GadgetDIVA - Masuki tahun 2022, GoSend perkuat inovasi logistik online. Mereka ingin mengoptimalkan layanan logistik bagi pelaku usaha maupun konsumen.
Beberapa waktu terakhir ini, e-commerce dan peningkatan kebutuhan pengiriman menjadi tren di masyarakat. Hal tersebut membuat kolaborasi yang dilakukan GoSend dan Tokopedia terus berdampak postif bagi ekosiste.
Seperti yang dipaparkan oleh Stevan Halim, Head of Logistics Gojek. Ia menyatakan bahwa pada periode awal 2021, pihaknya mencatat peningkatan 116% jumlah seller pengguna GosSend di platform partner e-commerce dibandingkan awal pandemi. Rata-rata jumlah order mitra driver Gojek pun naik 70% kali lipat di 2021.
Baca Juga
“Melalui ragam insiatif tersebut, GoSend dapat menghadirkan layanan yang cepat, aman dan hemat bagi para pengguna dan pelaku usaha serta mendukung pendapatan mitra driver,” jelas Steven pada acara virtual yang dilakukan GoSend bersama media pada Jum’at (28/1) lalu.
Dengan menerapkan ekosistem hyperlocal-on-demand, GoSend mampu lakukan pengiriman cepat on-demand dan jadi kepercayaan pelaku usaha dan konsumen.
Baca Juga
Kebutuhan pengiriman cepat di era pandemi, lanjut Steven, sangat dirasakan oleh para pelaku usaha. Dimana melalui GoSend API (Application Programming Interface), ribuan partner dan jutaan sellers mampu gunakan layanan mereka dengan mudah secara langsung melalui integrasi platform usaha.
Menurut data yang tercatat, jumlah total transaksi GoSend API melalui top partners meningkat 41% pada H1 2021. “Seperti kebutuhan pengiriman paket dan ekspektasi pengguna yang terus bertambah, kami juga akan terus gesit seperti para mitra driver GoSend untuk menjemput peluang layanan logistik masa depan lewat berbagai inovasi dan mengantar layanan logistik terbaik kepada masyarakat,” tambah Steven.
Masuki tahun 2022, Gojek melihat bahwa saat ini masyarakat memiliki ekspektasi tinggi terhadap kecepatan dan keandalan pengiriman. Selain itu, makin banyak masyarakat yang menggunakan layanan logistik untuk pengiriman barang sehari-hari.
Di antaranya adalah sembako, perlengkapan kantor, serta peralatan kesehatan. Di samping itu, penggunaan layanan pengiriman untuk menunjang bisnis online juga kian menjadi prioritas dan minat terhadap kemudahan pengiriman last mile ikut meningkat.
GoSend sendiri telah menyiapkan beragam inovasi di tahun 2022. Inovasi tersebut berfokus pada Inovasi dan Inklusivitas sebagai berikut.
1. Inovasi Layanan Pengiriman Khusus untuk Partner E-Commerce
GoSend akan menghadirkan inovasi layanan yang disesuaikan bagi kebutuhan partner e-commerce. Salah satu kolaborasi yang nanti dapat dirasakan adalah pengiriman lebih awal, dengan pesanan GoSend sebelum jam operasional untuk mempercepat pengiriman oleh partner.
- Lebih tenang, paket lebih aman dengan Premium Insurance
GoSend akan makin memperkuat posisinya sebagai layanan logistik terpercaya dengan menghadirkan proteksi ekstra untuk barang yang dikirim. Melengkapi opsi asuransi yang telah diberikan. Premium Insurance dari GoSend akan memberikan perlindungan asuransi dengan nilai tanggungan hingga Rp 20.000.000,-.
- Kirim barang lebih besar dengan armada roda empat
Pengguna GoSend akan bisa mengirim barang dalam jumlah lebih banyak dengan ukuran lebih besar lewat kehadiran armada mobil GoSend.
- Kirim ke banyak alamat sekaligus pakai GoSend Multi-Delivery
Para pelaku usaha kini bisa makin praktis mengirim barang pesanan ke banyak konsumen sekaligus. GoSend Multi-Delivery memungkinkan mitra driver GoSend mengambil paket dari satu alamat pengiriman dan mengantarkannya ke hingga 5 lokasi pengiriman yang berbeda. Dengan GoSend Multi-Delivery, waktu pengiriman bisa menjadi lebih efisien, hemat biaya pengiriman hingga 30%, mudah dilacak, serta mengurangi jejak karbon. Layanan GoSend Multi-Delivery sudah hadir dalam skala nasional.
Selain membuat inovasi, GoSend juga memberi solusi logistik untuk para pengguna. Berikut adalah solusinya.
Bisnis online tanpa ribet, GoSend perkuat integrasi melalui platformizing
GoSend telah dan akan terus memperkuat kolaborasinya dengan berbagai e-commerce dan memudahkan sinergi GoSend API: Platform Layanan Online Logistik untuk semua.Dengan inisiatif ini, layanan GoSend akan makin terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce dan banyak partner usaha lainnya untuk dengan mudah mendapatkan solusi logistik online terpercaya.
GoSend perluas wilayah layanan
Setelah sukses dengan kehadirannya GoSend Sameday di wilayah Jadetabek, Bandung & Surabaya untuk layanan GoSend Sameday dan GoSend Intercity di Jadetabek, Bandung, Jogjakarta, Solo, Malang, Sidoarjo & Semarang, GoSend akan mengaspal kembali dengan kedua layanan tersebut di wilayah pulau Jawa. Selain itu, setelah Vietnam, GoSend telah siap melebarkan sayap go international dan menghadirkan GoSend Instant di negara lain di Asia Tenggara.
Komitmen terhadap UMKM
Pada tahun 2022 ini, GoSend akan meluncurkan ragam inisiatif yang memperkokoh komitmen berkelanjutan GoSend untuk mendukung para pelaku usaha.
Fokus GoSend dalam menghadirkan inovasi dan inklusivitas layanan merupakan langkah nyata keterlibatan GoSend dalam gerakan #BangkitBersama. Dengan menggabungkan solusi logistik, mobilitas, e-commerce, serta layanan keuangan di dalam ekosistem GoTo dalam membantu masyarakat, termasuk UMKM dan Pekerja Sektor Informal, diharapkan gerakan ini dapat membantu bangkit kembali saat pandemi COVID-19 mereda, sekaligus membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.
Berdasarkan survei LD FEB UI tahun 2021, 35% social seller mengalami perbaikan pendapatan pada usaha online mereka sejak mulai menggunakan GoSend. Di mana pada umumnya social seller ini merasa terbantu dengan tiga hal yang ditawarkan oleh layanan GoSend yaitu Live Tracking, Fitur chat dengan driver, serta promosi/diskon pengiriman.
Marsela Renata, Head of Marketing Logistic Gojek menegaskan komitmennya untuk terus hadir mendukung pertumbuhan UMKM, “Lewat kampanye BestSeller, GoSend melangkah jauh dalam memberi dukungan untuk UMKM dan pelaku usaha. Tak berhenti pada inovasi produk yang semakin memudahkan, kami juga menyiapkan serangkaian program yang disiapkan untuk mendukung mereka menjadi penjual-penjual terbaik (Best Seller). Bentuknya beragam mulai dari promo spesial, Grup BestSeller, program loyalty, penghargaan, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi.”
Baca juga: Gojek Beber Inovasi Tahun 2022
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Tinggalkan Komentar...