Transaksi Penjualan di Tokopedia dan TikTok Shop Naik 7 Kali Lipat Gegara Live Shopping
- by Nadhira Aliya Nisriyna
- Senin, 19 Agustus 2024 - 18:55 WIB
GadgetDiva – Survei dari MetrixLab menunjukkan transaksi penjualan di Tokopedia dan TikTok Shop mengalami kenaikan karena Live Shopping. Survei tersebut dilakukan pada tahun 2024.
Ada beberapa dampak setelah menggunakan fitur live shopping di TikTok Shop kepada para pembeli. Ditemukan bahwa pengguna 3,4 kali lipat lebih mungkin melakukan browsing di TikTok untuk mengeksplor produk baru.
Kemudian, diketahui pula sebanyak pengguna 2,5 kali lipat lebih mungkin mempertimbangkan untuk melakukan pembelian setelah menyaksikan live stream penjual. Serta, 2 dari 3 pengguna cenderung melakukan pembelian di hari yang sama setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia, sedangkan 64% pembeli akan meninggalkan ulasan setelah melakukan pembelian di ShopTokopedia.
Tak hanya itu, fitur Live Shopping ini juga berdampak positif terhadap para pelaku usaha. Survei menyatakan bahwa para pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual yang tidak melakukannya.
Adapun beberapa kategori paling laris selama live shopping berlangsung di ShopTokopedia selama Semester I 2024. Di antaranya ialah Skincare atau Perawatan Kulit, Hijab dan Dessert atau Makanan Manis.
Communication Senior Lead Tokopedia and ShopTokopedia Rizky Juanita Azuz menyatakan bahwa pihaknya mencatat jumlah pelaku usaha yang melakukan live shopping melonjak hampir 2 kali lipat selama semester I 2024. Angka ini dibandingkan dengan semester I 2023.
Beberapa daerah lainnya seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur mengalami kenaikan jumlah penjual yang melakukan live shopping. Angka tersebut meningkatkan 1,5 kali lipat.
"Fitur live shopping di ShopTokopedia yang tersedia dalam aplikasi TikTok, memberikan strategi pemasaran interaktif yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha," ungkap Rizky dalam acara konferensi pers yang berlangsung pada Senin (19/8).
Di samping itu, kolaborasi antara Tokopedia dan ShopTokopedia terus menghasilkan dampak yang signifikan. Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia.
Selain itu, data terbaru mencatat 60% konten promosi di TikTok dukung produk lokal di ShopTokopedia. Hal ini mendorong Tokopedia dan ShopTokopedia terus menggencarkan kampanye Beli Lokal dan Promo Guncang agar produk buatan brand lokal selalu mendapatkan panggung khusus.
Cek berita teknologi, review gadget dan video Gadgetdiva.id di Google News. Baca berita otomotif untuk perempuan di Otodiva.id, kalau butuh in-depth review gadget terkini kunjungi Gizmologi.id. Bagi yang suka jalan-jalan, wajib baca Traveldiva.id.
Artikel Terkait
Shopee Rayakan Semangat Lokal Bersama Prilly Latuconsina, Dara Sarasvati, dan Mine Perfumery
Acara ‘Rayakan Semangat Lokal di tengah Era Digital bersama Shopee’ melibatkan public figure sep..
- by Jundi Amrullah
- 3 bulan lalu
- 3,250
Rayakan Hari Jadi ke-28 Tahun, Erajaya Kenalkan Babak Baru untuk erafone
Tagline baru erafone, “Lebih Dekat, Lebih Lengkap, Lebih Baik,” mencerminkan komitmen perusahaan..
- by Jundi Amrullah
- 3 bulan lalu
- 3,250
Dyson AirWrap i.d. Pelurus Rambut dengan Bluetooth
Dyson meluncurkan AirWrap i.d. terbaru, dilengkapi teknologi Bluetooth dan tiga aksesori baru untuk ..
- by Siti Sarifah Aliah
- 3 bulan lalu
- 3,250
Populix Ungkap Toko Fisik Masih Jadi Pilihan Utama Belanja Orang indonesia
Studi Populix menunjukkan bahwa 74% responden lebih memilih berbelanja di toko fisik. Minimarket ada..
- by Jundi Amrullah
- 3 bulan lalu
- 3,250