GadgetDIVA - Perusahaan riset pasar, IPSOS Indonesia baru saja menerbitkan penelitian terbaru seputar pengalaman dan kepuasan masyarakat Indonesia di platform e-commerce. Shopee menjadi platform yang paling digemari.
Riset yang bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-Commerce” ini melibatkan responden yang rutin berbelanja online melalui e-commerce di Indonesia. Riset tersebut menggunakan metode Online Panel.
“Melalui riset ISPOS kali ini, kami ingin mengidentifikasi platform Marketplace mana yang berhasil unggul dalam skala tingkat kepuasan pengguna serta aspek apa saja yang mempengaruhi pilihan tersebut,” ungkap Executive Director ISPOS Indonesia Andi Sukma dalam konfrensi pers daring, Kamis (21/6).
Baca Juga
Advertisement
Penemuan tersebut menyatakan bahwa 62% masyarakat Indonesia merasa puas berbelanja di Shopee. Bahkan, platform tersebut menjadi pilihan utama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat terdekatnya.
Posisi tersebut diikuti oleh Tokopedia dengan angka sebesar 46%, lalu diikuti oleh TikTok Shop sebesar 42% dan Lazada sebesar 36%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Shopee merupakan e-commerce paling unggul dalam memberi pengalaman berbelanja memuaskan bagi konsumen.
Ada beberapa aspek yang memengaruhi kepuasan pengguna saat berbelanja di e-commerce. Pertama, beragamnya metode pembayaran yang disediakan.
Baca Juga
Advertisement
Dalam kategori tersebut, 64% responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang beragam. Kemudian, diikuti oleh Tokopedia sebesar 15%, Lazada sebesar 11% dan TikTok Shop sebesar 8%.
Adapun metode pembayan yang paling menarik perhatian masyarakat, yakni Cash On Delivery. Shopee mendominasi metode pembayaran COD sebesar 66%, diikuti oleh Tokopedia & Lazada sebesar 12% dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10%.
Lebih lanjut, 68% responden menyatakan tersedianya beragam toko resmi di Shopee. Dibandingkan dengan pesaingnya, yakni Tokopedia dengan persentase 15%, Lazada 9% dan TikTok Shop 7%.
Baca Juga
Advertisement
Aspek selanjutnya ialah kelengkapan produk dengan harga termurah. 64% konsumen masih memilih Shopee sebagai platform andalannya. Angka ini jauh melampaui Lazada dengan persentase 13%, Tokopedia dengan persentase 12%, dan TikTok Shop sebesar 11%.
Ragam pilihan layanan pengiriman juga dinilai cukup penting oleh responden karena meningkatkan rasa nyaman dan kepercayaan konsumen dalam belanja online. Shopee sebesar 66% masih menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul oleh Tokopedia dengan persentase 16%, Lazada sebesar 10%, dan TikTok Shop sebesar 7%.
Seiring dengan terus berkembangnya inovasi dari para platform e-commerce, preferensi masyarakat pun bertambah, tidak hanya dalam menentukan pilihan produk namun juga cara berbelanja. Kini, fitur interaktif seperti Live Shopping dan video pendek juga menjadi nilai tambah yang membantu masyarakat menentukan pilihan dalam berbelanja.
Baca Juga
Advertisement
IPSOS menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop dengan persentase 17%, Tokopedia sebesar 10% dan Lazada sebesar 9%.
Selain itu, dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik Shopee juga jauh unggul dengan 61%, diikuti TikTok Shop dengan persentase 18%, Tokopedia sebesar 10%, dan Lazada yang persentasenya sebesar 9%.
Baca Juga
Advertisement
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.