Penjual Batik Alami Kenaikan Transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Rabu, 2 Oktober 2024 - 17:17 WIB
GadgetDiva – Fashion Apparel and Campaign Senior Director Tokopedia and TikTok E-Commerce Desey Murhalina Bungsu membeberkan bahwa penjual batik mengalami peningkatan transaksi selama program Melokal Dengan Batik. Peningkatan tersebut terjadi dari 25 Januari hingga 7 Februari 2024.
"Penjual yang berpartisipasi di Melokal Dengan Batik mengalami rata-rata kenaikan transaksi lebih dari 90%," jelas Desey dalam acara konferensi pers Hari Batik Nasional di Jakarta, Rabu (2/10).
Sayangnya, Desey tak menjelaskan lebih lanjut terkait kenaikan transaksi para penjual batik tersebut. Di sisi lain, Tokopedia dan ShopTokopedia telah memberdayakan sekitar lebih dari 550 perajin batik di Yogyakarta, Solo dan Pekalongan.
Di program Melokal Dengan Batik di Tokopedia, ditemukan kenaikan penjualan transaksi produk batik sebesar lebih dari 1,5 kali lipat (sumber: Tokopedia, data kuartal III 2024 dibandingkan kuartal II 2024). Produk tersebut di antaranya ialah jaket, syal dan blouse.
Source :gadgetdiva.id
Selain itu, sejumlah wilayah seperti Halmahera Tengah, Seluma, dan Rokan Hilir juga mengalami kenaikan transaksi produk batik. Yakni, rata-rata lebih dari 17 kali lipat.
Sedangkan, untuk program Melokal Dengan Batik di ShopTokopedia juga mengalami kenaikan transaksi lebih dari 3 kali lipat (sumber: Tokopedia, data kuartal III 2024 dibandingkan kuartal II 2024). Terutama untuk produk batik seperti kain, kemeja dan sarung.
Selain itu, sejumlah wilayah mengalami kenaikan sebesar hampir 50%. Kenaikan tersebut terjadi di beberapa wilayah seperti Jabodetabek, Pekalongan, dan Solo.
Brand lokal batik yang ikut dalam berbagai inisiatif atau kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia merasakan dampak positif. Contohnya, OE yang mengalami kenaikan penjualan 1,5 kali lipat, dan Nona Rara yang mendapatkan pelanggan 3 kali lipat lebih banyak.
Desey turut menyampaikan bahwa sektor tekstil dan pakaian termasuk batik, masing-masing menyumbang 1,4% dan 4,3% pada PDB kuartal III tahun 2023 di industri pengolahan non-migas. Industri batik merupakan sektor padat karya yang telah menyerap jutaan tenaga kerja.
"Lewat berbagai inisiatif yang telah dilakukan Tokopedia dan ShopTokopedia bersama para mitra strategis, kami berharap akan lebih banyak lagi brand fashion lokal--khususnya batik--yang merasakan kemudahan dan manfaat berbisnis online, serta makin banyak masyarakat yang bangga menggunakan produk fashion lokal termasuk batik," tandas Desey.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Artikel Terkait
Erajaya Hadirkan Promo Glegar Gadget dan UR Festival
Erajaya Active Lifestyle (ticker code: ERAL), melalui merek Urban Republic, mengadakan promosi belan..
- by Jundi Amrullah
- 2 bulan lalu
- 3,250
Rahasia Sukses Amel Queens Raup Ratusan Juta di Shopee Live
Amel Queens sukses meraup penghasilan ratusan juta rupiah di Shopee Live dengan berbagi tips fashion..
- by Herning Banirestu
- 2 bulan lalu
- 3,250
Riset Ungkap 59% Orang Pernah Beli Produk dari Promosi Afiliator
Riset Populix menunjukkan bahwa program afiliasi efektif dalam mendorong penjualan, dengan 59% respo..
- by Jundi Amrullah
- 2 bulan lalu
- 3,250
Rekomendasi Brand Fashion Lokal untuk Gaya Minimalis dari Tokopedia & ShopTokopedia
Tokopedia dan ShopTokopedia merekomendasikan brand lokal fashion minimalis dengan promo spesial. Tem..
- by Herning Banirestu
- 2 bulan lalu
- 3,250