Gandeng Shopee, YouTube Shopping Resmi Beroperasi di Indonesia
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Rabu, 18 September 2024 - 21:30 WIB
GadgetDiva – Setelah TikTok Shop, kini YouTube Shopping resmi memperluas operasionalnya di Indonesia pada Rabu (18/9). Fitur ini merupakan Program Afiliasi YouTube Shopping.
Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mencicipi fitur YouTube Shopping. Selanjutnya, fitur ini akan diluncurkan di Thailand dan Vietnam dalam beberapa minggu mendatang. Sebelumnya, fitur ini telah terlebih dahulu tersedia di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Korea.
Dalam menghadirkan fitur YouTube Shopping ke Indonesia, perusahaan bekerja sama dengan Shoppe Indonesia. Fitur ini memungkinkan para kreator untuk mendapatkan komisi saat merekomendasikan produk dalam video, memudahkan penonton menemukan dan membeli produk yang mereka minat.
Dengan hadirnya fitur YouTube Shopping ini, para kreator juga bisa mendapatkan penghasilan mereka dari YouTube. Sekaligus, memberikan pengalaman berbelanja bagi penggunanya di Indonesia.
Source :gadgetdiva.id
"YouTube Shopping memudahkan para penggemar berbelanja rekomendasi dari keator favorit, sekaligus memberikan kesempatan bagi brand untuk bekerja sama dengan kreator konten terpercaya untuk mempromosikan produk mereka. Kami sangat antusias membawanya ke Indonesia," ungkap General Manager dan Vice President Youtube Shopping Travis Katz dalam acara konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Selasa (17/9).
Nantinya, para kreator Youtube Indonesia dapat mendaftarkan diri untuk bergabung di Program Afiliasi YouTube Shopping. Mereka yang dinyatakan memenuhi persyaratan kelayakan dapat bergabung dalam program dengan menyelesaikan pendaftaran sederhana.
Program ini akan memberi mereka akses untuk menandai produk dari usaha kecil dan menengah serta usaha mikro yang dijual di Shopee dalam konten mereka. Nantinya, semua transaksi belanja akan diselesaikan oleh pembeli di aplikasi Shopee.
Source :gadgetdiva.id
"Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan fitur ini untuk berinteraksi dengan penggemar mereka, menampilkan produk-produk baru, dan menghasilkan pendapatan tambahan. Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di platform kami, serta terus berkontribusi pada perkembangan ekonomi digital Indonesia." tandas Direktur Regional APAC YouTube Ajay Vidyasagar dalam kesempatan yang sama.
Adapun beberapa opsi monetisasi yang dapat digunakan oleh para kreator. Di antaranya ialah Pendapatan Iklan, Pendapatan YouTube Premium, Channel Membership, Super Thanks, Super Chat dan Super Stickers.
YouTube berencana untuk mengundang lebih banyak mitra ke program afiliasi ini di masa mendatang untuk memperluas opsi produk yang dapat ditandai bagi para kreator dan mendukung lebih banyak merek dari berbagai ukuran untuk memperkenalkan produk mereka melalui berbagai video kreator.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Artikel Terkait
Riset Ungkap 60% Orang Indonesia Pilih Belanja di Ecommerce
Dalam hal pembelian, sekitar 41% responden membeli produk skincare secara rutin setiap bulan, dengan..
- by Jundi Amrullah
- 2 bulan lalu
- 3,250
Penjualan Brand Lokal Naik 5X Lipat pada Shopee 9.9 Super Shopping Day
Shopee 9.9 Super Shopping Day, yang berlangsung hingga 9 September, telah menjadi momen penting bagi..
- by Jundi Amrullah
- 2 bulan lalu
- 3,250
Sambut Hari Olahraga Nasional, Ini Rekomendasi Brand Lokal di Tokopedia
Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang diperingati setiap 9 September semakin mendekat, Tokopedia ser..
- by Jundi Amrullah
- 2 bulan lalu
- 3,250
Erajaya Hadirkan Layanan Click & Pickup di Gelaran erafone Roadshop
Erajaya Digital akan menyelenggarakan perhelatan erafone Roadshop di delapan kota di Pulau Sumatera ..
- by Jundi Amrullah
- 2 bulan lalu
- 3,250