku masih menerima Angpao akan menyisihkan beberapa persen dari uang yang diterima untuk di tabung. Berdasarkan survei, nilai rata-rata keseluruhan responden akan menyimpan sebanyak 52% dari uang Angpao yang diterima sebagai tabungan, dan sisanya 48% digunakan untuk berbelanja (membeli barang/produk, buat makan-makan, dan jalan-jalan).

  1. Beli Perlengkapan Imlek Seminggu Sebelum Imlek.

Berdasarkan survei ShopBack, sebanyak 40,1% responden sudah mulai membeli perlengkapan Imlek seminggu sebelum perayaan Imlek berlangsung. Sebanyak 24% mulai membeli perlengkapan dua minggu sebelum dan 16,4% sebulan sebelum.

 

Baca Juga: Hari Valentine, Blibli.com ada cashback dan diskon sampai 90 persen


author-img_1

Jihan Nasir

Reporter

Artikel Terkait

Ternyata ini yang dilakukan emak-emak digital saat me time
E-Commerce

Ternyata ini yang dilakukan emak-emak digital saat me time

Diva says – Belanja online bisa dibilang sudah menjadi aktivitas harian para ibu digital atau d..

Hari Valentine, Blibli.com ada cashback dan diskon sampai 90 persen
E-Commerce

Hari Valentine, Blibli.com ada cashback dan diskon sampai 90 persen

Diva says – Blibli cashback hadir lagi. Dalam rangka perayaan hari Valentine dan menyambut Imle..

Fakta Mengejutkan Kalangan Millennial Hadapi Transaksi Nontunai
E-Commerce

Fakta Mengejutkan Kalangan Millennial Hadapi Transaksi Nontunai

Diva says – Millennial dan nontunai merupakan hal yang tidak bisa dipungkiri. Dijaman yang serb..

Perkenalkan Iklan Baris Online, OLX Gelar Connec TOLX
E-Commerce

Perkenalkan Iklan Baris Online, OLX Gelar Connec TOLX

Diva says – Iklan baris OLX merupakan salah satu teknologi digital yang bisa memudahkan masyara..


;